Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hosting dan Domain, Serta Fungsi dan Tujuan Penggunaannya

 hosting, domain, pengertian, fungsi dan tujuan penggunaannya

Istilah Hosting dan Domain sering kali muncul dalam istilah-istilah berbau internet. Karena memang dua hal tersebut merupakan patokan atau dapat dijadikan sebagai suatu alamat situs website yang tersedia dalam dunia maya. Namun sebelum itu, ketahui dahulu lebih dalam terkait hosting dan domain, pengertian fungsi dan tujuan.


Pengertian Hosting, Fungsi dan Tujuan

Hosting merupakan media untuk menyimpan data baik berbentuk tulisan, gambar atau video. Dapat diartikan bahwa hosting adalah lokasi website. Hal ini dilakukan agar semua orang dapat melihat dan mengaksesnya.

Konten dari hosting sendiri dapat berisi website perusahaan, pribadi, blog, dan lain sebagainya. Ada hosting yang tersedia grtatis dan berbayar, hal ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan website. Lalu apa fungsi dan tujuan hosting?

Hosting memiliki beberapa fungsi dan tujuan utama dalam kedudukannya sebagai salah satu unsur penting dalam keberlangsungan pengelolaan situs website.

Tempat Penyimpanan Data

Fungsi dan tujuan dari hosting utamanya adalah sebagai tempat menyimpan data. Semua jenis file yang di upload melalui website baik berbentuk teks, gambar, video, audio ataupun file lainnya akan tersimpan dalam hosting.

File yang tersimpan dalam hosting nantinya dapat diakses oleh semua orang. Karena tujuan utamanya adalah memberikan informasi atau solusi terhadap orang yang mengakses situs website. Dengan begitu akan membawa timbal balik positif antara kedua pihak.

Alamat Akses Data Website

Tujuan dan fungsi selanjutnya adalah seagai akses DNS yakni sebuah informasi yang mencakup informasi nama host dan domain dalam bentuk data tersebar. Contoh bilamana websitememiliki alamat “situsini.com”. Situs tersebut akan tersebar dengan nama domain yang telah terdaftar ke sebuah DNS.

Meskipun terdaftar di DNS kalau tidak memiliki hosting maka situs tidak akan dapat diakses dan akan muncul pesan error. Terlihat jelas pentingnya memiliki hosting untuk menunjang situs website yang dimiliki.

Menjaga Website Untuk Tetap Online

Tanpa hosting website tidak akan dapat online selama 24 jam. Dalam hal ini kualitas dari layanan hosting sangat dipertimangkan untuk meminimalisir terjadinya gangguan agar server tidak down, ketika hal tersebut terjadi maka akan berakibat buruk.

Peran hosting terlihat sangat penting dalam menjaga keberlangsungan pengelolaan situs website. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah pemilihan layanan penyedia hosting yang berkualitas. 

Hosting terbaik ada disini.

Pengertian Domain, Fungsi dan Tujuannya

Domain merupakan identitas websiteyang berada dalam Internet. Sebuah nama unik sebagai pengenal yang berarti hanya ada satu kepemilikan atas situs tersebut. Tidak ada satu orang pun yang dapat menirukannya sama persis seperti yang dimiliki.

Tujuan utama domain adalah sebagai pengingat. Seperti indhipublisher.com nama tersebut akan menjadi satu-satunya, tidak ada yang dapat menirukannya sama persis. Karena memang begitulah cara kerja domain. Sama halnya seperti hosting, domain juga memiliki fungsi dan tujuan tersendiri sebagai berikut:

Sebagai Alat Penghubung Server

Domain sejatinya merupakan nama ip address komputer memiliki peran untuk menghubungkan server denganclient. Tanpa domain, client harus menghafal baris kode beberapa digit angka, buka dengan susunan huruf atau kata.

Perwakilan Identitas Pemilik Website

Domain memiliki peran penting dalam proses branding. Sehingga hal tersebut tidak dapat disepelekan, karena dapat mencerminkan dari visi dan misi dari bisnis yang dijalankan. Dengan perlu adanya pemikiran matang terkait domain.

Memudahkan Pengguna Mengakses Website

Domain telahmenyediakan akses sederhana untuk pengguna. Nama domain umumnya terdiri dari satu atau beberapa kata unik yang mudah diingat. Domain baik yakni memiliki daya tarik kuat dengan keunikan yang dimiliki.

Setelah memahami hosting dan domain, pengertian fungsi dan tujuan, dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan dua hal yang berbeda namun memiliki peran penting dalam pengelolaan website. Apalagi digunakan untuk kepentingan bisnis, tentunya juga berpengaruh untuk SEO dalam Google.