Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Harga Domain Murah dari Penyedia Domain di Indonesia

5 situs indonesia penyedia layanan domain com id xyz net info


Kopipagi.id - Domain menjadi salah satu komponen penting dalam menjalani dunia blogging, namun bukan berarti membeli domain untuk situs atau domain yang kita bangun merupakan keharusan.

Dengan menggunakan domain tertentu untuk blog atau website yang kita bangun, kita akan mendapatkan banyak kuntungan dibadingkan dengan tidak menggunakan domain TLD (Top Level Domain).

Secara umum domain merupakan nama atau suatu identitas yang diberikan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan Internet Protocol (IP). Nah Domain ini tujuannya untuk mempermudah kita untuk mengingat sebuah situs dari pada harus menghafalkan angka-angka pada internet protocol.

Penjelasan soal jenis-jenis domain bisa kalian cari di internet, di artikel ini saya akan lebih membahas tentang situs-situs di Indonesia yang menyedia domain dengan berbagai ekstensi domain.

Salah satu keuntungan membeli domain pada situs dalam negeri adalah transaksi pembelian dan perpanjangannya mudah, karena menggunakan uang Rupiah dan bisa melalui berbagai merchant dalam hal pembayarannya.

Daftar Harga Domain .com .id .xyz .net .info

Domain yang kita bahas kali ini lebih pada membandingkan harga dari masing-masing penyedia berdasarkan masing-masing ekstensi domain. Situs yang saya bandingkan jumlahnya hanya 5 (lima), sehingga akan lebih memudahkan kalian untuk mendapatkan gambaran mana penyedia domain paling murah dari kelima situs yang saya sajikan ini.

Kelima situs yang saya pilih adalah :

    Niagahoster
    Rumahweb
    Hostinger
    Idcloudhost
    Domainesia

Jika anda memiliki pengalaman membeli domain selain dari kelima situs diatas, silakan tulis di kolom komentar sehingga para pembaca nantinya akan dapat memperoleh informasi yang lebih banyak

Tidak ada pertimbangan apapun soal situs-situs diatas yang saya pilih, hanya saja saya pernah memiliki pengalaman membeli domain pada dua dari kelima situs diatas.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi semua provider memberikan layanan yang baik, hanya mungkin yang berbeda adalah harga saat pertama kali kalian beli domain atau biasa juga disebut sebagai harga registrasi, lalu dukungan servis atau support dari provider pada masalah yang mungkin saja kalian hadapi, serta harga perpanjangan domain kalian nantinya.

Ekstensi domain yang di perbandingkan juga domain yang cukup sering dipakai oleh blogger pemula sampai situs-situs berita terkenal atau korporasi.

Domain berekstensi (dot) com (TLD)

Domain (dot) com merupakan salah satu domain paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh website maupun blog di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Esktensi ini lebih banyak dikenal dibandingkan ekstensi-ekstensi lainnya.

Meski termasuk kategori paling terkenal dan paling mudah diingat, ekstensi (dot) com memiliki kelemahan tersendiri dibandingkan ekstensi lainnya. Kelemahan tersebut adalah kalian akan mengalami kesulitan untuk menemukan domain yang anda inginkan jika nama domain kalian adalah kata-kata atau istilah yang cukup familiar.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, kalian akan diminta untuk membuat domain dengan kata yang unik, namun masing-masing penyedia layanan akan memberikan salah satu tools untuk memudahkan kalian mengecek nama domain yang kalian inginkan.

Berikut daftar harga domain (dot) com di lima situs yang telah saya pilih diatas

1. Niagahoster  Rp 125.000

2. Rumahweb  Rp 125.000

3. Hostinger     Rp  112.331

4. Idcloudhost   Rp 129.000

5. Domainesia   Rp  99.000

Domain Bereksensi (dot) id

Domain (dot) id seperti yang saya gunakan pada blog Kopipagi.id ini merupakan ekstensi domain khusus untuk Indonesia. Domain bertipe ini unggul dalam hal keamanan, karena setiap para pemilik domain ekstensi id akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan akun dengan memasukkan nomor KTP pemiliknya.

