Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ada Cara Melunasi Utang Kartu Kredit Tanpa Membayar?

cara melunasi utang kartu kredit tanpa membayar
Kartu Kredit merupakan sejenis kartu ajaib yang bisa memudahkan anda membeli apapun yang anda inginkan tanpa diharuskan menyiapkan uang tunai. Anda tinggal menggesekkan kartu kredit anda maka barang yang anda beli langsung menjadi milik anda.

Sayangnya kemudahan-kemudahan tersebut seringkali dianggap remeh sehingga membuat utang kartu kredit berupa tunggakan pembayaran tagihan melambung tinggi. Tentu hal ini  menjadi tidak baik karena akan merusak keuangan dan kehidupan anda.

Sehingga hal tersebut memberatkan anda karena anda menjadi tidak mampu membayar tagihan tersebut, dan anda pun mencari cara bagaiman agar utang kartu kredit anda dapat terselesaikan bahkan mungkin mencari cara melunasi utang kartu kredit tanpa membayarnya.

Apakah Ada Cara Melunasi Utang Kartu Kredit Tanpa Membayar?

Sayang sekali, anda harus kecewa karena tidak ada cara melunasi utang kartu kredit tanpa membayarnya. Anda tetap harus membayar utang tersebut kepada pihak bank, jika tidak, maka nama anda akan masuk kedalam kategori daftar hitam dalam sistem informasi debitur (SID) Bank Indonesia. Bahkan meskipun pemilik utang kartu kredit tersebut meninggal dunia, maka utang-utang yang belum terbayarkan akan turun dan terwariskan kepada ahli waris, sehingga ahli waris harus membayar lunas utang kartu kredit orang tuanya.

Lakukan Negosiasi

Meskipun tidak ada cara melunasi utang tanpa membayar, namun anda bisa mendapatkan keringanan dengan melakukan beberapa negosiasi kepada pihak bank, sehingga pihak bank memberikan kemudahan kepada anda dalam membayar tagihan kartu kredit tersebut, seperti berikut ini.

Ajukan restrukturisasi

Anda dapat mengajukan restrukturisasi utang anda kepada pihak bank sehingga bank dapat memberikan kemudahan seperti penjadwalan ulang pelunasan, atau penurunan biaya bunga kartu kredit anda. Restrukturisasi utang ini biasanya pilihan terakhir setelah beberapa langkah negosiasi dengan pihak bank mengalami kebuntuan, untuk itu hati-hati dalam memilih jalan mengatasi utang kartu kredit anda.

Mintalah diskon untuk pelunasan

Mintalah diskon kepada bank saat anda akan dihubungi oleh petugas bank, dimana bank biasanya akan mempertahankan nasabah yang memiliki itikad baik untuk melunasi utangnya meski dalam keadaan yang susah. Untuk itu ajukan diskon agar pihak bank memberikan keringanan berupa dihilangkannya biaya pinalti atau biaya tambahan lainnya.

Pindahkan ke kartu kredit dengan bunga lebih rendah

Biasanya bank memiliki beberapa pilihan kartu kredit dengan variasi bunga yang kompetitif, untuk itu tanyakan kepada pihak bank terkait kartu kredit dengan bunga yang lebih rendah dan cara pemindahannya. Jika sukses memindahkan ke kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah, hal ini tentu akan meringankan beban anda dalam membayar biaya bunga atas tagihan anda.

Lunasi dengan menggunakan dana pinjaman berbiaya bunga rendah

Jika anda memiliki sisa limit di kartu kredit anda, gunakan sisa limit itu untuk dijadikan dana pinjaman tunai untuk melunasi tagihan kartu kredit anda. Tanyakan kepada pihak bank tentang kemungkinan penggunaan sisa limit sebagai pinjaman tunai, dan bagaimana caranya serta biaya bunga yang ditetapkan.

Perpanjang masa cicilan dengan biaya bunga lebih rendah

Apabila saat ini anda tidak mampu melunasi tagihan kartu kredit anda, maka ajukan perpanjangan masa cicilan dengan biaya bunga yang lebih rendah. Tentu hal ini akan sedikit melegakan anda sehingga anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan dana untuk melunasi cicilan dengan perpanjangan waktu tersebut. Jika pada umumnya biaya bunga yang dikenakan berkisar 2-2,5% maka dengan perpanjangan masa cicilan ini anda hanya dikenakan biaya bunga sekitar 0-2%.

Tidak ada cara mudah melunasi utang kartu kredit, apalagi tanpa membayar utang tersebut, itu bukanlah tindakan yang bertanggung jawab. Untuk itu selalu berhati-hati dalam penggunaan kartu kredit yang anda miliki. Namun jika anda merupakan orang dengan tipe tidak dapat berhenti berbelanja menggunakan kartu kredit, maka tutup saja agar anda tidak dapat lagi menggunakannya dan aman dari lilitan utang kartu kredit.