Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Riset Keyword Mudah dan Cepat

 Cara riset keyword mudah dan cepat

Riset keyword menjadi acuan bagi para pembuat kont en untuk mengetahui kualitas konten tertentu. Terdapat beberapa cara riset keyword mudah dan cepat, agar target kata kunci cukup potensial sehingga muncul di halaman utama.


Cara Riset Keyword Mudah Dan Cepat bagi Pemula

Tidak semua orang paham dengan cara menemukan kata kunci yang banyak dicari orang. Oleh karena itu, perhatikan beberapa ulasan berikut:

Menetapkan Goal dan Tujuan

Cara pertama adalah menetapkan goal atau tujuan akhir dari riset keyword yang dilakukan. Tentukan tujuan yang ingin dicapai apakah untuk memperoleh pengunjuang sebanyak-banyaknya, calon pembeli potensial, penggemar atau tipe lainnya.

Riset keywordtanpa tujuan yang jelas sudah pasti akan mempersulit pencarian kata kunci. Karena itulah tujuan dari pencarian kata kunci berkaitan erat dengan tahapan marketing funnel yang menjadi sasaran utama.

Mencari Keyword Dasar

Selanjutnya yaitu mencari keyword dasar yang berkaitan dengan topik artikel atau blog. Tujuan dari penggunaannya adalah untuk menemukan variasi keyword turunan. Untuk menemukannya memang bukan hal yang sulit, namun cukup bermodalkan ketekunan dan insting.

Kata kunci dasar yang bagiamana sekiranya berkaitan dengan topik blog maupun website? Sebagai contoh, laman yang bertema informasi dan teknologi, maka keyword dasarnya dapat dipastikan yakni internet, komputer, laptop, gadget, dan lain sebagainya.

Mencari Long Tail Keyword

Setelah menemukan daftar keyword dasar, gunakan kata kunci tersebut untuk mencari keyword turunan dengan pilihan kata kunci yang panjangnya lebih dari dua kata. Untuk mencarinya Anda bisa menggunakan bantuan dari keywordtools atau Google Adwords.

Keyword tools tersebut akan menampilkan daftar variasi kata kunci yang direkomendasikan lebih dari dua atau tiga kata. Biasanya, pilihan yang muncul adalah yang telah banyak dicari pengguna mesin pencarian dengan keakuratan volume tertinggi.

Menganalisis Hasil Pencarian Keyword

Hasil dari berbagai keyword long tail yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis pada mesin pencari. Apabila tidak ingin repot, maka Anda dapat bagian dari cara riset keywordmudah dan cepat. Yaitu menganalisis menggunakan fitur Keyword Planner dalam Google Adwords.

Wajib diingat bahwa data-data dari Keywords Planner ini tidak sepenuhnya akurat. Misal pada situs tercantum besar jumlah pencarian setiap bulannya 100 pencarian, maka tidak dapat dijadikan patokan bahwa minimal pengunjung blog setiap bulannya akan mendulang angka 1000.

Menganalisis Tingkat Persaingan

Analisa tingkat persaingan di sini ditujukan pada mesin pencari Google. Anda dapat menganalisis tingkat persaingan keyword secara manual dengan memanfaatkan data-data yang ada di situs keyword tools.

Riset persaingan dapat dioptimalkan dengan memilih keyword yang di klik lebih dari satu juta kali. Selain itu, jangan memilih kata kunci yang sering digunakan oleh berbagai web otoritas seperti wikipedia. Sebaiknya pilih yang tidak digunakan oleh web dengan pagerank lebih dari 5.

Eksekusi Keyword Pilihan

Akhirnya setelah bentuk keyword yang pas dan bagus ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimasi penggunaan pada pilihan tersebut. Karena bagaimanapun kata kunci yang didapat daririset tanpa optimalisasi maka akan sia-sia.

Tanpa optimalisasi jumlah pengunjung juga akan cenderung stagnan dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Cara mengoptimasi keywordyang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat penyebarannya pada tulisan dengan ketentuan tertentu.

Search Keyword : riset keyword adalah, tujuan dari melakukan keyword research adalah untuk menemukan, cara riset keyword google, cara research keyword, cara mencari keyword seo, tool riset keyword gratis, cara riset keyword, riset keyword google, cara riset keyword di google, cara riset keyword blogger, tool riset keyword

Demikian beberapa cara riset keyword mudah dan cepat. Namanya riset, untuk memperoleh hasil atau kesimpulan yang diinginkan sudah pasti akan membutuhkan banyak proses. Meskipun begitu, proses tersebut akan lebih cepat selesai dibantu dengan Keyword Tools.