Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Biaya Kartu Kredit Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mengajukannya

jenis-jenis biaya kartu kredit

Kopipagi.id - Kartu kredit memang sangat membantu bagi para penggunanya, kemudahan dalam bertransaksi menjadi keunggulan utama meski sang pengguna tidak membawa sejumlah uang tunai. Kemudahan-kemudahan tersebut terkadang membuat para penggunanya menjadi terlena hingga terjerat dalam jaring kredit macet.

Sebenarnya ada banyak cara agar kita dapat terhindar dari kredit macet agar kehidupan serta kondisi finansial kita dapat benar-benar berada dalam kondisi prima. Namun seringkali hal itu diabaikan, dan menjadikan para penggunanya terjebak dalam kubangan kartu kredit.

Disisi lain jeratan kartu kredit tidak cuma dari penggunaannya yang overlimit namun juga banyaknya biaya-biaya yang melekat pada kartu kredit tersebut. Sehingga selain anda perlu mengetahui tips menghindari kredit macet, anda juga harus mengetahui sejumlah biaya yang menjadi kewajiban anda sebagai pengguna kartu kredit.

Daftar Biaya Kartu Kredit

1. Biaya Tahunan

Ketika anda resmi mengajukan kartu kredit dan disetujui, maka sudah berkewajiban membayar iuran tahunan di awal dimana besarannya berbeda-beda antar bank. Untuk tahun selanjutnya, pembayaran biaya tahunan dilakukan di akhir tahun atau setelah anda menggunakan kartu kredit tersebut mencapai 1 tahun.

2. Biaya Materai

Biaya materai dibebankan kepada anda saat pertama kali mengajukan kartu kredit, dimana materai tersebut digunakan untuk pembuatan awal kartu kredit. Selain itu pengenaan biaya materai terjadi pada jumlah transaksi anda, detailnya seperti dibawah ini :
  • Jika transaksi anda diawah Rp 250.000,00 maka anda tidak dikenakan biaya materai
  • Transaksi Rp 250.001 - Rp 1.000.000 maka dikenakan biaya materai Rp 3.000
  • Transaksi Rp 1.000.001 keatas dikenakan biaya materai Rp 6.000

3. Biaya Bunga

Setiap anda menggunakan kartu kredit maka anda akan dikenakan bunga atas sejumlah uang yang anda pakai. Besarannya pun bervariasi, mulai dari 2,25%, ada juga yang 3% per bulannya, semua tergantung pada kebijakan masing-masing bank tempat anda membuat kartu kredit.

4. Biaya Keterlambatan Pembayaran

Apabila anda lupa atau mengulur waktu membayar biaya tagihan atas kartu kredit anda, maka anda akan dikenakan biaya sebesar 3% dari total penggunaan atau tagihan. Untuk itu selalu bayar tagihan anda tepat pada waktunya atau sesuai ketentuan dari bank yang bersangkutan.

5. Biaya Konversi Nilai Tukar Mata Uang

Biaya ini muncul saat anda melakukan transaksi menggunakan mata uang asing, seperti pada saat travelling ke luar negeri atau belanja pada marketplace luar negeri yang mengharuskan anda menggunakan mata uang asing.

6. Biaya Penggantian Kartu Yang Rusak atau Hilang

Pernahkah anda berpikir bahwa untuk mengganti kartu kredit anda yang rusak atau hilang akan dikenakan biaya? Setiap kali pengguna meminta ganti kartu kredit pada bank baik karena telah rusak atau karena hilang, pihak bank akan mengenakan sejumlah biaya yang besarannya tergantung dari bank tersebut, namun pada umumnya besarannya berkisar Rp 30.000 keatas.

7. Biaya Over Limit

Ada dua jenis kartu kredit tentang batasan dan yang dapat digunakan, yakni kartu kredit dengan limit dan kartu kredit yang unlimited. Untuk kartu kredit yang memiliki limit terdapat batasan maksimal penggunaannya, sehingga apabila penggunaan melebihi limit tersebut, pengguna akan dikenaka biaya denda yang sebesar 5% dari total dari transaksi.

8. Biaya Tarik Tunai

Jika anda memiliki kebiasaan melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit, anda harus berpikir ulang. Hal ini karena setiap anda melakukan tarik tunai dari kartu kredit anda, maka pihak bank akan mengenakan biaya sebesar 3-6% (tergantung kebijakan bank) dari total penarikan.

9. Biaya Pembatalan Cicilan

Apabila anda memiliki kredit dengan menggunakan skema kartu kredit, kemudian anda berniat untuk melunasinya lebih awal, bersiap-siaplah anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 - Rp 250.000. Aneh bukan? tapi memang begitulah aturannya.

10. Biaya Cetak Tagihan

Mungkin terderangar aneh, tapi kenyataannya  adalah anda akan dikenakan biaya apabila anda meminta pihak bank untuk mencetak tagihan bulanan anda. Besaran biaya pun bervariasi tergantung pada masing-masing bank, untuk itu minimalkan penggunaan cetak tagihan, alternatifnya anda bisa menggunakan email sebagai sarana menerima tagihan bulanan anda.

11. Biaya Ganti PIN Number

PIN atau Personal Idenetification Number adalah kode unik yang dimiliki setiap nasabah termasuk nasabah kartu kredit. Biasanya pihak bank menyarankan kepada nasabahnya untuk mengganti PIN secara berkala. Perlu anda ketahui mengganti PIN untuk kartu kredit akan dikenakan biaya yang besarannya ditentukan masing-masing bank.

12. Biaya Salinan Bukti Transaksi

Anda ingin meminta salinan bukti transaksi kepada pihak bank? Bersiap-siaplah anda akan dikenakan sejumlah biaya.
 

13. Biaya Pengembalian Cek dan Giro atau Auto-Debet

Biaya ini muncul akibat dari upaya anda dalam membayar tagihan kartu kredit menggunakan cek atau giro, biasanya biayanya berkisar Rp 250.000. Hal ini dikarenakan untuk pembayaran tagihan via cek atau giro harus menggunakan proses kliring.

14. Biaya Credit Shield

Biaya Credit Shield adalah biaya perlindungan yang sifatnya seperti asuransi, dimana biaya ini dikenakan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada anda selaku pemilik dan pemegang jartu kredit tersebut apabila mengalami kecelakaan, cacat permanen atau meninggal dunia. Biaya ini sifatnya opsional artinya jika anda tidak berniat mengambil pilihan ini maka anda tidak akan dikenakan biaya, begitu juga sebaliknya.

15. Biaya Penukaran Reward

Biaya ini muncul akibat dari para pengguna kartu kredit melakukan reedem atau penukaran poin reward untuk mendapatkan voucher, hadiah atau lainnya. Namun biaya ini tidak keluar untuk semua jenis kartu kredit, pasalnya hanya beberapa bank saja yang mengenakan biaya semacam ini untuk setiap penukaran poin.

Itulah dia daftar biaya yang timbul akibat dari penggunaan kartu kredit, untuk itu penting selalu memperhatikan tentang kondisi kartu kredit anda dan finansial anda, agar tidak terjerat kredit macet.


Referensi
https://www.cermati.com/artikel/12-biaya-kartu-kredit-yang-perlu-anda-ketahui
https://economy.okezone.com/read/2019/01/27/320/2010024/jenis-jenis-biaya-kartu-kredit-yang-harus-diketahui?page=2
https://www.gobear.com/id/blog/credit-card/15-biaya-kartu-kredit-yang-perlu-diketahui-tak-hanya-bunga
https://financer.com/id/kartu-kredit/17-biaya-kartu-kredit/