Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata Motivasi Kerja Bob Sadino yang Membakar Semangat Kerjamu

kata kata motivasi kerja

Bagi banyak orang terutama kalangan usahawan dan pekerja, mendiang Bob Sadino begitu inspiratif dan setiap nasihat-nasihatnya sangat dinanti-nanti. Betapa tidak, beliau adalah sesosok yang mengatakan bahwa sekolah itu tidak penting, sekolah itu tidak menjamin kesuksesan yang mana wejangan tersebut membuat banyak orang tersentak, dan bergumam "apakah benar demikian?".

Beliau adalah seorang pengusaha yang begitu inspiratif dengan segudang pengalamannya, disisi lain penampilannya yang nyentrik menjadi daya tarik tersendiri. Diluar sana banyak sekali orang yang ingin mengikuti jalan Bob Sadino sebagai pengusaha, merintis usaha door to door sampai membuka supermarket yang besar.

Tidak ada yang salah jika seseorang menjadikan beliau sebagai sumber inspirasi dan mengikuti jejaknya sebagai pengusaha, namun terkadang ditengah perjalanan motivasi kerja sebagai pengusaha mengalami penurunan karena mungkin usaha tidak berjalan sesuai keinginan, atau terjadi penurunan omset.  Selain itu ada juga para pekerja yang memimpikan menjadi pengusaha, namun bingung harus mulai dari mana pun bisa belajar dari pengalaman beliau.

Beliau memiliki pandangan yang unik dimana hal ini seperti menjadi trade mark Bob Sadino, yakni orang bodoh lebih cocok jadi pimpinan, kurang lebih seperti itu kesimpulan umumnya. Namun untuk motivasi yang lebih lengkap, simak ulasan dibawah ini.

1. Orang goblok sulit mendapatkan pekerjaan, akhirnya ia buka usahanya sendiri. Saat bisnisnya berkembang pesat, ia mempekerjakan orang-orang pintar

Dimana-mana orang bodoh alias guoblok itu dianggap sebelah mata, diremehkan, bahkan dianggap tidak ada. Sehingga banyak sekali orang bodoh yang sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak lolos syarat aja, padahal ia memiliki integritas, kejujuran dan daya juang. Sampai akhirnya karena lelah ditolak, ia memalingkan jalan, berbalik badan membuat usaha kecil-kecilan asal untung.

Sampai akhirnya, orang bodoh tersebut mampu meningkatkan omset dan laba usahanya. Dan mampu mempekerjakan orang pintar. Berapa sih gaji orang pintar? Paling juga 10 sampai 20 juta per bulan, tapi kalau usaha si orang bodoh tadi sudah menghasilkan laba miliaran per tahunnya, jangankan satu orang pinter, ngambil direktur perusahaan ternama didaerah itu juga bisa (orang jawa bilang "nyekrop").

2. Sekolah terbaik itu adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang mengajarkan dan memberikan kebebasan kepada siswanya untuk kreatif

Dijalanan orang dipaksa untuk "sekedar" mampu bertahan hidup, sehingga membuat otak mereka bekerja super ekstra bagaimana caranya mendapatkan uang dan bisa makan untuk diri dan keluarga. jadi bagi mereka yang pernah hidup dijalanan dan mampu keluar dari "kawah candradimuka" itu, ia berpotensi besar untuk sukses dikemudian hari.

3. Melangkah tidak butuh tujuan, memiskinkan diri, tapi gagal menjadi miskin, aku kerja nikmat tapi orang bilang kerja keras

Pekerjaan jika dinikmati maka akan terasa enak dan tidak terasa berat, meski terlihat "rekoso" alias kerja keras ketika dilihat orang, namun kita merasa biasa saja dan tidak terbebani.

4. Orang pintar mikirnya itu ribuan mil, jadi terasa berat. Saya gak pernah mikir, melangkah saja. Nagapain mikir-mikir wong cuma selangkah aja

Pada umumnya orang pinta kalau mau bikin usaha pasti akan mikir bagaimana modalnya, potensinya seberapa besar, berapa lama akan balik modal, terus bahan bakunya siapa yang menyuplai, marketingnya bagaiman dan tetek bengek lainnya, ya gak bakal jadi itu usaha.

Tapi kalau orang yang tidak banyak tahu alias "goblok", ia cuma tahu satu yaitu dia yakin atas doa dan upayanya, insyaallah usaha akan jalan dan membuahkan hasil.

5. Setinggi apapun pangkat dan jabatan yang dimiliki, anda tetaplah pegawai. Sekecil apapun usaha anda, andalah bos nya

Perbedaan lainnya adalah pegawai memiliki ikatan dan terbatas, sedangkan bos memiliki keleluasaan waktu untuk berbagai keperluan dan kepentingan. Sehingga dari sini siapapun yang menjadi bos memiliki banyak keuntungan. Siap jadi Bos?

6. Orang pinter maunya cepet berhasil dan sukses, padahal semua orang tahu itu enggak mungkin. Orang golbok cuma punya satu harapan, hari ini bisa makan saja

Inilah problem utama pada pikiran banyak orang pintar, karena mereka memiliki ilmu bisnis, maka banyak yang dipertimbangkan. Berbeda halnya dengan mereka yang memiliki ilmu terbatas, mereka berjalan dan belajar seiring waktu.

7. Kalau ingin bahagia, Ojo dadi karyawan

Siap!

8. Orang goblok itu enggak pernah mikir, cuma melangkah aja. Orang pinter malah kebanyakan mikir, jadi gak pernah melangkah

Think Less, Do More.

9. Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas (mengesampingkan ilmu sendiri) saya terlebih dahulu

Hal ini karena ketika gelas kita tidak dikosongkan, maka seringkali kita akan melewatkan ilmu baru meski terlihat sama. Perbedaan pandangan dan pengalaman akan memberikan warna yang berbeda meski caranya sama. Inilah seninya.

Ini nasihat yang bagus, mari kita lakukan.

10. Banyak orang melihat saya gila, sampai akhirnya mereka melihat kesuksesan akibat kegilaan saya

Kegilaan terkadang mampu memberikan kesuksesan dengan cara yang berbeda dan sering dianggap remeh, makanya jarang ada kompetitor yang mellihat caranya si gila dalam membangun bisnis.