Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

 kebiasaan orang sukses sebelum tidur

Sukses merupakan impian banyak orang, tak terkecuali kita sebagai anak muda.

Ada banyak hal menarik yang apabila kita ulas dapat meningkatkan motivasi kita untuk mencapai kesuksesan, beberapa diantaranya adalah kebiasaan orang sukses sebelum tidur.

Meski memang tidak memiliki pengaruh langsung pada kesuksesan, tapi kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan dipercaya mampu meningkatkan produktifitas dalam bekerja, yang pada akhirnya bermuara pada kesuksesan.

Berikut adalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses sebelum tidur.


Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

Mematikan Ponsel dan Menjauhinya

Ponsel menjadi bagian penting dalam hidup kita, bahkan saat akan tidur tanpa adanya ponsel disamping kita akn terasa ada yang kurang.

Tapi tahukah anda bahwa orang-orang sukses cenderung menghindari ponsel saat mereka tidur.

Mulai dari menempatkan ponsel jauh dari jangkauannya hingga mematikan ponsel.

Disinyalir aktifitas ponsel yang berada dalam kondisi hidup dapat mempengaruhi kualitas tidur dimana pada saat tidur inilah tubuh melakukan pemeliharaan terbaik untuk diri kita.

Sehingga radiasi ponsel akan dapat mengurangi kualitas tersebut dan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan.

Selain itu, menurunnya kualitas tidur berdampak pada aktifitas keesokan harinya, dimana tingkat produktifitas dapat menurun.

Menulis Pencapaian hari ini

Kegiatan ini akan terasa membosankan bagi siapapun dan menjadi pertanyaan sebagian besar orang, mengapa pencapaian atau kegiatan kita hari ini harus di tulis? Bukankah rencana kegiatan esok hari saja yang cukup ditulis?

Pencapaian atau kegiatan yang telah kita lakukan pada hari ini jika ditulis dengan baik akan memudahkan kita dalam membuat perencanaan kegiatan apa saja yang harus dilakukan esok hari.

Dengan demikian akan membuat kita menjadi lebih efektif dan waktu yang kita gunakan tidak terbuang sia-sia.

Melakukan pencatatan beragam aktifitas kita pada hari ini bisa membuat kita lebih tahu apakah selama sehari penuh tersebut kita telah banyak membuang waktu produktif kita atau tidak.

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Orang jaman dahulu seringkali selepas kegiatan sehari-hari selalu menghabiskan waktu untuk keluarga.

Mulai dari berbincang-bincang seputar topik yang ringan, atau hanya sekedar bercanda.

Ini mungkin terlihat sepele, namun faktanya dengan lebih banyak aktifitas bersama keluarga akan membuat mental kita menjadi lebih sehat, atau biasa dikenal dengan Health Mental.

Kesehatan mental atau kejiwaan yang baik akan membuat kita jauh dari stres, jauh dari penyakit yang mengakibatkan aktifitas kita terganggu.

Sehingga, pencapaian atau target yang telah ditentukan sulit untuk tercapai.

Jika anda sendiri sering mengalami stres akibat pekerjaan atau aktifitas sehari-sehari, luangkan waktu anda 1-2 jam untuk berkumpul dan berbincang bersama keluarga tanpa adanya gangguan smartphone atau media sosial.

Memebuat List Pekerjaan Esok Hari

Membuat daftar rincian aktifitias apa saja yang harus kita lakukan pada keesokan harinya aan membuat fikiran kita menjadi lebih terfokus pada daftar tersebut.

Dengan begini kita akan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak akan dengan mudah waktu kita terbuang untuk hal-hal yang sia-sia.

Orang-orang sukses itu mengutamakan efektifitas dan efisiensi untuk meningkatkan produktifitas kerja mereka.

Dimana salah satunya adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang akan membuat mereka lebih terfokus untuk meneyelesaikan daftar pekerjaan tersebut lebih dulu sebelum mengerjakan yang lain.

Dalam membuat daftar pekerjaan tersebut, harus dilakukan berdasarkan prioritas.

Semisal, pekerjaan dalam nomor urut satu adalah yang paling prioritas karena menyangkut kontrak usaha, atau mungkin pada jam tersebutlah kita hanya bisa bertemu dengan orang yang kita tuju, sehingga tidak bisa digeser dengan waktu yang lain.

Cobalah sekali-kali anda melakukan ini, lalu bandingkan dengan saat anda tidak membuat daftar pekerjaan, mana yang lebih baik dan cepat anda selesaikan.

Meditasi

Meditasi memungkinkan seseorang untuk tetap fokus dalam setiap aktifitasnya, hal ini diakarenakan dengan meditasi jiwa seseorang dapat stabil dan tidak mudah berubah karena kondisi lingkungan.

Perubahan mood atau kecenderungan psikologi dapat berdampak buruk pada pekerjaan atau kreatifitas yang pada akhirnya juga mempengaruhi hasil dari apa yang kita kerjakan.

Meditasi bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti melakukan meditasi bersila, atau berdzikir (bagi muslim), atau bisa juga dengan merilekskan diri dari segala keriuhan urusan dunia.

Pada intinya meditas ditujukan agar jiwa kita menjadi lebih tenang dan stabil.

Orang-orang sukses tersebut juga melakukan hal ini.

Meditasi tidak perlu dilakukan dengan durasi waktu lama apalagi sampai berjam-jam. Cukup dengan beberapa menit sebelum tidur, dan dilakukan secara rutin atau konsisten setiap hari.

Dan rasakan dampak positifnya.

Tidur Lebih Awal

Jika anda berfikir bahwa orang-orang sukses tidur lebih awal seperti yang kita lakukan dengan tidur jam 7 atau 8 malam, maka anda salah total.

Yang dimaksud disini adalah tidur lebih cepat ketika semua urusan pada hari itu telah usai.

Jika pekerjaan baru selesai pukul 10 malam, maka mereka dengan cepat untuk membersihkan diri dan sesegera tidur.

Tidak banyak bermain dengan smartphone apalagi media sosial sebagaimana yang sering kita lakukan.

Hal ini bertujuan agar kualitas tidur mereka terjaga, dan dapat dengan cepat bangun lebih awal.

Tidur dengan kualitas baik meski hanay 2-3 jam saja sudah cukup untuk kembali memulai aktifitas selanjutnya.

Jika anda tidak begitu percaya dengan hal ini, maka cobalah sesekali setelah urusan hari itu selesai, anda segera membersihkan diri, matikan ponsel dan jauhkan dari jangkauan, matikan lampu kamar, rilekskan diri beberapa menit, lalu tidurlah dengan nyenyak.

Lalu bandingkan dengan dengan hari-hari sebelumnya.

Sebagai informasi saja, berikut daftar orang sukses dengan jam tidur dalam satu hari
  • Marissa Mayer ( CEO Yahoo ) tidur hanya 4-6 jam dalam sehari
  • Barrack Obama ( Mantan Presiden AS ) tidur hanya 5-6 jam
  • Eiichiro Oda ( Penulis dan Pencipta Anime One Piece ) tidur hanya 2-4 jam sehari
  • Bill Gates ( Pendiri Microsoft ) tidur hanya 7 Jam
  • Donald Trump ( Presiden AS ) ia hanya tidur selama 4 jam.
Kebiasaan tidur seperti diatas tidak harus menjadi acuan untuk sukses, namun tidur dengan kualitas baik adalah standar yang harus dimiliki untuk tetap produktif sehingga kesuksesan dapat diraih dengan cepat.