Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Debit dan Kredit dalam Dunia Perbankan

pengertian debit dan kredit dan perbedaannya

Mungkin masih banyak dari kita yang kurang mengetahui perbedaan dasar antara debit dan kredit terutama dalam dunia perbankan, selain itu apa yang dimaksud dengan kartu debit dan kartu kredit?

Jika anda memiliki buku tabungan bank anda pasti tidak asing dengan istilah debit dan kredit yang tertera di dalamnya, dimana seringkali ketika kita menyetor sejumlah uang kepada bank tersebut agar dimasukkan ke dalam rekening tabungan kita, ternyata masuk ke kolom kredit, sedangkan pada saat kita menarik sejumlah uang tercatat di kolom debit.

Hal-hal tersebut berkaitan erat dengan pembukuan pada rekening tabungan kita, belum lagi terkait dengan kredit yang disalurkan oleh bank dan kartu kredit, bisa tambah puyeng kepala ini memikirkannya. Untuk itu artikel berikut ini menyajikan informasi seputar debit dan kredit baik itu terkait dengan pembukuan, ataupun kartu dari perbankan.


Apa Itu Debit dan Kredit

Pengertian Debit dan Kredit

Pengertian debet dan kredit itu sendiri adalah debit merupakan penarikan sejumlah uang oleh nasabah yang kemudian diakui oleh pihak bank sebagai penurunan aset mereka dan penambahan aset pada nasabah tersebut. Sedangkan kredit adalah kemampuan untuk melakukan pembelian atau pinjaman dalam jangka waktu tertentu.

Dalam buku tabungan, kredit dianggap sebagai kewajiban pihak bank kepada pemilik dana untuk dapat dikembalikan pada suatu saat sesuai jenis tabungan beserta bunga tabungan tersebut. Intinya adalah kredit ini merupakan pinjaman dari anda sebagai nasabah kepada perbankan.

Untuk itu setiap ada transaksi dana masuk ke dalam rekening kita, maka akan dicatat dalam kolom kredit karena dianggap sebagai utang bank, sedangkan ketika terdapat penarikan dana maka akan dicatat dalam kolom debit sebagai catatan bahwa kewajiban perbankan kepada anda berkurang sejumlah transaksi.

Menurut Para Ahli, Kredit adalah

1. Anwar

Menyatakan bahwa kredit adalah pemberian prestasi kepada pihak lain dan prestasi yang telah diberikan tersebut akan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu beserta biaya kontraprestasinya.

2. Hasibuan

Kredit adalah Semua jenis pinjaman yang harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu beserta bunganya oleh peminjam kepada pemberi pinjaman seperti dalam perjanjian yang telah disepakati.

3. Thomas Suyatno

Kredit adalah penyediaan uang yang bisa disamakan dengan dengan tagihan-tagihannya sesuai persetujuan antara peminjam dengan pemberi pinjaman.

4. Dr. Al Amin Ahmad

Kredit adalah membayar utang secara berangsur-angsur (angsuran) dalam jangka waktu atau tempo yang telah ditentukan.

5. Teguh Pudjo Muljono

Kredit merupakan kemampuan melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan janji pembayarannya atau pengembaliannya dilakukan pada jangka waktu tertentu.

Perbedaan Debit dan Kredit

Perbedaan mendasar antara debit dan kredit adalah :
  • Debit merupakan pencatatan atas laporan keuangan sebagai pengurangan atas kewajiban bank (penarikan dana kita), sedangkan kredit adalah penambahan kewajiban bank atas nasabah (penambahan tabungan kita)
  • Jika dilihat dari sisi bank pada aktivitas bisnis penyaluran dana pihak ketiga (DPK), maka kredit adalah penyaluran dana kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman dalam jangka waktu tertentu untuk dikembalikan sejumlah nominal tersebut beserta biaya bunga sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama

Diatas adalah pengertian dan perbedaan mendasar dari debit dan kredit yang selama ini mungkin saja tidak diketahui oleh masyarakat yang memiliki tabungan di perbankan, sehingga penting untuk mengetahui dan memahami isi dan maksud dari debet dan kredit.