Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Backlink, Dan Apa Saja Fungsinya?

 backlink,, fungsi, dan manfaatnya

Apa itu backlink, fungsi dan manfaatnya bagi website? Pertanyaan ini menjadi salah satu kata kunci terfavorit yang kerap ditanyakan oleh pengguna situs. Banyak orang setuju bahwa keberadaannya membuat pendapatan kian naik secara signifikan

Apa Itu Backlink

Sebelum memahami fungsi maupun manfaatnya, sebaiknya ketahui apa manfaatnya bagi website. Backlink merupakan tautan yang dimanfaatkan oleh penulis untuk mengarahkan pembaca ke situs lainnya. Keberadaan link tersebut dinilai mampu mempopulerkan sebuah web.

Tidak heran, kini jasa backlink yang tersebar di dunia maya menerima orderan cukup banyak. Hal itu dikarenakan para pengguna mengidamkan website memiliki trafik tinggi. Harga jasa tersebut cukup terjangkau dan manfaatnya pun setimpal.

Sebenarnya, backlink dapat dilakukan sendiri dengan syarat mengetahui caranya. Namun, mencari link situs yang bereputasi tidak mudah. Kesalahan memasukkan tautan bisa mengakibatkan banyak hal negatif. Apabila ini dilakukan, maka beresiko menurunkan trafik, apalagi jika linknya tidak berfungsi.

Fungsi Backlink Bagi Website

Fungsi tautan ini sangat bagus karena mampu membuat situs mendapatkan banyak kunjungan dari pembaca. Hal itu dikarenakan linknya terpasang di sebuah website populer. Alhasil, pengikutnya pun akan secara otomatis mengunjungi web Anda. Keuntungan tersebut dapat diterima apabila memakai link.

Saat menggunakan tautan, pembaca akan merasa dimudahkan karena mendapatkan informasi yang senada dan lengkap. Dampak positifnya adalah situs tersebut lebih lama dikunjungi oleh pengikutnya. Semakin sering dilakukan, efeknya makin baik untuk meningkatkan trafik dalam jangka panjang.

Ketika seseorang mengunjungi sebuah web, terkadang ia butuh penjelasan lebih terkait konten yang dibaca. Bila sebuah web menambahkan informasi konten artikelnya dengan cara menautkannya ke situs Anda, ini akan memberikan banyak manfaat untuk keberlangsungan website.

Manfaat Backlink

Membangun Otoritas Sebuah Website

Salah satu manfaat menggunakan backlinkadalah mampu membangun otoritas sebuah web. Jika link website Anda dipasang di situs populer, akan membuat Google mengapresiasinya. Bila hubungan tersebut terjalin selama beberapa tahun atau jangka waktu lama, efeknya sangat baik bagi website.

Website Anda akan dianggap memberikan kebermanfaatan bagi pengunjung di dunia maya. Hal itu dikarenakan situs dinilai menjadi salah satu sumber yang akurat dan berbobot sebab disambungkan dengan web populer serta bergengsi.

Menciptakan Hubungan Baru

Manfaat backlink ini salah satunya menciptakan hubungan baru. Sebagai contoh, seseorang membaca tentang konten di web A mengenai “tips menjaga kulit yang baik”. Di bagian bawah tulisan terdapat linkmengenai “cara mengurangi jerawat”. Tautan tersebut mengarah ke situs Anda.

Bila orang itu membuka link tersebut dan membacanya, ini akan menjadikan web lebih padat trafiknya. Selain itu, ini berpotensi membuat pengunjung baru mengikuti situs Anda. Adanya keuntungan itu bisa diperoleh apabila memiliki backlinkdari website bergengsi.


Meningkatkan Pendapatan

Salah satu manfaat backlink bagi website adalah meningkatkan pendapatan. Jika situs mendapatkan banyak pengunjung, otomatis trafiknya lebih padat sehingga potensi memperoleh banyak penghasilan dari blog pun makin tinggi. Tentu ini bisa diperoleh setelah menautkannya selama beberapa waktu.

Peningkatan pendapatan ini menjadi salah satu alasan mengapa orang memutuskan menggunakan backlink. Bila menautkannya dengan sejumlah web bergengsi, potensi memperoleh banyak kunjungan juga makin besar. Otomatis, itu mempengaruhi penghasilan.

Demikian informasi tentang apa itu backlink, fungsi dan manfaatnya bagi website. Semoga ini bisa memberikan tambahan pemahaman pembaca sekalian.