Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Domain Anda Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Domain Anda Kopipagi

 

Domain merupakan sebuah nama atau suatu identitas yang digunakan untuk memudahkan para pengguna internet untuk mengingat nama situs tersebut. 

Selain itu domain juga dijadikan sebagai salah satu petunjuk bahwa blog atau website tertentu merupakan situs profesional, sehingga informasi yang disampaikan dapat lebih dipercaya.

Namun dalam menentukan sebuah nama domain seringkali para pemilik website atau blog terkendala akan ketersediaan nama Situs yang akan mereka gunakan. Pada artikel ini, saya akan memberitahu caranya bagaimana teknik mengecek nama domain secara gratis dan simpel.

Cara cek domain merupakan sebuah langkah untuk memastikan nama domain yang akan kita tentukan sebelum membuat situs tersedia, serta memudahkan kita untuk menentukan budget yang kita alokasikan untuk membeli domain.

Setiap domain dengan esktensi yang berbeda memiliki harga registrasi dan perpanjangan yang berbeda. Sebagai contoh domain berekstensi (dot) com jauh lebih murah dibandingkan dengan domain berekstensi (dot) id. Domain dengan ekstensi (dot) xyz harga registrasinya jauh lebih murah dibandingkan domain berekstensi (dot) com.

Cara Cek Domain

Dengan mengetahui ketersediaan domain berekstensi tertentu akan membuat perubahan rencana biaya yang harus dikeluarkan.

Sebagai contoh, jika kalian ingin membeli domain bobobo.com (berekstensi .com) kemudian kalian cek dalam tools yang tersedia di internet, ternyata domain tersebut sudah ada sehingga tidak bisa anda gunakan. Maka anda harus merubah nama domain jika ingin tetap menggunakan domain berekstensi (dot) com.

Namun jika kalian masih menginginkan untuk menggunakan katak kunci domain bobobo  maka kalian harus menggunakan domain berekstensi selain .com misalnya .id .xyz .info. .net  atau ekstensi lainnya.

Nah sampai disini saya rasa kalian sudah paham bahwa seringkali kita menentukan kata kunci domain, namun ketersediaannya pada ekstensi yang kita inginkan sudah tidak ada.

Sekarang tips cara cek domain yang ingin kalian tentukan

  • Pertama kalian buka browser kalian lalu ketikan salah satu penyedia domain yang ingin kalian jadikan tempat membeli domain
  • Kedua cari kolom yang disediakan oleh penyedia untuk melihat apakah domain kalian masih tersedia atau tidak
  • Ketiga, ketikkan kata kunci domain kalian dan pilih ekstensi yang diinginkan, bisa .com .co.id .id .xyz .info .net .tech .online .store atau lainnya
  • Jika domain kalian tersedia, maka selamat, kalian bisa menggunakan domain tersebut dan bisa membeli domain itu di berbagai penyedia layanan, enggak perlu harus beli ke penyedia layanan tempat kalian cek domain tadi
  • Namun jika ternyata kata kunci domain kalian tidak tersedia, maka pilihannya ada dua, yakni ganti kata kunci domain atau yang kedua ganti ekstensi domain.