Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Domain Murah Yang Bisa Kamu Dapatkan

daftar domain murah yang bisa kamu dapatkan


Domain sudah menjadi kebutuhan penting bagi para pemilik website atau blog. Dan domain juga sudah menjadi keharusan bagi mereka yang mengelola blog untuk jangka panjang. Dalam artikel ini saya akan memberikan sedikit gambaran agar kalian bisa mendapatkan domain murah untuk dapat dipakai di blog kalian.

Domain itu bisa menjadi brand yang kuat jika di kelola dan dibangun dengan baik dan dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu pemilihan katakunci dan ekstensi domain itu sangat penting setelah menentukan nice blog yang akan dikelola.

Nah selama ini mungkin kalian hanya mengenal domain berekstensi .com .id .co.id .net tapi sebenarnya masih banyak sekali domain diluar sana yang unik dan bisa kalian dapatkan dengan harga murah.

Perlu diingat, yang dimaksud murah di artikel ini adalah harga saat registrasi atau saat pertama kali beli. Mengapa begitu? Banyak sekali ekstensi domain yang dijual murah alias diskon besar-besaran namun saat perpanjangan domain harganya melambung tinggi.

Alasan utama mengapa domain berekstensi tertentu dijual sangat murah namun mahal saat perpanjangan adalah karena masih minimnya pengguna. Sebagai contoh domain berekstensi .xyz, ekstensi ini dijual sangat murah harganya bahkan ada yang mencapai Rp 11.000 saja  ditahun pertama, namun saat perpanjangan bisa saja harganya menjadi Rp 175.000 atau lebih besar dari itu.

Meski saat waktu perpanjangannya nanti harganya lebih mahal, sebenarnya tidak masalah karena domain kalian sudah kuat dan seharusnya kalian sudah menentukan anggaran untuk perpanjangan domain.

Tapi jika dalam tahun pertama blog sudah dapat dimonetize entah dengan jualan produk atau jasa, memasang Adsense blog, menjual template buatan kalian, afiliasi atau jenis-jenis monetize lainnya, seharusnya harga perpanjangan segitu tidaklah mahal.

5 Domain Murah Yang Bisa Kamu Dapatkan

Dalam artikel kali ini saya akan menampilkan 5 jenis ekstensi domain paling murah dan bisa kalian beli dengan kata kunci domain yang telah kalian tentukan sebelumnya. Simak ulasan berikut ini;

1. Domain.xyz 

Merupakan ekstensi domain yang cukup familiar dikalangan blogger, bahkan domain ini cukup banyak peminatnya karena harganya yang murah dan masih mudahnya menemukan katakunci domain yang familiar. Beberapa penyedia layanan domain menjual ekstensi ini mulai harga Rp 11.000 sampai Rp 185.000. Setiap penyedia layanan berbeda dalam menentukan harganya, namun kalian bisa memilih dimana tempat membeli ekstensi domain .xyz di penyedia layanan langgananmu

2. Domain .online 

Merupakan domain internasional yang bisa kalian gunakan untuk blog atau website. Nah soal harga, ekstensi .online juga dijual cukup murah. Ada yang jual dengan harga mulai Rp 13.904 ada juga yang Rp 15.000 bahkan ada yang jual Rp. 25.000

3. Domain .store

Merupakan domain yang biasanya diperuntukan untuk toko online. Jika kalian memiliki website dalam bentuk toko online, ekstensi ini bisa menjadi alternatif jika di ekstensi .com kata kunci domain kalian tidak tersedia lagi. Soal harga register, ekstensi domain .store juga tergolong murah, masih dibawah Rp 50.000 loh, tapi yang termurah bisa mencapai Rp 25.000

4. Domain .tech, 

Jika kalian memiliki blog yang khusus membahas nice seputar teknologi, maka ekstensi kali ini sangat cocok buat blog kalian. Mengapa demikian? Ekstensi ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan yang berhubungan dengan teknologi, IT, perusahaan komputer, sehingga google akan lebih mudah untuk mengindeks dan percaya bahwa blog atau website dengan ekstensi .tech merupakan blog yang expert dibidang teknologi. Harga yang ditawarkan untuk ekstensi ini mulai dari Rp 13.904 sampai Rp 45.000. Namun perlu saya ingatkan, jika kalian membeli ekstensi domain ini, maka harga perpanjangannya bisa sangat mahal bahkan bisa mencapai diatas 10 kali lipat harga beli kalian.

5. Domain .site, 

Nah untuk ekstensi ini bebas untuk blog beragam tema juga bisa, sehingga bisa menjadi alternatif ekstensi .com saat katakunci domain anda sudah tidak tersedia. Untuk harganya cukup beragam mulai dari Rp 14.000 sampai dengan Rp 25.000

Daftar diatas hanyalah 5 ekstensi domain yang saya pilih untuk disampaikan dalam artikel ini. Sebenarnya masih banyak ekstensi domain yang harganya murah, namun saya rasa kelima ekstensi tersebut sudah cukup memberikan informasi kepada kalian bahwa membeli domain tidak harus mahal.

Sekali lagi yang perlu dipahami adalah biaya perpanjangan untuk setiap domain itu sangat bervariatif, namun yang jelas lebih mahal dari harga saat kalian membelinya. Maka dari itu, disaat waktu perpanjangan domain telah tiba, segera siapkan dana yang cukup sehingga domain blog kalian tetap terjaga dan bisnis internet kalian dapat berjalan normal dan lancar.