Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Link Building, Fungsi dan Tujuan Penggunaannya

 pengertian link building, fungsi dan tujuan penggunaannya

Di era seperti sekarang ini masyarakat seolah tidak pernah terlepas dari adanya internet dengan berbagai macam kepentingan, mulai dari berbisnis, membangun relasi, hingga eksistensi diri. Salah satu cara untuk mengakses internet dapat dilakukan melalui Link Building. Namun sebelumnya, ketahui dahulu pengertian link building, fungsi dan tujuan penggunaanya.


Pengertian Link Building

Link building dapat diartikan sebagai suatu strategi untuk memancing agar websitelain memberikan akses menuju laman tertentu, atau biasa disebut backlink dengan alasan partner bisnis ataupun manfaat lainnya. Strategi ini dapat digunakan untuk meningkatkan rank pengunjung setiap harinya.

Namun jika backlink yang diterima berlebihan justru membuat websitesemakin terbenam dalam mesin pencarian. Dengan begitu seleksi terhadap akses link merupakan suatu hal yang penting. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih jenis yang tampil natural, memiliki kesamaan tema, dan berkualitas.

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Link Building

Penggunaan link building merupakan suatu hal yang penting dalam meningkatkan brand image di mata pengguna situs website. Dengan begitu akan menambah rasa penasaran untuk mengunjungi situs yang dimiliki. Berikut adalah fungsi link building secara umum :

Membangun Otoritas Situs

Ketika situs yang dimiliki mendapatkan backlink dari situs popular, secara otomatis hal tersebut akan menjadi pendongkrak rank SEO. Dengan begitu audience akan berpikir bahwa, website tersebut merupakan situs yang sangat bermanfaat .

Secara tidak langsung penilaian audience akan positif terkait konten yang diusung oleh website. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena backlinkyang muncul dalam Google akan terlihat natural. Sehingga akses terhadap situs pun semakin mudah.

Lalu Lintas Referal

Hal yang perlu diketahui adalah tidak semua lalu lintas situs website berasal dari mesin pencari. Lalu lintas arahan memiliki peran penting dalam memancing link yang Anda miliki agar sampai kepada target audience.

Cara kerja lalu lintas referal yaknim bila satu situs website yang popular dan berkualitas memiliki backlink, maka akan mengarahkan audience untuk berkunjung. Hal ini seperti tampilan pada beberapa situs yang saling berkait antara satu dengan lainnya.


Directory dan Sumber Daya Link Jangka Panjang

Sumber bigdata seluruh dunia dapat dikatakan adalah internet, karena mayoritas masyarakat menyimpan data melalui di sana karena dinilai lebih simpel dan praktis. Mereka pun mempercayakan hal tersebut karena media online merupakan akar dari sumber informasi.

Ketika seseorang mendapatkan backlink dari situs yang berkualitas dan popular, akan membentuk directory dan sumber daya lain. Hal ini mampu mengarahkan lalu lintas situs website yang tepat dalam situs. Bahkan, tidak terbatas pada waktu dan dapat dimiliki secara bertahun-tahun.

Membentuk Hubungan Baru

Hubungan baru akan terbentuk ketika audience mendapati sumber dari konten yang mereka kunjungi. Hal ini merupakan kesempatan baik bagi pemilik website, karena biasanya audience akan penasaran dan mencari tahu seputar profil dari sumber konten tersebut.

Dengan begitu, sangat memungkinkan bagi audience untuk bergabung dengan media sosial maupun newsletter website. Hal sederhana tersebut akan membentuk suatu hubungan sehingga nantinya audiencedengan penyedia situs untuk meningkatkan peformanya.

Pengakuan Atas Sebuah Brand

Ketika audience membaca konten secara onlinedengan mudah audience akan mengidentifikasikan link yang terkait. Dengan begitu, peluang untuk menarik audience ke situs yang dimiliki terbuka lebar karena biasanya audience akan mengasosiasikan situs-situs tertentu.

Link Building merupakan suau hal yang akan meningkatkan posisi situs website, namun jangan sampai salah meskipun begitu evaluasi terhadap kualitas kerja dan konten lebih utama dibandingkan hal tersebut. keduanya haru berjalan seimbang agar kualitas tidak hanya menjadi sebatas alas popularitas.

Demikian ulasan terkait pengertian link building, fungsi dan tujuan penggunaanya. Semoga bermanfaat.