Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Software Adobe yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Desain dan Editing Gambar

produk adobe untuk desain
Siapa sih yang tidak tahu Adobe Photoshop, sebuah sowtfare yang khusus untuk mengedit sebuah foto agar lebih terasa indah dan kontras juga. Ternyata selain Adobe Photoshop, Adobe juga memiliki beberapa software lainnya untuk berbagai keperluan yang tidak kalah populer.

Berikut ini daftar software yang dibuat oleh Adobe dan dikhususkan bagi para desainer untuk menghasilkan karya yang indah dan bernilai;

4 Software Adobe Untuk Urusan Desain Grafis

1. Adobe Photoshop

Software satu ini sudah tidak diragukan lagi untuk fungsi dan kinerjanya. Siapa yang tidak kenal Adobe Photoshop bagi para penggemar editing foto? Sulit mengatakan tidak ada.

Versi terakhir dari Adobe Photoshop adalah bentuk Creative Cloud (CC) dimana model ini menggantikan model lama yang berupa CS atau Creative Suite sejak tahun 2012.

Adobe Photoshop sangat bisa diandalkan dalam memanipulasi foto, membuat foto terlihat lebih nyata atau lebih dramatis sehingga dapat memberikan kesan sesuai keinginan editornya.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator bisa dikatakan sebagai software wajib bagi para Logo maker. Di Indonesia mungkin masih lebih familiar menggunakan Corel Draw, namun untuk urusan pasar internasional, penggunaan AI (Aodbe Illustrator) menjadi wajib karena software inilah yang menjadi alat yang paling banyak digunakan oleh desainer internasional.

Di beberapa market grafis dunia seperti freepik.com dan Fiver mewajibkan para penjualnya menggunakan dua software utama yakni Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Maka dari itu, jika anda memiliki mimpi untuk terjun ke dunia microstock atau menjual karya anda berupa desain atau logo, maka menguasai Adobe Illustrator sudah menjadi keharusan.

3. Adobe Indesign

Berbeda halnya dengan dua produk sebelumnya, Adobe Indesign lebih digunakan untuk kpentingan publishing, seperti membuat layout majalah, koran, tabloid, buku, poster, brosur dan masih banyak lagi.

Yang pada intinya pemanfaatan software ini lebih digunakan untuk kebutuhan publishing.

4. Adobe Lightroom

Bisa dikatakan software yang satu ini sebagai ahlinya pewarnaan, mengapa demikian?

Jika di Adobe Photoshop anda diberikan pemilihan warna yang sangat lengkap dan detail, namun ternyata itu masih standar. Sedangkan fitur yang ditawarkan Lightroom ini jauh lebih banyak soal pewarnaan.

Sehingga jika anda telah selesai mengedit foto di Adobe Photoshop, maka akan menjadi jauh lebih baik hasilnya setelah diproses lagi dengan Lightroom khusus pada pewarnaannya.

Warna bisa menjadi penyampai pesan terhadap objek gambar kepada orang yang melihatnya, sehingga kemampuan mengolah gambar yang baik serta penggunaan Lightroom dalam proses editing, akan memberikan efek emosional pada orang yang melihatnya seakan foto tersebut hidup.

Keempat software diatas merupakan software andalan dari Adobe dalam bertarung dengan para kompetitornya di dunia desain grafis. Namun nampaknya Adobe lah yang memenangkan pasar grafis dengan Adobe Photoshop dan Adobe Illustratornya.

Meskipun memiliki keunggulan paling baik, produk-produk Adobe dikenal mahal harganya, dan untuk saat ini yang berupa Creative Cloud (CC) untuk mendapatkan lisensi penggunaannya harus menggunakan metode subcription alias berbayar secara berkala, sedangkan untuk produk tipe Creative Suite (CS) cukup sekali beli bisa digunakan untuk selamanya.