Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Deposito Bagi Nasabah Yang Perlu Kamu Tahu

manfaat deposito bagi nasabah

Deposito telah banyak dikenal luas oleh masyarakat, terutama mereka yang memiliki literasi keuangan yang memadai seperti pegawai kantoran, PNS, manajer, namun manfaat deposito juga belum banyak diketahui secara luas oleh masyarakat yang memiliki literasi keuangan yang minim, sehingga tidak banyak yang bisa memanfaatkannya.

Sebenarnya deposito dapat dimiliki siapapun selama memenuhi syarat dan membuka rekening tabungan deposito di perbankan seperti Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, atau bank lain seperti Bank Panin. Syaratnya mudah kok dan bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun.

Deposito bisa menjadi salah satu sarana investasi yang memiliki tingkat keamanan paling baik dibandingkan dengan yang lain dari sisi resiko imbal hasil, selain itu simpanan deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga kamu akan merasa aman atas dana kamu.

Berbeda halnya dengan sarana investasi lainnya seperti saham dan emas, deposito memberikan imbal hasil yang tetap dan terukur, serta memiliki jangka waktu yang bisa kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan kamu di masa yang akan datang.

Berikut ini manfaat deposito yang perlu kamu ketahui 

Manfaat Suku Bunga

Deposito dikenal sebagai tabungan yang memiliki suku bunga paling tinggi, dimana suku bunga simpanan bisa mencapai 6% sehingga dengan itu bisa mengatasi masalah inflasi Indonesia. Suku bunga yang tinggi juga menjadi daya tarik bagi deposan meski sejumlah dana yang mereka simpan harus di lock atau kunci selama kurun waktu tertentu.

Pada umumnya bunga tabungan hanya mampu membayar biaya administrasi bulanan sehingga nasabah seringkali tidak dapat merasakan manfaat dari simpanan tersebut, yang pada akhirnya dana yang mereka masukkan tidak dapat bertumbuh layaknya sebuah investasi. Sedangkan deposito dengan bunga simpanan yang kompetitif sangat menarik karena dana mereka bertumbuh dari waktu ke waktu selama dana masih mengendap dalam deposito, selain itu beberapa perbankan membebaskan biaya bulanan untuk deposito.

Dengan beberapa manfaat tersebut, deposito memiliki daya tarik yang lebih besar ketimbang  jenis tabungan biasa.

Keamanan Dana Terjamin

Sebagai salah satu produk perbankan, deposito juga dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dengan syarat simpanan maksimal 2 miliar rupiah dan suku bunga maksimal 7,5%.

Dengan keamanan tersebut, dapat menghilangkan rasa khawatir para deposan terkait dengan deposito mereka di perbankan dari berbagai resiko yang mengancam seperti krisis, atau ancaman lainnya.

Maka tidaklah mengherankan jika deposito menjadi salah satu pilihan tabungan dan investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat terutama para investor pemula.

Resiko Deposito Sangat Rendah

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang rendah resiko, hal ini disebabkan deposito sangat jarang sekali terpengaruh oleh kondisi politik dan ekonomi berupa krisis yang ekstrem. Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti saham, emas, obligasi, valas, deposito sangat aman dari resiko fluktuasi.

Deposito juga merupakan salah satu investasi yang aman karena dijalankan oleh lembaga perbankan yang kredibel dan ternama, sehingga dapat para nasabah dapat terhindar dari investasi bodong yang kian hari kian marak di Indonesia.

Kemudahan Akses Bunga Deposito

Salah satu keunggulan deposito yang bisa dimanfaatkan para deposan adalah kemudahan mengakses bunga deposito. Bunga deposito bisa ditarik atau diambil pada awal atau akhir jangka waktu sesuai ketentuan bank terkait.

Selain itu bunga deposito pun bisa diambil secara tunai, ditransfer ke rekening bank, atau bisa langsung dimasukkan ke dalam simpanan pokok deposan.

Untuk dapat menggunakan fasilitas berupa menambahkan bunga simpanan ke dalam simpanan pokok, deposan dapat menggunakan sistem Automatic Roll Over (ARO) atau jika tidak ingin menggunakan fasilitas itu bisa menggunakan Non ARO sesuai yang ada di perbankan terkait.

Dapat Dijadikan Jaminan Kredit

Salah satu keunggulan dan manfaat dari deposito adalah dapat dijadikan agunan atau jaminan kredit yang diajukan. Deposito memiliki kedudukan yang sama dengan aset riil yang bisa dijadikan jaminan apabila deposan hendak mengajukan kredit ke bank.

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menambahkan modal usaha, sehingga anda bisa memiliki deposito pun dapat mengajukan kredit usaha. Jadi anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus secara bersamaan.