Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kata Kata Motivasi Islam Ippho Santosa Tentang Kesuksesan Finansial dan Kehidupan


7 kata kata motivasi islami

Ippho Santosa adalah salah seorang motivator bisnis dan finansial yang cukup terkenal di Indonesia. Sudah banyak  sekali pencapaian yang ia dapatkan, beberapa buku karyanya pun menjadi best seller dalam beberapa tahun belakangan.

Berbeda halnya dengan motivator kondang di tanah air lainnya, Ippho Santosa pendekatan motivasinya menggunakan pendekatan islami sehingga kental akan nilai-nilai islam di dalamnya. Sehingga tidak akan sulit kita temui baik dalam sesi motivasinya ataupun dalam tulisan-tulisan yang ia publikasikan terdapat kata silaturrahmi dan sedekah.

Silaturrahmi dan sedekah menjadi kunci keberhasilan dalam membangun finansial dan bisnis seseorang, hal ini dikarenakan Islam sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan keduanya jika ingin sukses untuk urusan dunia terutama dalam bidang finansial.

Banyak sekali kata-kata motivasi Ippho Santosa yang telah tersebar di berbagai media, berikut ini adalah 7 kata-kata motivasi Ippho Santosa pilihan Benihkata.com yang bisa membangkitkan semangatmu untuk meraih kesuksesan finansial dan kehidupan.

1. Sukses bukanlah soal bakat, namun tentang bekerja keras dan belajar

Jika anda beranggapan bahwa sukses adalah bakat atau turunan dari keluarga, anda salah. Sukes adalah mereka yang bekerja keras dan terus belajar untuk mencapai pencapaian-pencapaian kecil yang mengarah ke pencapaian utama anda.

Mereka yang berasal dari keluarga sukses, bisa tidak sukses jika ahli waris tidak bekerja keras. Bisa saja mereka sukses karena dari kecil sudah dididik untuk itu. Namun kesuksesan adalah  hak setiap orang, mereka yang ingin mendapatkan hak tersebut, harus melakukan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh kehidupan.

Anda tidak perlu berputus asa jika sampai hari ini anda belum sukses secara finansial, namun tengoklah kembali, apa saja yang sudah anda capai dan bagaimana kehidupan  keluarga anda. Bisa jadi kesuksesan yang diberikan Allah tidak berupa finansial, namun pencapaian lain seperti mampu mensekolahkan anak hingga ke jenjang tertinggi, atau memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warohmah wabarokah.

2. Keyakinan dalam hati itu menular, begitu juga ragu-ragu. Maka anda harus selalu yakin

Seringkah anda ragu? jika ia, ubah sekarang juga. Ragu-ragu berasal dari syetan, dan syetan tidak akan pernah membiarkan anda lepas dari keraguan. Yakinlah kepada Allah SWT, dan yakin itu mampu menular.

Keyakinan atau yakin adalah hal yang positif, maka sebarkan pikiran positif itu agar alam semesta bekerja untuk anda demi meraih pencapaian yang anda inginkan.

Menanam hal yang positif, akan menuai hal yang positif juga.

3. Rezeki itu pasti adanya, namun tidak pasti jumlah, kapan dan darimana

Allah sudah memastikan setiap makhluk ciptaannya telah ditetapkan rezekinya masing-masing dengan kadar yang telah ditentukan. Semut bisa makan tiap hari, meski ia tidak menabung untuk keesokan harinya.

Namun rezeki yang didapat semut berbeda dengan rezeki yang diberikan Tuhan kepada manusia. Rezeki manusia sangat berlimpah ruah, hanya saja ia bisa muncul dari mana saja dan dalam jumlah yang tidak pasti.

Untuk menangkap ketidakpastian tersebut, anda harus rajin dan terus belajar untuk meraih puzzle-puzzle rezeki yang disediakan oleh Allah SWT.

4. Libur bukan berarti bermalas-malas, lakukan hal produktif seperti silaturrahmi

Saat ini anda sedang libur karena cuti atau karena kondisi tertentu? jangan malas. Lakukan sesuatu yang positif dan produktif. Anda bisa menulis atau silaturrahmi ke kerabat dan kenalan anda.

Tidak ada yang tahu rezeki datang dari arah mana, bisa jadi setelah anda ber silaturrahmi ke kenalan anda, anda mendapatkan proyek baru atau anda mendapatkan suntikan modal untuk usaha anda.


Silaturrahmi adalah rangkaian penting dalam bisnis (terutama), karena silaturrahmi lebih dari sekedar networking dalam bisnis. Anda tidak hanya mendapatkan potensi rejeki berupa finansial didalamnya, namun anda bisa mendapatkan umur yang panjang dan barokah darinya.

5. Jika kita suka menunda pekerjaan, bukan hasil yang tertunda, namun kegagalan

Pernahkah anda mendengar pepatah
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda
Itu benar, namun jika anda menunda-nunda pekerjaan, itu bukanlah kesuksesan yang tertunda, namun kegagalan yang anda raih.

Jika hari ini anda masih belum juga sukses, koreksi, apakah selama ini anda seringkali menunda pekerjaan -pekerjaan kecil yang seringkali kita remehkan. Jika ia, maka bukan keberhasilan yang tertunda, namun anda memang benar-benar gagal.

6. Hati-hati! Rejeki yang tidak disangka-sangka jarang sekali menghampiri mereka yang malas, dengki, dan pelit

Rejeki bisa berasal dair penjuru mana saja, tidak tentu waktunya, dan tidak pasti jumlahnya. Tidak berbeda jauh dengan berbisnis, rejeki hanya bisa diraih oleh mereka yang rajin dan tidak pelit.

Rejeki yang  tidak disangka-sangka datangnya sesuka Allah, kapan Dia mau pun tidak ada yang tahu. Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar, namun dengan cara yang lebih efektif, bisa membuat kita lebih baik dalam menjaring rejeki jenis ini.

Tidak ada usaha yang sia-sia, Allah akan menggantikan setiap peluh keringat kita dalam berusaha dengan niat karena Allah SWT. Yakinlah!

7. Jangan remehkan impianmu, Perjuangkan walau di tertawakan dan dilecehkan orang

Seringkali kita memiliki impian yang bagi sebagian orang terlihat konyol karena latar belakang kita. Seperti anak seorang petani biasa memiliki cita-cita bersekolah kedokteran dengan tujuan akhir menjadi dokter spesialis. Bagi mereka yang hanya menggunakan logika, hal ini tidak bisa tercapai karena biaya sekolah kedokteran tidaklah murah.

Namun percayalah, jika Allah sudah mengatakan  iya "Kun Fayakun", maka tidak ada dzat manapun yang bisa menghalanginya.

Jadi jangan pernah remehkan impianmu, tetap jaga dan perjuangkan serta sandarkan impianmu hanya pada Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah akan memberikan yang terbaik. Biarkan hasil yang menjawab tertawaan dan celaan mereka.

Hanya Allah SWT yang Maha segalanya.