Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Produk : Salah Satu Cara Monetisasi Blog atau Website

 monetisasi blog : jualan produk atau jasa

Blog merupakan sebuah web yang di dalamnya memuat tentang berbagai macam informasi yang berbentuk artikel, video, foto, atau lainnya. Ketika seseorang memilikinya maka mereka akan mampu menghasilkan uang. Namun, sebagian orang tidak paham jika ada cara mudah jualan produk untuk monetasi blog.


Langkah Mudah Jualan Produk

Jika Anda memiliki sebuah blog sekaligus toko online, maka tidak ada salahnya jika menjual produk dengan tujuan untuk monetasi. Jenis barang yang dapat dijual di dalamnya pun sangat beragam. Untuk itu, yuk simak pembahasan di bawah ini:

Menjual Produk Digital

Ketika menjual sebuah produk dalam blog maka harus sesuai dengan keperluan pembaca atau target pasar. Maka dari itu Anda juga dapat menjual berupa karya digital berupa ebook, audiobook, software komputer, hingga tema, plugin WordPress dan hosting.

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten mengenai beberapa cara atau tutorial mengerjakan hal-hal tertentu yang berhubungan dengan produk. Jika memang monetasi dapat dilakukan dengan menjual karya digital, maka seseorang akan mendapat penghasilan besar.

Menjual Produk Fisik

Terkadang seorang pemilik blog akan fokus pada pembuatan konten. Namun, taukah Anda jika hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjual serta memasarkan sebuah produk sehingga pengguna dapat menghasilakan uang melalui website-nya.

Produk fisik yang dijual dapat berupa pakaian, sepatu, makanan ringan, aksesoris, alat elektronik, dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini telah banyak orang serta perusahaan yang melakukan monetasi blog dengan cara jualan.


Monetisasi Website dengan Menjual Beragam Produk

Saat Anda memutuskan untuk menjual sebuah produk dengan cara monetasi blog, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti mendaftarkannya menjadi iklan Google Ads. Berikut langkah untuk mengajukan melakukannya:

Buat Akun Google Ads

Untuk dapat mendaftarkan sebuah produk menjadi iklan Google Ads, maka Anda harus membuat akun Google Ads terlebih dahulu. Tujuannya yaitu agar lebih mempermudah cara monetasi blog yang Anda sedang lakukan melalui jualan.

Pertama, silahkan masuk ke halaman pertama Google Ads. Kedua, jika Anda belum pernah beriklan maka akan mendapatkan kode promosi dengan kredit Rp. 450.000. Ketiga, klik tombol “MULAI SEKARANG”. Kemudian masukkan alamat email serta URL domain situs web atau blog yang akan diiklankan.

Buat Kampanye Pertama

Langkah selanjutnya yang dilakukan ketika jualan produk untuk monetasi blog yaitu membuat kampanye pertama. Hal tersebut berupa kampanya search dengan fungsi menayangkan iklan teks pada halaman google search.

Maka dari itu, Anda perlu memasukkan beberapa informasi penting. Di antaranya yaitu, biaya atau anggaran iklan perhari, lokasi yang spesifik dan jelas, berikan 15 sampai 20 kata kunci terkait bisnis, tulis isi iklan teks sesuai dengan kebijakan agar tidak ditolak.

Masukkan Informasi Pembayaran

Ketika menjual sebuah produk, tentu Anda harus menyertakan informasi mengenai bagaimana cara melakukan pembayaran. Karena hal akan sangat membantu konsumen saat sedang membeli barang melalui blog atau website.

Jadi sertakan beberapa cara pembayaran seperti melalui kartu kredit atau transfer via ATM, teller, dan internet bangking. Hal tersebut akan membuat proses monetasi blog yang Anda lakukan menjadi lebih mudah.

Demikian beberapa uraian mengenai jualan produk untuk monetasi blog. Bagi Anda yang ingin menghasilkan uang melalui website maka hal di atas dapat dicoba. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa membantu menambah pengetahuan para pembaca, terimakasih.