Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan Untuk Penambah Semangatmu

kata-kata bijak tentang kehidupan

Kopipagi.id - Kehidupan manusia penuh dengan cerita, terkadang kita merasakan keindahan dalam hidup setelah mengalami berbagai peristiwa, terkadang pula merasakan sedih meski bukan kita yang merasakan. Kemampuan manusia merespon sesuatu adalah sebuah keajaiban meskipun itu hanya sekedar kata-kata.

Sebuah kalimat yang memiliki arti yang sangat dalam dapat mempengaruhi kondisi seseorang. Kondisi itu nantinya dapat memberikan sebuah energi baru untuk memulai sesuatu demi menggapai tujuan dalam hidupnya. Namun terkadang dalam perjuangan tersebut, kita seringkali menghadapi berbagai rintangan yang terkadang membuat semangat kita hampir patah.

Semangat yang meredup seiring semakin banyaknya rintangan dapat menghalangi kita untuk menggapai cita-cita, sehingga dalam kondisi tersebut diperlukan sebuah semangat walau hanya sekedar dari sesuatu yang biasa, termasuk kata-kata. Untuk itu bagi kau yang sedang menggapia tujuan namun penuh rintangan dan semangat yang mulai kendor, kata-kata bijak ini mungkin dapat menginspirasi kamu untuk terus berjalan kedepan menggapai tujuan hidupmu.

1. Apapun Yang Sedang Kamu Kerjakan, Lakukan dengan Kemampuan Terbaikmu

Bagi kamu yang saat ini tengah berjuang untuk diri sendiri ataupun orang lain, perjuangkan dengan sepenuh hati. Lakukan perjuanganmu dengan kemampuan terbaik yang ada dalam dirimu. Ingat, pepatah lama mengatakan hasil tidak akan pernah menghianati usaha.

2. Keraguan Dapat Menghancurkan Mimpimu

Ketika kamu ragu akan mimpimu kemudian angin hitam berbisik "ada mimpi lain yang lebih baik", maka impianmu saat itu juga hancur berkeping-keping tak bersisa. Hal ini memang terlihat sepele, namun sangat berbahaya, dimana saat kamu merasa ragu dalam tujuanmu kemudian dalam hati berkata ada yang lain, maka 90% kamu akan meninggalkan mimpi lamamu ke mimpi barumu yang belum tentu lebih baik.

3. Jadikan Keterpurukanmu Menjadi Sebuah Kebijaksanaan

Seringkali orang melakukan kesalahan yang sama namun banyak pula yang tidak dapat mengambil kebijaksanaan dari pelajaran tersebut. Seperti dikala eseorang terjebak utang yang besar karena membiarkan utang-utang yang kecil tidak terlunasi, maka atas kecerobohannya ia akan menghadap masalah yang jauh lebih besar. Menjadikan kebijaksanaan dari keterpurukan adalah hal yang positif, dan akan membuatmu selangkah lebih maju.

4. Jangan Takut Salah Jika Kamu Ingin Sukses

Kesalahan adalah anak tangga yang rapuh dalam meraih kesuksesan. Utuk itu kamu perlu melakukan pijakan-pijakan pada anak tangg rapuh itu hingga semuanya benar-benar anak tangg yang kuat.

5. Bertambahnya Usia Bukan Jaminan Tahu Segalanya

Semakin lama usia seseorang tidak dapat menjamin bahwa ia akan  memiliki pengetahuan yang luas, justru karena semakin lama usianya orang tersebut sering "beranggapan" bahwa ia tahu segalanya.

6. Sukses Adalah Wujud Kesempurnaan Hidup

Kesuksesan adalah bagian dari kehidupan manusia, namun sukses adalah sebuah momen sempurna dari sebuah perjuangan dalam hidup.

7. Hidup Ini Sederhana, Jangan Kamu Buat Rumit

Siapa yang mengatakan bahwa hidup itu sulit? Maka selamanya akan sulit, karena dalam pikirannya memang sulit sehingga tidak ada yang mudah baginya. Berbeda bagi mereka bahwa hidup memang tidak mudah tapi akan selalu ada jalan keluar, maka ia akan merasakan bahwa hidup itu sangatlah mudah karena setiap permasalahan yang ia hadapi dapat dilalui dengan baik.

8. Tujuan Hidup adalah Untuk Bahagia

Banyak manusia di dunia ini memilih tujuan hidup untuk mengumpulkan harta benda agar dapat bahagia dikemudian hari. Bahagia mereka jadikan efek dari harta benda yang mereka kumpulkan bertahun-tahun. Tentu ini tidak salah namun tidak tepat, karena untuk bahagia tidak perlu alasan apapun. Agar anda dapat bahagia, lakukan sesuatu yang baik namun ringan untuk anda lakukan yang bisa membuat orang lain tersenyum dan tertawa saat bertemu dengan anda.

9. Biarkan Semuanya Mengalir Seperti Air, Tapi Jangan Tenggelam

Jadilah perahu dengan nahkoda yang handal, tanpa melawan arus namun sampai ditepi dengan selamat sentosa. Anda bisa memilih mengikuti arus dengan tanpa usaha, atau melakukannya dengan sedikit usaha yang menjaga agar anda tetap tidak tenggelam.

Kehidupan selayaknya air mengalir, hening namun menghanyutkan. Barang siapa yang tidak mampu menahkodai kapalnya dengan baik, maka ia akan tenggelam bersama dengan hiruk pikuk dunia.

10. Tanpa Inspirasi, Hidup Kita Akan Binasa

Anda boleh saja mengatakan bahwa "saya mampu mengatasi semuanya sendiri", namun anda harus tahu bahwa disetiap momen hidup kita ada sentuhan orang lain berupa inspirasi. Inspirasi seringkali membawa efek yang luar biasa disaat anda sangat terpuruk, namun anda tidak akan membutuhkannya disaat anda mampu. Ingatlah bahwa hidup tidak selamanya berada disisi yang kita inginkan.

Didalam menjalani kehidupan, banyak sekali hikmah dari sebuah kalimat atau kata-kata bijak tentang kehidupan. Anda tidak akan bisa mengambil hikmah darinya jika hati anda dipenuhi rasa iri dengki sombong dan sifat buruk lainnya. Untuk itu tetap jaga hati untuk selalu bersih agar dapat mengambil kebijaksanaan dari setiap peristiwa disekitar kita.