Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Cek Nomor Rekening Bank dengan Mudah

cek nomor rekening

Kopipagi.id - Cara cek nomor rekening bank menjadi hal yang penting disaat anda diminta nomor rekening oleh saudara atau teman yang ingin mentransfer namun ternyata anda lupa. Mau tidak mau anda harus mencatat nomor rekening baik di secarik kertas atau di aplikasi catatan anda agar anda mudah ingat jika suatu saat membutuhkannya.

Tapi hal itu terkadang ribet seperti kertas bertuliskan nomor rekening anda ternyata hilang, atau basah sehingga nomor rekening tidak dapat dibaca. Belum lagi aplikasi catatan anda hilang atau terhapus sehingga membuat anda kesulitas untuk mengetahui nomor rekening.

Nomor rekening berisikan data-data pribadi anda yang berkaitan dengan perbankan seperti nama anda, alamat dan nomor identitas, serta nomor rekening penyimpanan anda. Karena nomor ini bersifat pribadi dan rahasia, maka anda sebagai pemiliknya harus mengetahui setiap penggunaan nomor rekening tersebut.

Belum lagi tindakan kejahatan di dunia perbankan sangat tinggi akhir-akhir ini seperti pembobolan ATM, atau menggunakan modus hipnotis yang dapat membuat anda mengalami kerugian yang tidak terhitung, maka penting bagi anda untuk menjaga kerahasiaan nomor rekening.

Cara Cek Nomor Rekening

Dengan berbagai kemungkinan kondisi seperti diatas, dan karena pentingnya mengetahui nomor rekening untuk berbagai kegiatan finansial maka anda membutuhkan cara alternatif untuk mengetahui nomor rekening pribadi anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui nomor rekening pribadi, yuk simak cara berikut ini :

Buku Tabungan

Cara satu ini adalah yang paling praktis dan mudah, anda tinggal  mencari buku tabungan anda lalu membuka bagian awal buku maka anda sudah dapat menemukan nomor rekening anda disana. Selain berisikan nomor rekening, buku tabungan juga menyimpan berbagai data diri anda dan juga nominal simpanan serta histori transaksi anda.

Selain untuk melihat nomor rekening, buku tabungan juga dapat digunakan untuk melacak histori transaksi dimana biasanya hal ini dilakukan jika ditemukan transaksi yang ganjal atau melihat apakah ada kegiatan transaksi yang pernah anda lakukan namun anda lupa.

Sayangnya mayoritas orang tidak membawa buku tabungan kemanapun ia pergi karena berbagai alasan seperti ribet atau takut hilang, dan memang buku tabungan biasanya hanya dibawa pada saat akan menyetorkan sejumlah uang di perbankan atau keperluan lain. Sehingga hal ini juga dirasa sulit jika ternyata pada saat anda membutuhkannya ternyata tidak dibawa.

Tanyakan ke Call Center

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui nomor rekening anda adalah dengan menghubungi Call Center dari bank tempat anda membuka rekening. Selain digunakan untuk mengetahui nomor rekening, Call Center lebih banyak digunakan untuk memblokir kartu ATM dengan alasan mungkin karena hilang atau tertelan oleh mesin ATM.

Untuk mengetahui nomor rekening anda melalui Call Center adalah anda menghubungi nomor Call Center Bank dimaksud lalu ikuti petunjuk yang disampaikan oleh petugas bank. Berikut ini adalah nomor Call Center Perbankan yang bisa anda manfaatkan utnuk keperluan anda kapanpun dan dimanapun.
  • Hallo BCA (1500888)
  • Mandiri Call (1400)
  • BNI Call (1500046)
  • OCBC NSIP (1500-99)
  • Call BRI (14017/1500017)
  • CIMB Niaga (14041)
  • Citibank (Citiphone) (69999)
  • Bank Mega (60010 / 1500010)
  • SalamMuamalat (Bank Muamalat) (1500016)
  • Hello Danamon (Bank Danamon) (67777 / 1-500-090)
  • Bank Permata (1500111)
  • Customer Care Maybank (69811)
  • BTPN Call (1500300)

Cari Tahu di Kantor Bank Terdekat 

Cara ini biasanya dilakukan paling akhir setelah semua cara dilakukan, namun bagi mereka yang tidak memahami tentang perkembangan teknologi terbaru di dunia perbankan seperti masyarakat di pedesaan, mereka akan langsung ke kantor bank terdekat dan itu cara paling efisien dan efektif. Untuk di kantor bank, hal yang paling umum adalah menyetor dana, menarik dana, membuat buku tabungan baru atau mengurus buku tabungan atau kartu ATM yang hilang.

