Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata Kata Inspiratif Soekarno Tentang Kemerdekaan Indonesia

kata-kata inspiratif soekarno
 
Soekarno adalah Presiden pertama Indonesia dan menjadi Bapak Proklamator yang mana  dia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan itu diraih dengan penuh perjuangan dan tumpah darah rakyat Indonesia.

Para pemuda dimana salah satunya Ir. Soekarno menjadi titik sentral perjuangan bangsa ini untuk meraih kemerdekaan demi lepas dari penjajahan yang tak kunjung usai selama beratu-ratus tahun yang meninggalkan luka menganga yang amat dalam.

Dengan semangat perjuangan yang ia miliki, Ir Soekarno juga begitu dikenal dengan berbagai kata-kata inspirasinya yang mampu menggugah semangat juang rakyat Indonesia. Maka tak heran jika ia menjadi Proklamator negeri ini.

Inspirasi-inspirasi itu ia sampaikan secara terus menerus baik secara langsung melalui pidato resminya, ataupun secara tidak langsung melalui berbagai tulisan. Kini kata-kata inspirasi Ir Soekarno masih begitu terasa dan menggema dalam sanubari rakyat Indonesia.

Kata-kata inspirasi tersebut menjadi pegangan bagi sebagian rakyat Indonesia yang memiliki jiwa nasionalis yang begitu kuat dan tidak rela jika negara ini kembali jatuh pada lubang penjajahan dalam bentuk apapun.

Berikut ini kata-kata inspiratif Ir. Soekarno tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu jadikan pedoman dalam bernegara dan berbangsa dikemudian hari.

Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan diri bangsanya, tidak akan mampu berdiri sebagai bangsa yang merdeka
Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan meminta-minta, apalagi jika bantuan itu ada embel-embel syarat ini dan itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dibandingkan maka bistik namun menjadi budak
Sekali merdeka tetap merdeka.
Kita cinta damai, tapi kita lebih cinta kemerdekaan
Entah bagaimana terciptanya persatuan, entah bagaimana bentuknya persatuan itu. Akan tetapi kapal yang membawa kita pada Indonesia Merdeka itu adalah kapal persatuan.
Untuk membangun sebuah negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun
Kemerdekaan adalah jembatan emas, jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, sehat, kuat, kekal dan abadi.
Merdeka atau Mati
Kemerdekaan untuk merdeka, kemerdekaan itu berarti mengakhiri untuk selamanya semua penghisapan oleh bangsa lain, baik itu penghisapan langsung ataupun tidak langsung
 
Tanpa ekonomi yang merdeka, tidak mungkin kita mencapai kemerdekaan, tidak mungkin kita tetap hidup

Indonesia Merdeka, tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah jembatan