Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Blogger atau Wordpress? Simak Ulasan Berikut Ini

 pilih blogger atau wordpress, ini ulasannya

Sering kali seseorang memanfaatkan blog untuk menyimpan sebuah karya, pengalaman pribadi ataupun hal lain.A beberapa platformfavorit yang dapat digunakan sebagai alternatif pilihan yakni Blogger dan WordPress. Lantas di antara Blogger dan WordPress, mending mana?


Blogger dan Wordpress, Pilih Mana?

Ketika mendengar tentang WordPress dan Blogger kesan pertama yang muncul yakni, sebuah platform yang banyak dicari. Keduanya merupakansesuatu yang berbeda jika dilihat dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Blogger merupakan platform yang dikembangkan oleh Google. Sementara WordPress dikenal sebagai platform yang menguasai pasar Sistem Manajemen Konten (CMS). Oleh karena itu, keduanya pun juga memiliki perbedaan seperti berikut:

Sisi Kemudahan Akses

Poin pertama yang dapat dilakukan untuk membuat situs blog di Blogger adalah dengan membuat akun. Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan akun Google kemudian akan muncul beberapa menu dan pilih menu create new blog.

Sedangkan dalam WordPress terdapat beraneka macam fitur yang beraneka ragam sehingga memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa Blogger memiliki titik unggul dalam segi kemudahan akses.

Manajemen Situs

Dilihat dari segi manajemen situs WordPress memiliki sisi keunggulan, karena dalam sistem pengelolaan blog memerlukan beberapa pengaturan yang beraneka ragam. Sehingga nantinya tampilan serta SEO dapat diatur sedemikian rupa.

Sementara dalam Blogger pun format tampilan juga dapat disesuaikan, namun untuk pengaturan SEO memerlukan bantuan dari Google Adsense. Sehingga ketika situs blog akan dirubah untuk kepentingan bisnis sedikit ribet.

Performa

Ketika membahas performa Blogger memiliki nilai unggul, karena platform ini di dukungan oleh Google. Desainnya yang simple membuat waktu loading yang diperlukan untuk mengakses situs tidak cukup lama.

Berbeda dengan WordPress, meskipun memiliki waktu loading cepat namun harus memiliki track record terbaik agar performa tidak melemah. Di sisi lain, pengelolaan terhadap situs blog harus dilakukan secara mandiri tanpa bantuan dari Google.

Keamanan

Platform Blogger telah memiliki sistem keamanan yang unggul dibandingkan dengan WordPress karena berada di bawah naungan Google. Meskipun begitu,pengaturan defaultnya tidak dapat diubah-ubah sesuka hati.

Sementara itu pengaturan keamanan WordPress dapat dirubah sesuai selera hanya saja memerlukan bantuan dari plugin keamanan, seperti Sucury Security, namun hal ini dilakukan secara manual.

Kemudahan dalam Kustomisasi

Platform WordPress memiliki keunggulan lebih dalam hal ini karena memiliki beberapa menu kustomisasi baik secara gratis dan berbayar. Dengan ini,seseorang dapat merubah tampilan WordPress secara keseluruhan menyesuaikan tema situs blog itu sendiri.

Sedangkan menu dalam Blogger sangat terbatas sekali, di dalamnya hanya memuat beberapa desain templet simpel. Sebab, tujuan utama penggunaan Blogger adalah memudahkan seorang yang ingin membuat blog termasuk bagi pemula.

Biaya yang Harus dikeluarkan

Blogger dan wordpress sama-sama memiliki sisi gratis, selama kamu menggunakan platform yang mereka sediakan.

Untuk blogger, kamu bisa pakai blogspot.com dan wordpress kamu bisa pakai wordpress.com.

Keduanya tidak mengharuskan kamu mengeluarkan uang sepeserpun. Namun jika ingin mengupgrade agar terlihat lebih profesional, Blogger jauh lebih murah.

Dalam Blogger kamu hanya perlu membeli domain dengan ekstensi apapun tanpa harus memperhitungkan hosting seperti wordpress. Biaya domain sendiri pun cukup variatif, mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 3.000.000, bahkan bisa lebih. Namun kamu hanya cukup cari sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

Sedangkan wordpress, selain domain kamu juga harus menyediakan hosting yang biaya berlangganannya sangat bervariatif, bisa mulai dari Rp 250.000 s/d 1 jutaan untuk berlangganan dalam setahun.

Biaya tersebut sesuai dengan penyedia hosting, dan masing-masing provider hosting menawarkan ragam fitur dan harga yang berbeda.

Kelebihan Blogger dan Wordpress

Blogger dan WordPress, mending mana? Di antara keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang dapat dijadikan patokan bagi Blogger untuk menentukan pemilihan terbaik. Hal tersebut dikarenakan semua orang memiliki selera dan kepentingan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, ketahui beberapa kelebihannya masing-masing. Blogger memungkinkan seseorang untuk membuat dan mengelola blog secara mudah dan cepat. Umumnya memiliki performa dan tingkat keamanan yang baik karena mendapat dukungan dari Google.

Sedangkan WordPress merupakan platform yang memberikan kontrol penuh terhadap performa dan pengaturan keamanan website.Bahkan, paling mudah di kustomisasikan dan dapat digunakan untuk berbagai jenis website.

Dari beberapa penjelasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa di antara kedua platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu, Anda pastinya sudah paham dengan jawaban dari Blogger dan WordPress, mending mana?