Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kata Kata Motivasi Ujian Nasional Mario Teguh Untuk Kamu Yang Akan Menjalani Ujian Pendidikan dan Maksudnya


kata kata motivasi ujian nasional

Di era 2010 sampai dengan 2015, beliau sangat terkenal, setiap patah kata yang ia ucapkan menjadi mutiara yang begitu mampu menggugah jiwa setiap yang mendengarnya. Dulu beliau selalu tampil di salah satu stasiun televisi swasta tanah air satu kali dalam seminggu.

Acara tersebut begitu di nanti-nanti karena ditayangkan pada awal pekan, sehingga bagi mereka yang jenuh untuk beraktifitas rutin seperti bekerja dan sekolah, membutuhkan wejangan-wejangan beliau melalui siaran televisi.

Tidaklah heran jika begitu banyak peserta acara tersebut dan selalu memadati setiap bangku yang disediakan oleh pihak televisi, dan acara tersebut selalu mampu memberikan pandangan-pandangan akan kehidupan dan cinta dari sudut pandang yang berbeda. Untuk kamu yang kini sedang menjalani ujian, baik ditingkat sekolah maupun universitas, berikut ini 7 kata kata motivasi Mario Teguh yang mampu memberikan semangat dalam sanubari kecilmu.

1. Tuhan, cegahlah aku dalam membuat kesalahan menjawab soal-soal ujianku. Luluskanlah aku dengan baik, sehingga membuat bangga kedua orang tuaku

Terkadang kita merasa bahwa diri kita mampu menjawab soal-soal ujian dengan baik dan kita meyakini jawaban tersebut benar, namun pada saat kita mendapatkan hasilnya ternyata jawabah kita tersebut salah. Argumen pun keluar dalam hati "mana mungkin aku salah menjawab, padahal aku benar-benar yakin jawabanku benar".

Pernahkah anda merasa demikian? Jika ia, maka sebelum anda menjalani ujian untuk menjawab soal-sola tersebut, berdoalah kepada Allah SWT, mintalah kemudahan untuk menjawab, dan mohonlah untuk dihindarkan dari menjawab soal secara tergesa-gesa, mintalah perlindungan Nya dari kesalahan menjawab.

2. Saat ujian sekolah, lihatlah keatas jika engkau butuh inspirasi, lihatlah kebawah kala putus asa, dan lihatlah arah kanan dan kirimu untuk informasi

Pernahkah kamu melakukan demikian? saat membutuhkan inspirasi jawaban kamu selalu menengok keatas sambil mengetuk-ngetuk pensil di kening, namun nsaat tidak tahu harus memberi jawaban apa di lembar soal, kamu akan selalu menunduk atau meletakkan kepala di meja.

Namun saat kamu membutuhkan informasi jawaban atas soal-soal tersebut kamu selalu menengok ke kanan dan kirimu? itulah kebiasaan yang memang otomatis kita lakukan disaat menjalani ujian sekolah.

3. Pendidikan memang tidak menjamin kesuksesan, namun hidup tanpa pendidikan membuat hidup semakin sulit

Kesuksesan memang menjadi idaman setiap orang baik mereka yang tidak melakukan studi (pendidikan formal) ataupun mereka yang bersekolah. Faktanya memang banyak orang dengan pendidikan biasa-biasa saja mampu sukses dengan finansial yang cukup, namun juga tidak sedikit orang yang menyembunyikan identitas pendidikannya dengan penampilan standar sehingga terlihat tidak mengenyam pendidikan tinggi.

Ingatlah, pendidikan memang tidak menjamin dan tidak memberikan harapan besar untuk sukses, namun pendidikan yang memadai akan mampu menjadi pegangan untuk sukses dikemudian hari. Sebagai contoh mereka yang mendirikan perusahaan besar setidaknya memiliki background pendidikan ekonomi dan bisnis atau teknik yang memiliki kemampuan dalam bidang marketing dan problem solving.

Jadi tidak usah minder, pendidikan tetap memiliki perannya dalam meraih kesuksesan.
 

4. Kunci sukses adalah terus mencoba, pintu kegagalan adalah menyerah begitu saja

Jika anda berhenti mencoba dan terus mencoba dari apa yang saat ini anda tekuni, maka anda sudah siap untuk mengibarkan bendera putih alias menyerah.

Keberhasilan adalah soal peluang, semakin banyak jatah gagal anda yang dihabiskan, semakin besar peluang anda meraih kesuksesan. Bandingkan jika peluang keberhasilan adalah 50 : 1, maka bisa jadi anda melakukan 49 kali gagal baru sukses. Semua adalah mungkin.
 

5. Kesederhanaan yang jujur jauh lebih mulia dibandingkan kemewahan yang palsu

Jujur adalah mata uang yang tidak akan kalah sepanjang jaman, maka selalu jujur dengan siapapun dimanapun anda berada. Kesederhanaanmu yang disertai kejujuran, akan sangat bernilai dimata orang selamanya, bahkan saat kamu tidak lagi hidup di dunia yang fana ini.
 

6. Tuhan, bantulah aku mencegah rasa malas dan kesukaan menunda-nunda

Selalu awali doa sebelum menjalani ujian, mintalah kepada Nya untuk dihindarkan dari rasa malas dan menunda untuk belajar agar kita tidak menyesal dikemudian hari.
 

7. Ujian bukanlah untuk mengukur kepandaian, namun untuk mengenali sejauh mana kepatuhan dalam belajar selama ini

Jangan menganggap hasil ujianmu adalah kualitas kepandaianmu, namun ketahuilah hasil ujian merupakan penilaian dari kedisiplinanmu menjalani sistem pendidikan yang telah dibuat.

Kepandaian tidak dapat diukur dengan hasil ujian, karena ujian hanya diatas kertas, sedangkan kepandaian adalah apa yang ada dalam otak dan diri yang terus berkembang seiring waktu.