Selain itu, ekstensi (dot) id dikenal juga sebagai jenis domain ccTLD (country code top level domain) atau bisa juga disebut sebagai domain negara tertentu, dan cukup disukai google dengan target negara sesuai tipe ekstensi ini. Secara umum ekstensi (dot) id masih kalah populer dibandingkan ekstensi (dot) com.

Berikut daftar harga dari 5 penyedia layanan

1. Niagahoster  Rp 200.000

2. Rumahweb  Rp 199.000

3. Hostinger     Rp  200.000

4. Idcloudhost   Rp 180.000

5. Domainesia   Rp 248.000

Domain Berekstensi (dot) xyz

Domain berekstensi (dot) xyz ini cukup banyak penggunanya di kalangan blogger Adsense Hunter (pemburu adsense). Hal ini disebabkan karena harganya paling murah dan nama domain masih belum sebanyak pada ekstensi (dot) com. Sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan nama domain yang mirip atau sama dengan situs-situs besar namun berekstensi (dot) xyz.

Pernah saya menemukan satu blog yang menggunakan ekstensi (dot) xyz dengan nama yang sama dengan salah satu situs web terkenal, dan didalamnya terdapat widget khusus menghitung jumlah pengunjung blog tersebut.

Dan angka yang tertera dalam satu hari saja, jumlah pengujungnya hampir mencapai 1 juta, dan ini mungkin menjadi salah satu trik bagi para pemburu adsense dengan memanfaatkan salah satu nama  situs berita di tanah air.

Namun jangan terkecoh dengan harga murahnya, karena saat perpanjangan domain di setiap tahunnya harga tidak akan sama saat kalian registrasi nama domain kalian.

Berikut daftar harga domain (dot) xyz di masing-masing penyedia layanan

1. Niagahoster  Rp 11.000

2. Rumahweb  Rp 15.000

3. Hostinger     Rp  13.904

4. Idcloudhost   Rp 140.000

5. Domainesia   Rp  11.000

Domain Berekstensi (dot) net

Domain dengan ekstensi (dot) net juga merupakan domain yang cukup terkenal. Domain tipe ini bertipe TLD yang artinya ia adalah domain internasional.

Berikut ini daftar harga domain (dot) net yang terbaru

1. Niagahoster  Rp 155.000

2. Rumahweb  Rp 145.000

3. Hostinger     Rp  182.109

4. Idcloudhost   Rp 145.000

5. Domainesia   Rp  119.000

Domain berekstensi (dot) info

Domain dengan ekstensi ini memang tidak banyak penggunanya namun domain dengan tipe TLD ini menjadi alternatidf saat domain inceran tidak tersedi dan .info sendiri merupakan domain yang menunjukkan informasi. Domain tipe ini biasanya digunakan pada website atau blog yang sifatnya informatif, bisa berisi berita, tutorial, wisata, gadget tebaru dan lain sebagainya.

Tidak ada syarat khusus untuk dapat membeli domain ini seperti layaknya kalian menggunakan domain .id yang mengharuskan nomor KTP saat verifikasi, sehingga anda hanya tinggal membelinya dan langsung menggunakannya.

Berikut daftar harga domain (dot) info dari masing-masing penyedia layanan

1. Niagahoster  Rp 15.000

2. Rumahweb  Rp 60.000

3. Hostinger     Rp  34.107

4. Idcloudhost   Rp 175.000

5. Domainesia   Rp  199.000


Disclaimer :

    Data harga yang dicantumkan dalam artikel ini adalah harga yang ditawarkan di masing-masing penyedia pada saat artikel ini saya tulis. Bila saat kalian membaca artikel ini lalu mengecek ke masing-masing penyedia layanan dan ternyata harganya telah berubah, itu merupakan bukan tanggung jawab saya sebagai pemilik blog Kopipagi.id atau penulis, melainkan tanggung jawab dari penyedia layanan domain.

    Harga pada saat awal registrasi tidak selalu sama atau berubah saat kalian memperpanjang domain. Bisa jadi saat membeli pertama kali harganya hanya Rp 15.000 namun saat perpanjang domain harganya berubah menjadi Rp 175.000. Maka dari itu perlu kalian pertimbangkan dengan baik dalam pemilihan esktensi domain selain nama domain yang kalian inginkan.

Jika kalian punya pengalaman atau mengetahui situs Indonesia yang menyediakan layanan pembelian domain, kalian bisa menulisnya di kolom komentar ya guys.