Cek di Mesin ATM

Fungsi utama mesin ATM adalah penarikan uang tunai, transfer, pembayaran tagihan, dan setor tunai. Untuk penarikan dana nasabah akan diminta memasukkan kartu ATM lalu nomor PIN (Personal Indentification Number) kemudian anda masukkan sejumlah nominal uang yang diinginkan dan tunggu sampai keluar uangnya dari mesin ATM.

Faktanya fungsi ATM tidak hanya itu saja, mesin ATM bisa juga digunakan untuk mengecek nomor rekening kita. Jika anda nasabah dari Bank BNI dan BRI, anda tinggal pilih menu mutasi rekening, maka nomor rekening anda akan ditampilkan dan segera catat atau foto dengan smartphone anda.

Temukan Nomor Rekening Anda di Internet Banking

Anda menggunakan smartphone? dan tahu tentang teknologi perbankan seperti halnya internet banking? Anda bisa menggunakan sistem ini untuk mengecek nomor rekening anda loh. Berikut ini caranya :

Pertama anda harus mendaftar dulu agar mendapatkan akun Internet Banking, bisa melalui mesin ATM atau langsung ke kantor kas terdekat. Jika setelah mendapatkan akun, anda dapat login ke internet banking anda, dan pada halaman awal nomor rekening anda ditampilkan secara utuh, anda pun dapat langsung mencatatnya.

Berikut ini beberapa alamat internet banking beberapa bank nasional
  • klikbca.com atau ibank.klikbca.com (untuk bank BCA)
  • ibank.bni.co.id (Bank BNI)
  • internetbanking.btn.co.id (Bank BTN)
  • ib.bankmandiri.co.id (Bank Mandiri)
  • ib.bri.co.id (Bank BRI)
  • ibank.bankmega.com (Bank Mega)
  • internetpanin.com (Bank Panin)
  • cimbkliks.co.id (Bank CIMB)
  • online.ocbcnsip.com (Bank OCBC NSIP)
  • danamonline.com (Bank Danamon)
  • id.online.standardchartered.com (Standard Chartered)
  • m2u.maybank.co.id (Maybank Indonesia)

Atau Gunakan Mobile Banking Anda

Berbeda dengan internet banking, mobile banking merupakan salah satu produk layanan perbankan berbasis aplikasi. Dimana anda harus menginstal aplikasi perbankan (sesuai bank anda) di App Store atau Play Store lalu kemudian anda login menggunakan user ID dan Password anda, lalu anda langsung saja masuk ke bagian informasi akun atau info untuk mendapatkan nomor rekening anda.

Foto Buku Tabungan, Simpan di Google Drive

Ini merupakan cara paling simpel dan bisa dilakukan oleh siapapun selama anda terkoneksi dengan internet. Caranya adalah anda foto nomor rekening anda di buku tabungan, lalu upload foto tersebut ke akun Google Drive atau penyimpanan cloud anda.

Selama anda memiliki akun gmail, maka anda juga memiliki akun google drive, anda tinggal instal aplikasi ini lalu simpan dokumen penting anda ke dalam penyimpanan Google Drive.

Pilih yang Paling Memudahkan Anda

Dari sekian banyak cara diatas, anda hanya perlu memilih satu atau beberapa cara yang paling mudah untuk anda lakukan, agar anda dapat melihat nomor rekening anda. Jika anda terbiasa dengan internet banking dan mobile banking, maka gunakan keduanya. Namun jika sebaliknya, anda bisa menyimpan foto ke dalam akun google drive atau menghubungi call center bank bersangkutan. Pilihan cara diatas agar menyesuaikan dengan kondisi dan situasi anda mana yang paling memungkinkan dan memudahkan.