Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Waktu Berapa Lama Untuk Dapat Membeli iPhone Terbaru Tahun 2020

model terbaru iphone yakni iphone 11 pro, iphone 11 pro max, dan iphone iphone 11
Sumber : www.apple.com

Kopipagi.id - iPhone meluncurkan produk smartphone terbaru mereka yakni iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, dan iPhone 11. Ketiganya memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda untuk beberapa segmen pasar.

Seperti yang kita ketahui selama ini, harga produk dari Aple ini memang dikenal premium, bahkan cenderung fantastis dibanding smartphone dengan spesifikasi yang kurang lebih sama di kelasnya.
Seperti yang diketahui, untuk iPhone 11 saja dijual di Indonesia dengan harga Rp 12.999.000 untuk yang paling murah, sedangkan untuk iPhone Pro dijual seharga Rp 18.499.000 untuk yang paling rendah dan iPhone Pro Max dijual paling murah sebesar Rp 19.999.000.

Dengan harga segitu jelas mahal untuk ukuran kantoang mayoritas orang Indonesia. Namun bagaimana jika gaji anda sesuai UMK, dan butuh berapa lama anda menabung untuk dapat membeli iPhone terbaru tersebut. Berikut simulasi sederhananya dengan mengambil data 2 Kabupaten dengan UMK tertinggi, dan 2 Kabupaten dengan UMK terendah se Indonesia.


1. UMK Kab. Karawang Rp 4.590.000

Jika anda tinggal dan bekerja di Kabupaten Karawang dengan UMK hampir 5 juta, maka dengan menggunakan seluruh gaji anda setiap bulan maka anda butuh waktu 2-3 bulan untuk dapat membeli iPhone 11, 4 bulan untuk membeli iPhone 11 Pro, dan 4-5 bulan untuk membeli iPhone 11 Max Pro.

Harga diatas untuk iPhone dengan harga paling murah, yakni yang 64GB. Maka akan berbeda harganya semisal anda membeli jenis lainnya dengan spesifikasi tertinggi.

Namun bila menggunakan 50% dari total gaji, maka butuh waktu dua kali lipat dari waktu yang diperlukan untuk yang menggunakan 100% gaji.

2. UMK Kota Bekasi Rp 4.580.000

Dengan UMK sebesar Rp 4.580.000 Kota Bekasi menempati urutan kedua sebagai daerah kabupaten/kota yang memiliki UMK se nasional.

Nah dengan UMK segitu, maka untuk dapat membeli iPhone 11, iPhone Pro, dan iPhone Pro Max, para pekerja membutuhkan waktu yang tidak jauh berbeda dengan dengan Kabupaten Karawang, hal ini dikarenakan memiliki UMK yang sedikit dibawah UMK Kabupaten Karawang.

3. UMK  Kab. Gunung Kidul dan Kulonprogo Rp 1.705.000

Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulonprogo merupakan kabupaten dengan nilai UMK paling kecil dan nilainya sama yakni Rp 1.705.000. Nilai UMK tersebut sama dengan 37% dari total UMK Kabupaten Karawang yang memegang sebagai kota dengan UMK paling tinggi se Indonesia.

Dengan nilai UMK sebegitu kecil dibandingkan Kabupaten Karawang, berapa lama pekerja di du kabupaten ini bisa membeli iPhone dengan tipe terendah?

Jika menggunakan seluruh gaji setiap bulannya, maka untuk dapat membeli iPhone 11 mereka membutuhkan waktu 7-8 bulan, untuk membeli iPhone Pro membutuhkan waktu selama 10-11 bulan lamanya, sedangkan untuk membeli iPhone Pro Max membutuhkan waktu selama 11-12 bulan.

Namun jika menggunakan dana 50% dari total gaji standar UMK, maka dibutuhkan waktu dua kali lipat dari perkiraan tersebut.


Kesimpulan

Dalam ilustrasi pada tulisan kali tidak bermaksud untuk memperbandingkan UMK mana yang paling gampang atau mudah membeli iPhone terbaru atau maksud lainnya. Tetapi bertujuan hanya sebatas informasi jika dengan pendapatan sebesar itu, lalu ingin membeli iPhone, maka membutuhkan waktu selama kurang lebih seperti ilustrasi diatas.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memberi pertimbangan jika anda memiliki keinginan untuk membeli iPhone terbaru namun dengan penghasilan sesuai UMK di daerah anda bekerja.