Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Promosi Website Yang Efektif

 cara promosi website yang efektif



Cara promosi website yang efektif perlu dilakukan demi mendapatkan banyak pengunjung. Tujuannya agar bisa menaikkan performa serta popularitas dari suatu situs web. Meskipun konten sudah terbilang menarik, namun hal ini tidak membuat pengguna internet langsung tertarik mengunjunginya.

Beberapa Cara Promosi Website yang Efektif

Setelah Anda membuat konten yang sesuai dengan tema website, langkah selanjutnya adalah mempromosikannya agar ramai pengunjung. Biasanya melalui promosi online seperti Google, Instagram, Facebook ataupun media sosial lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, inilah ulasannya:

1.     Melalui Sosial Media

Tidak hanya mempromosikan website saja, media sosial memang menjadi salah satu sarana yang paling efektif untuk menyebarkan informasi ataupun kegiatan jual beli. Adanya sosmed nyatanya membuat interaksi banyak orang, mulai berubah secara perlahan, meskipun hal ini kurang dirasa baik.

Saat ini, adanya sosial media menjadi saah satu sarana berkumpulnya banyak orang. Hal ini bisa dijadikan peluang bagi Anda yang ingin mempromosikan suatu websitedengan membaginkannya lewat timeline atau menggunakan fanspage. Postingan ini secara otomatis akan dilihat oleh para followers.

Baca Juga : Backlink, Fungsi, dan Manfaatnya


2.     Melalui Mesin Pencarian

Tidak hanya sosial media saja, ternyata mesin pencaian seperti Google dan Yahoo bisa dijadikan sebuah sarana cukup efektif untuk mempromosikan website Anda. Salah satu cara yang hingga kini dipercaya paling optimal adalah SEO sebagai upaya menempatkan situs web di rangking teratas.

Apabila Anda berhasil menempatkan website pada ranking teratas pada hasil pencarian, akan menarik pengguna internet mengunjunginya. Tentunya mereka cenderung membuka situs dengan urutan teratas di halaman pertama saat Google menampilkannya sesuai kata kunci yang dicarinya.

3.     Memanfaatkan MarketplaceLokal

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace lokal guna memperomosikan website. Beberapa diantaranya yang dapat digunakan adalah Bukalapak, Tokopedia, Olx dan lainnya. Biasanya promosi melalui strategi ini digunakan bagi pelaku bisnis dengan toko online-nya.

Untuk lebih menarik calon pelanggan, Anda bisa menawarkan promo khusus apabila mereka berbelanja di website toko online yang tengah dipromosikan. Melalui strategi ini, pengunjung situs akan semakin ramai dan produk terkait menjadi terkenal di kalangan pembeli.


Baca Juga : Cara Mengelola banyak Website


4.     Membuat Artikel Review

Jika Anda menginginkan promosi website sekaligus untuk menjual produk, maka strategi ini menjadi pilihan paling tepat. Melalui artikel review, produk yang akan dipromosikan dapat diulas secara lengkap oleh seorang blogger. Meskipun termasuk cara berbayar, namun langkah ini memiliki 3 keuntungan.

Pertama, target pasar Anda akan teredukasi dengan baik sebelum mengunjungi website. Kedua, otoritas situs web tentunya bisa meningkat karena memperoleh backlink kontekstual. Kemudian, pengunjung pasti semakin bertambah setiap waktunya.

5.     Membuat Iklan Banner

Cara terakhir yang bisa Anda coba yaitu membuat iklan banner baik dipasang di website sediri ataupun blog orang lain. Meskipun hampir serupa seperti artike review karena sama-sama berbayar, akan tetapi strategi ini mampu meningkatkan jumlah pengunjung situs.

Hal yang paling penting terletak pada desain banner Anda. Pastikan untuk membuatnya semenarik mungkin namun tetap terlihat sederhana dan classy. Dengan begitu, pengunjung website akan semakin bertambah dan meningkatkan performanya.


Baca Juga : Google Adsense sebagai cara monetisasi Blog


Kelima cara promosi websiteyang efektif di atas dapat dicoba bagi Anda terutama publisher pemula. Meskipun sudah membuat konten relevan dengan topik situs web, hal ini tidak membuat pengguna internet mengunjunginya. Oleh karena itu, langkah-langkah tersebut cukup penting untuk dilakukan.

Jika ingin lebih maksimal lagi, Anda bisa menggunakan fitur iklan yang telah disediakan oleh beberapa penyedia dengan mengeluarkan sedikit biaya.