Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tabungan Pendidikan Anak Untuk Masa Depan, Orang Tua Harus Tahu!

manfaat tabungan pendidikan anak

Tanpa terasa pertumbuhan buah hati semakin cepat, ia semakin pintar dan menggemaskan. Umurnya pun kian tambah dewasa, maka pilihan pendidikannya pun kini sudah ada didepan mata, namun dengan kondisi sekarang apakah finansial kita mampu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan sang buah hati?

Tabungan Pendidikan bisa jadi solusinya, selain mudah juga aman. Tabungan pendidikan anak bisa dilakukan secara mandiri ataupun menggunakan layanan perbankan. Sudah banyak bank yang menawarkan sejumlah tabungan pendidikan dengan bunga simpanan yang kompetitif.

Bagi anda yang ingin menabung untuk biaya pendidikan anak secara mandiri, tentunya anda harus disiplin menyisihkan uang setiap bulannya agar target capaian dana bisa terpenuhi. Bagi masyarakat yang tinggal di desa, mungkin tabungan jenis ini tidak begitu dipikirkan, namun tahukah anda bahwa penting merencanakan pendidikan anak di masa depan termasuk biayanya.

Banyak orang tua yang mengidamkan sang anak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi sehingga dapat memiliki pekerjaan yang lebih baik di masa depan dari hasil masa studinya tersebut. Ada yang berencana sang anak di sekolahkan hingga ke jenjang Strata 1, bahkan ada yang menginginkan sampai tingkat lanjut.

Biaya pendidikan tingkat strata 1 pun dapat berbeda jauh tergantung di kampus mana sang buah hati akan kuliah, tentu hal ini menjadi pertimbangan tersendiri. Untuk itu perencanaan yang matang dapat memudahkan kita sebagai orang tua menyiapkan biaya pendidikan dan meringankan beban yang akan kita tanggung saat si buah hati tiba masa kuliahnya.

Tidak hanya biaya kuliah, biaya sekolah di Taman Kanak-Kanak atau TK sampai lanjut SMA pun perlu dipikirkan. Namun bagi mereka yang tinggal di desa, tentu tidak begitu terasa biayanya karena masih relatif murah jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di kota.

Perencanaan biaya pendidikan saat ini sudah menjadi kebutuhan karena semakin tingginya biaya sekolah dimana di beberapa kota besar biaya pendidikan begitu mahal terutama sekolah-sekolah elit. Namun pendidikan tidak harus pada sekolah dengan nama beken yang menjadi prioritas, tapi keberlanjutan jenjang pendidikan adalah yang paling utama, sehingga biaya pendidikan selama itu juga harus dipikirkan saat ini juga.

Dengan beragam persoalan tersebut, tentunya penting bagi orang tua untuk menyiapkan dana guna menempuh jenjang pendidikan sang buah hati, sehingga tabungan pendidikan anak bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan tersebut, dan sebelum melakukan dan merencanakan tabungan pendidikan, sebaiknya para orang tau tahu ragam manfaat yang akan didapat dari tabungan tersebut.

Manfaat Tabungan Pendidikan

Simpel dan Proses yang mudah

Proses pembukaan rekening tabungan pendidikan di bank sangatlah mudah dan sederhana, sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat. Semua dilayani dengan baik oleh petugas bank, mulai dari pengisian data hingga buku rekening jadi, semua mudah dan simpel.

Memiliki minimum setoran yang rendah

Setoran minimum yang rendah juga menjadi daya tarik tersendiri, dimana poin ini tidak menitikberatkan pada jenis pekerjaan apa calon nasabah, tetapi kemampuan ia dalam melakukan setoran secara periodikal. Hal ini tentu menjadi poin penting bagi masyarakat yang menjadikan tabungan pendidikan menjadi primadona di masyarakat.

Resiko rendah

Karena ia termasuk tabungan di perbankan, maka tabungan pendidikan memiliki tingkat resiko yang rendah. Sebagaimana yang kita tahu, menyimpan dana di perbankan nasional terutama Bank-Bank besar memiliki resiko gagal bayar yang kecil, selain itu setiap simpanan nasabah dijamin oleh LPS dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Adanya perlindungan asuransi

Beberapa pihak baik perbankan maupun non bank yang menyediakan layanan tabungan jenis ini kerap kali menawarkan layanan tambahan berupa asuransi pendidikan. Hal ini dimaksudkan pada saat setoran tabungan pendidikan terhenti dalam masa setoran seperti dikarenakan pihak penyetor meninggal dunia, maka setoran tabungan pendidikan masih tetap berjalan sebagaimana seharusnya sampai masa setoran habis. Sehingga hal ini dapat memberikan keamanan ekstra atas tabungan pendidikan tersebut.

Terciptanya Sikap Disiplin Menabung

Dikarenakan tabungan pendidikan ini mengharuskan anda menyetor sejumlah uang selama masa tabungan, maka anda akan diharuskan disiplin dengan menyisihkan sebagian uang sejumlah sesuai dengan nominal setoran setiap bulannya.

Adanya suku bunga atas simpanan tersebut

Tabungan jenis ini biasanya dimasukkan kedalam jenis tabungan berjangka sehingga memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.  Sehingga dengan tingkat suku bunga yang tinggi ini membuatnya digemari banyak orang.

Diatas adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki tabungan pendidikan untuk masa depan anaknya. Kini dengan tabungan pendidikan, biaya pendidikan anak menjadi terencana dan dapat meringankan beban biaya pendidikan anak dimasa mendatang.