Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Whois Domain dan Manfaatnya

mengenal apa itu whois domain
d3images/freepik
Mungkin anda selama ini hanya mengenal tentang domain dan hosting saja, namun pernahkan anda mencoba melihat atau mengecek ketersediaan domain yang anda incar?

Salah satu fungsi dari Whois domain adalah seperti pada aktifitas tersebut, yakni mencari ketersediaan domain yang ingin kita dapatkan dan untuk digunakan.

Secara umum Whois Domain berasal dari dua suku kata yakni Who dan is yang secara gampangnya Whois ini adalah sebuah tools untuk mencari siapa pemilik dari sebuah domain tertentu, siapa pemilik registrasinya, name server yang digunakan dan masih banyak yang lainnya.

Anda tidak perlu pusing memikirkan tentang Whois ini jika anda bukanlah seorang praktisi IT. Namun Whois Domain ini perlu diketahui sebagai tambahan pengetahuan mengapa setiap kali kita ingin mendapatkan domain baru dengan ekstensi domain tertentu selalu diminta untuk mengecek ketersediaannya terlebih dahulu.

Manfaat Whois

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan tool whois ini adalah :
  • Whois dapat bermanfaat untuk mencari data terkait dengan hak cipta dan merke dagang tertentu. Sehingga dengan mengetahui hal tersebut anda tidak akan melanjutkan untuk menggunakan merek dagang tersebut,  dan anda akan mencari alternatifnya
  • Dapat menjaga keamanan dan kestabilan internet dalam pencarian informasi
  • Informasi yang didapatkan dari Whois cukup rinci
  • Kepercayaan yang sedang dibangun oleh pemilik website atau blog akan jauh lebih kuat pada pengguna internet, karena data yang didapatkan tentang siapa pemiliknya dapat tersaji dengan lengkap

Data yang Didapatkan dari Whois

Berikut ini daftar data yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan Whois ini

    1. Name Server
    2. Billing Contact
    3. IP Server
    4. Data Administrative
    5. Pemilik Domain

Cara Menggunakan Whois

Kunjungi situs whois.net, kemudian dalam kolom pencarian yang telah disediakan anda bisa mengetikkan nama domain tertentu. Sebagai contoh saya ketikan nama domain kopipagi.id dalam kolom pencarian. Maka hasilnya domain tersebut telah teregistrasi oleh PANDI dan negara pemilik Name Server nya adalah Indonesia (ID).

Selain itu anda juga akan diperlihatkan berbagai saran dari berbagai ekstensi domain dengan katakunci domain yang sama. Sehingga whois.net bisa anda jadikan tools untuk mendapatkan katakunci dan ekstensi domain yang tepat dan mudah diingat oleh pembaca anda.

Perlu diketahui bahwa whois.net ini dapat melacak kepemilikan domain dengan ekstensi apapun, baik itu bertipe TLD seperti .com .net .info .website atau bertipe ccTLD seperti .id .co.id .my.id .uk .eu dan lain sebagainya.

Nah sekarang sudah tahun kan whois itu apa dan bagaimana cara menggunakannya? Semoga bermanfaat.