Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Antivirus Terbaik Untuk Android di Tahun 2021

5 antivirus android terbaik tahun 2020

 

Teknologi kini semakin berkembang sangat pesat, penggunaan teknologi untuk kebutuhan seharihari manusia sudah sulit untuk tergantikan terutama dalam penggunaan smartphone.

Sulit untuk melihat orang tanpa menggenggam smartphone nya untuk era sekarang ini, semua data mereka simpan dalam satu genggaman. Foto, Video, file PDF atau dokumen, dan file-file penting lainnya baik itu keperluan pekerjaan maupun urusan pribadi.

Dengan banyaknya data atau file yang tersimpan dalam smartphone, membuat banyak orang yang berniat jahat untuk mencuri data tersebut untuk tujuan tertentu, sehingga diperlukan perlindungan untuk sebuah smartphone agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Potensi-potensi kejahatan tersebut dapat dicegah dengan memasang aplikasi antivirus di smartphone kita yang tersedia di Google Play secara gratis atau berbayar.

Selain sebagai perlindungan terhadap data dan smartphone kita, beberapa aplikasi antivirus android juga dibekali kemampuan untuk menghapus sampah-sampah atau histori dari penggunaan smartphone kita, sehingga dapat membuat kinerja smartphone menjadi jauh lebih baik.

5 Aplikasi Antivirus Android Terbaik

1. AVG Antivirus 2020 For Android Security Free

Bagi mereka yang telah lama bersahabat dengan komputer atau laptop, maka tidaklah asing dengan antivirus AVG. Antivirus AVG merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia yang menyediakan versi gratis untuk melindungi komputer seseorang, dan kini AVG hadir untuk melindungi smartphone kita.

AVG antivirus untuk android ini menawarkan beberapa fitur menarik untuk penggunanya, diantaranya adalah proteksi terhadap berbagai ancaman baik itu melalui instalasi aplikasi, jaringan wifi, hingga pada VPN Protection.

Selain itu AVG antivirus memberikan fitur berupa anti pencurian dengan cara pemilik smartphone mencari gadgetnya dengan cara melacak posisi cukup dengan menggunakan Google Maps saja.

2. Avast Antivirus ; Mobile Security and Virus Cleaner

Avast mencoba memasuki dunia android dengan meluncurkan aplikasi antivirus juga dengan nama yang sama yakni Avast Antivirus. Avast sendiri sudah cukup dikenal di dunia IT, karena kehandalannya dalam mendeteksi virus serta beberapa file mencurigakan.

Dalam aplikasi antivirus terbitan Avast, beberapa fitur yang disediakan selain fungsi utama sebagai antivirus adalah;
a. Anti Pencurian
b. Photo Vault (merahasiakan foto yang sangat privasi)
c. Peningkatan RAM smartphone
d. Perisai Web
e. Pembersih sampah
f. Masih banyak lagi.

Avast antivirus android menjadi salah satu antivirus paling banyak penggunanya. Avast sendiri telah didownload dan di instal lebih dari 100 juta pengguna, sehingga dengan ini tidak perlu diragukan lagi kemampuan Avast Antivirus andorid.

3. Kaspersky Mobile Antivirus : Applock and Web Security

Aplikasi satu ini merupakan buatan dari Kaspersky. Kaspersky adalah produsen antivirus yang sudah malang melintang di dunia teknologi informasi, namun popularitas dari Kasperski masih dibawah Avast dan AVG. Meski begitu, kehandalan dari Kaspersky tidak perlu diragukan lagi, salah satu buktinya adalah pada aplikasi dibekali fitur Anti Phishing.

Beberapa fitur yang ada dalam Kasperski Antivirus Android ini adalah :
a. Antivirus Protection
b. Background Check
c. Find My Phone
d. Anti Theft
e. App Lock
f. Anti Phishing (pencurian data transaksi pada marketplace online)
g. Web Fiter

4. Eset Mobile Security and Antivirus

Tidak seperti tiga antivirus diatas, Eset Mobile Security yang juga produsen aplikasi antivirus untuk komputer dan laptop hanya menawarkan beberapa fitur yang mayoritas sudah ada pada beberapa antivirus lainnya seperti Filtering website, antivirus protection dan anti phissing.

Selain itu anda hanya bisa mendapatkan fitur tambahan jika anda feature premium, sehingga untuk mendapatkan proteksi atau fitur tambahan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan.

5. Mobile Security : VPN Proxy and Anti Theft Safe Wifi (McAfee)

Memiliki kemiripan layanan seperti Eset Mobile Security, antivirus ini juga membagi layanannya dengan dua kategori, yakni free alias gratis dan premium atau berbayar.

Untuk yang versi gratis anda sudah bisa mendapatkan fitur seperti VPN-WIFI Privacy, Anti Theft, Mobile Security, Performance Optimization, dan Antivirus scanner.

Sedangkan untuk yang versi premium, anda bisa mendapatkan fitur berupa Wifi Guard VPN, Safe Browser, Secure Lock, dan Guest Mode.

Ragam-ragam fitur pada McAfee ini bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda, apakah memerlukan fitur premium atau hanya cukup menggunakan versi free saja.

Kesimpulan

Kelima daftar antivirus android diatas sudah mampu memberikan perlindungan ekstra pada smartphone dan data pribadi anda, serta detail transaksi keuangan anda yang mana di era sekarang transaksi lebih banyak dilakukan pada smartphone.

Sebenarnya masih banyak pilihan antivirus lainnya yang beredar di Google Play, namun kelima antivirus diatas memiliki track record yang bagus serta nama besar yang tidak perlu diragukan lagi dalam hal melindungi data pemiliknya.