Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Menghindari Developer Rumah Bodong

tips menghindari developer bodong

Kopipagi.id - Memiliki rumah adalah impian setiap orang, entah itu dengan cara tunai atau kredit. Rumah adalah simbol kesuksesan seseorang dan menjadi tempat membangun dan membina dalam banyak hal termasuk rumah tangga dan karir. Sehingga bagi banyak orang memiliki rumah adalah hal yang wajib.

Kini memiliki rumah sangatlah mudah, dengan berbagai tipe yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan budget yang anda miliki. Dengan tingginya minat masyarakat pada pemilikan rumah terutama melalui skema KPR, banyak developer yang mencoba mengembangkan rumah tipe tertentu dengan menyertakan penawaran yang menarik.

Upaya para developer tersebut tentu dengan maksud agar masyarakat mau untuk membeli rumah yang mereka kembangkan dengan berbagai fasilitas yang memadai. Namun ada saja developer "nakal" yang memanfaatkan kondisi tersebut, sehingga tidak sedikit masyarakat yang tertipu oleh para developer rumah bodong ini.

Dengan banyaknya developer perumahan saat ini, membuat masyarakat menjadi bingung untuk memilih developer mana yang dapat dipercaya dengan memberikan rumah dengan kualitas baik dan fasilitas yang memadai. Namun kini masyarakat tidak perlu bingung lagi, selama mengikuti tips-tips berikut ini dalam memilih developer terpercaya, kemungkinan untuk mengalami kerugian menjadi sangat kecil.

Keuntungan Membeli Rumah Lewat Developer

Terdapat banyak keuntungan membeli rumah lewat developer, dimana kemudahan dan keuntungan tersebut tidak bisa didapatkan jika anda membangun rumah secara mandiri. Setidaknya terdapat beberapa keuntungan bagi anda yang membeli rumah lewat developer, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Proses mudah karena anda tidak perlu mencari lahan untuk membangun rumah, mengurus IMB, mencari kontraktor dan lain sebagainya termasuk bahan bangunan
  • Pada umumnya lokasi developer adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas publik, sehingga anda akan dengan mudah untuk menjangkau area-area publik tersebut
  • Lebih mudah mengajukan KPR, dengan membeli rumah melalui developer anda akan mudah untuk mengajukan KPR ke bank karean biasanya developer sudah memiliki Bank mitra untuk proses KPR
  • Pembiayaan yang ringan, dimana anda tidak harus mengeluarkan sejumlah uang yang besar dalam satu waktu, melainkan membayar cicilan yang nominalnya cukup ekonomis sehingga tidak membebani keuangan anda
Namun dengan beragam kemudahan diatas, masih terdapat kemungkinan anda mengalami tindakan penipuan oleh developer yang tidak bertanggung jawab, sehingga penting bagi anda untuk mengetahui siapa developernya dan bagaimana reputasinya.

Ciri-Ciri Developer Bodong

Ditengah meningkatnya permintaan akan rumah hunian terutama rumah subsidi menciptakan developer-developer baru bermunculan, hal ini tentu bagus karena anda sebagai konsumen akan dapat memiliki ragam pilihan sehingga bisa mendapatkan pilihan terbaik sesuai dengan keinginan anda.

Namun ditengah meningkatnya persaingan para developer tersebut, terdapat efek negatif berupa munculnya developer bodong yang mereka menawarkan produk yang sangat menarik hingga mampu menarik calon pembeli yang banyak, namun rumah yang dijanjikan tidak direalisasikan.

Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri developer bodong guna menghindari dari tindakan penipuan sehingga keinginan anda untuk memiliki hunian impian dapat terwujud. Berikut ini adalah ciri-ciri dari developer bodong :
  • Adanya perbedaan antara informasi yang tertera di dalam selebaran dengan informasi yang disampaikan oleh Customer Service
  • Harga yang dijual jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran dari developer lainnya
  • Kredibilitas yang kurang meyakinkan
  • Izin dari developer yang bersangkutan juga izin pembangunan 
  • Nama Developer yang terdengar asing
Penting bagi anda untuk memilih developer yang terpercaya dan handal, namun seringkali ada developer handal namun harga yang ditawarkan diatas harga rata-rata sehingga bagi sebagian orang tidak mau untuk membeli rumah dari developer tersebut karena terkendala harga.

Sehingga dimungkinkan untuk memilih developer lain yang menawarkan harga lebih terjangkau namun tetap terpercaya dan handal. Untuk itu penting untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri seperti apa developer yang bagus dan handal, berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk memilih developer pilihan anda.

Tips Memilih Developer

Dalam memilih developer dari rumah yang akan  kita beli merupakan perkara yang tidak begitu sulit, anda tinggal mengumpulkan sejumlah informasi dan testimoni dari masyarakat yang pernah membeli rumah pada developer tersebut, kemudian anda dapat menarik kesimpulan bahwa developer tersebut termasuk yang bagus atau tidak.

Untuk itu berikut ini adalah tips-tips sederhana yang bisa anda lakukan dalam memilih developer rumah impian anda nantinya :

1. Reputasi Developer

Reputasi adalah hal mutlak bagi developer untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai calon konsumen, juga perbankan sebagai pihak pelaksana KPR. Apabila sebuah developer memiliki reputasi baik, maka akan dengan mudah ditemui orang yang merekomendasikan developer tersebut dan juga memiliki banyak Bank yang menjadi mitra sebagai pelaksana KPR.

