Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelola Banyak Website, Bagaimana Caranya?

 cara mudah kelola banyak website bagi pemula

Saat ini websitemenjadi salah satu yang cukup penting dalam dunia digital, ada banyak manfaat yang diberikan saat memilikinya. Sehingga tak jarang seseorang maupun sebuah perusahaan bisa memiliki lebih dari satu jenis. Namun jika ingin kelola banyak website, bagaimana caranya?

Cara Kelola Banyak Website dengan Mudah

Menggunakan Pengelola Multiple WordPress

Dengan menggunakan pengelola multiple WordPress, pemilik website tak perlu melakukan login satu persatu pada dashboard. Ini akan lebih menghemat waktu serta pekerjaan juga jadi lebih efisien. Bahkan hal ini bukan hanya untuk login saja, ada banyak manfaat yang didapatkan seperti:

     Mengelola akun pengguna dan komentar pada beberapa websitesekaligus.

     Melakukan backup secara otomatis serta menyimpan data di tempat yang terpisah.

     Mendapatkan notifikasi mengenai update plugin dan tema. Bahkan bisa memperbarui tema serta plugin pada beberapa website sekaligus.

     Melakukan update software WordPress bersamaan pada beberapa websitesekaligus.

     Mengurangi resiko keamanan.

Manfaat-manfaat inilah yang bisa didapatkan dengan menggunakan pengelola multiple website. Ini akan semakin mempermudah ketika Anda sedang mengelolanya.


Beberapa Tools Pengelola Multiple Website

Ada beberapa tools pengelola multiple website yang dapat digunakan antara lain adalah:

1. ManageWP

ManageWP merupakan plugin premium yang bisa digunakan tanpa membayar biaya sedikitpun. Anda bisa bebas menikmati berbagai fitur yang ditawarkan pada plugin ini. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, maka ada pilihan untuk melakukan upgrade.

Fitur utama yang ditawarkan pada plugin premium ini adalah 1-click Login serta 2-factor Authentication yang bisa dinikmati secara gratis. Adanya fitur ini memungkinkan pengguna masuk ke dashboard dari beberapa website sekaligus hanya dengan sekali klik saja.

Sedangkan untuk fitur autentikasi ganda di sini, dapat menghindari dari peretasan website dengan menggunakan kode konfirmasi yang dikirimkan saat melakukan login.

2. MainWP Dashboard

Plugin pengelola multisite ini juga dapat digunakan secara gratis. Namun jika anda ingin menggunakannya, perlu menginstall beberapa plugin. MainWP Dashboard ini perlu untuk diinstal pada website WordPress yang mana dijadikan Dashboard utama.

Sedangkan untuk MainWP Child harus diinstal pada setiap website yang butuh di monitor. Semuanya bisa digunakan tanpa biaya sepeserpun. Anda bisa bebas menikmati fitur-fitur yang ada dalam pengelolaan multisite ini dengan cara yang mudah.

Bahkan termasuk dalam update plugin dan tema, membuat konten, serta melakukan publikasi di beberapa website sekaligus.


Poin Penting saat Mengelola Banyak Website

Dalam mengelola banyak website, tentunya harus memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini:

1.    Konsisten dalam Mengelola Website

Hal paling penting dari mengelola website yaitu mengenai masalah konsisten dengan apa yang direncanakan dari awal. Tentang postingan apa yang ada di dalamnya jugaharus fokus dengan satu tema saja, begitu pula dengan jadwal posting.

Jadi, meskipun mengelola banyak website sekaligus hal ini tidak menjadi masalah karena Anda tetap melakukan posting artikel. Jika ini terus diterapkan, maka ini dapat menarik minat dari pengguna mengenai isi di dalamnya.

Bahkan, ini akan membuat rating website menjadi bagus dan sangat menguntungkan bagi Anda sang pemilik.

2.    Jangan Lupakan Konten yang Diposting

Bisa dikatakan jika konten adalah jantung sebuah situs. Karena itulah sebagai pemilik website, Anda tidak boleh gegabah ketika memposting sebuah konten. Pastikan jika tulisan yang diunggah tersebut memang bagus dan memiliki manfaat.

Meskipun anda mengelola banyak websitesekaligus, jangan gunakan artikel yang terlalu bertele-tele dan hanya dapat membuat pembaca menjadi bosan. Namun, fokus dan luangkan waktu untuk membuat konten bermutu.

Jika pemula dan masih kesulitan untuk membuat konten yang bermutu, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa pembuat konten profesional untuk website-website yang dimiliki.

Beberapa tips di atas bisa dicoba jika Anda mengelola banyak website sekaligus. Dengan begitu, pertanyaan kelola banyak website, bagaimana caranya? Sudah terjawab secara tidak langsung