Cara lainnya adalah anda bisa mengunjungi website dan media sosial developer tersebut, kemudian anda bisa mencari portofolio dari developer tersebut. Jika ternyata ada beberapa portofolio dari developer tersebut merupakan perumahan yang anda ketahui dan bagus, maka kemungkinan besar developer tersebut memiliki reputasi jempolan.

2. Legalitas SHM dan IMB

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 28 Tahun 2000 tentang Bangunan Gedung, setiap rumah atau gedung yang akan dibangun wajib memiliki IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Dengan begitu perumahan tersebut telah disetujui pemerintah setempat untuk dilaksanakan pembangunan.

Selanjutnya adalah apakan lahan yang akan dibangun berstatus SHM (Sertifikat Hak Milik) nantinya? Jika ia maka anda bisa melanjutkan proses pembelian, namun jika ternyata developer tersebut tidak dapat menunjukkan IMB dan SHM, maka urungkan niat anda untuk membeli rumah pada developer itu karena bisa jadi nantinya akan ada masalah hukum yang akan anda hadapi, belum lagi masalah jika ternyata pengajuan KPR anda ditolak oleh pihak Bank.

3. Bayar DP (uang muka) setelah KPR di setujui

Membayar DP kepada developer sebelum KPR anda disetujui oleh Bank, berpotensi merugikan anda apabila ternyata pengajuan KPR anda ditolak. Hal ini dimungkingkan terjadi meski bank tersebut telah bekerja sama dengan pihak developer. Kerugian yang bakal anda alami adalah anda dapat kehilangan sejumlah DP yang anda bayar tadi jika KPR anda ditolak oleh Bank.

4. Pastikan Fasilitas Apa Saja yang Disediakan Developer

Sebelum anda benar-benar memilih developer untuk membeli rumah, tanyakan dahulu fasilitas apa saja yang diberikan oleh pihak developer. Fasilitas yang ditawarkan developer haruslah benar-benar yang anda butuhkan sehingga akan dapat memudahkan anda selama tinggal di rumah tersebut nantinya.

5. Apakah Developer Memiliki Rumah Contoh

Rumah contoh merupakan sebuah contoh yang dibuat khusus untuk membuat calon konsumen memahami seperti apa spesifikasi bangunan yang akan dibuat oleh developer. Untuk itu anda harus melihat seperti apa rumah contoh developer tersebut, namun apabila ternyata tidak ada, maka pastikan dengan benar kualitas yang bangunan dan standar yang digunakan oleh pihak developer.

6. Pahami Kewajiban Developer Jika Wanprestasi

Untuk mengantisipasi apabila ternyata pihak developer mengalami wanprestasi, maka anda harus mempelajari dan memahami isi dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) agar anda mengetahui apa saja kewajiban developer jika benar-benar wanprestasi.

7. Ketentuan Kapan Rumah Akan dibangun

Hal ini penting agar anda dapat segera melihat rumah dan menempati sesuai perkiraan anda dan keluarga. Tanyakan kepada developer rencana pembangunannya dan butuh berapa lama dalam membangunnya. Selain itu pastikan juga bahwa pembangunan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

8. Pastikan Kapan Serah Terima Rumah Bisa dilakukan

Setelah rumah dibangun, kemudian anda sudah tahu kapan selesainya, maka pastikan kapan serah terima rumah dapat dilaksanakan. Hal ini penting agar proses yang anda jalani tidak berlarut-larut.

9. Segera Lakukan AJB atas Rumah yang Anda Pesan

Segera lakukan akta jual beli (AJB) tanah atas rumah yang anda pesan sebelumnya. AJB ini adalah sebagai bukti peralihan kepemilikan atas tanah atau bangunan dari pemilik lama (developer) kepada pemilik baru (anda). Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 1997. Untuk itu anda harus selesaikan AJB ini bersama developer dihadapan Pejabat Pembuatan Akta Tanah (PPAT).

10. Kapan Sertifikat Rumah Balik Nama

Jika anda tertarik membeli rumah dari developer, maka anda harus menanyakan apakah sertifikat tanah tersebut telah beralih dari pemilik lama ke atas nama developer. Hal ini penting karena ketika tanah tersebut sudah atas nama developer, maka proses pengalihan sertifikat menjadi atas nama anda akan lebih mudah.

Kemudian hal ini juga menyangkut pada KPR yang akan anda ajukan. Perbankan akan meminta sertifikat atas nama anda agar KPR anda dapat diterima, sebaliknya jika belum atas nama anda maka KPR berpotensi di tolak.

11. Jangan Lakukan Transaksi Dibawah Tangan

Jangan melakukan transaksi dibawah tangan hanya berdasarkan rasa percaya, anda harus melakukan transaksi sesuai dengan aturan dan prosedur sesuai dengan hukum. Jika anda hendak melakukan takeover, maka lakukan pada perbankan yang bersangkutan, atau ternyata rumah tersebut sedang dijadikan agunan di Bank, maka lakukan Akta Jual Beli (AJB) dihadapan Notaris.

Pilih Developer Yang Terbaik

Setelah anda melakukan  ragam hal diatas untuk memastikan bahwa developer yang anda pilih benar-benar bereputasi baik serta telah melakukan berberapa tips diatas, maka anda bisa melanjutkan proses pembelian dengan tetap memastikan bahwa semua berjalan sesuai dengan skema yang dipilih.


Referensi
https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20574
https://www.cermati.com/artikel/10-tips-aman-membeli-rumah-lewat-developer-supaya-tidak-tertipu
https://artikel.rumah123.com/7-tips-memilih-developer-properti-yang-oke-44768