Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hard Skill Ini Harus Kamu Miliki Untuk Menunjang Perkembangan Karirmu

hard skill yang wajib kamu miliki untuk menunjang karir

Bagi kamu yang saat ini berjuang mengembangkan karir, progres jabatan dan penghargaan di perusahaan adalah salah satu prioritasmu. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa hard skill yang tidak boleh anda lupakan yang bisa menunjang karirmu.

Beberapa hard skill ini sudah menjadi hal wajib sebagai persyaratan rekrutmen pegawai baru di berbagai bidang, namun sebagian lainnya hanya di wajibkan pada bidang tertentu.

Untuk itu, jika kamu ingin karirmu naik dengan lancar, maka hard skill berikut ini harus kamu kuasai.


Hard Skill Untuk Menunjang Karir

Berikut daftar Hard Skill yang wajib kamu miliki untuk menujang perkembangan karirmu saat ini atau di masa yang akan datang.

Menguasai Ilmu Komputer

Saat ini hampir disetiap bidang dalam pola rekrutmen selalu mencantumkan "menguasai Ms Word dan Excel" yang mana ini merupakan pertanda bahwa kemampuan dasar tersebut sudah menjadi syarat wajib bagi setiap pelamar kerja.

Untuk itu, asah kemampuan anda dalam kedua bidang tersebut, alih-alih bisa juga untuk program lainnya yang mampu menunjang karir anda.

Jika anda memiliki keahlian yang cukup langka di perusahaan anda bekerja, percayalah anda akan dicari atasan anda atau atasan bidang lain untuk membantu pekerjaan mereka. Dengan begitu, anda akan memiliki nilai tambah dibanding karyawan lain yang memiliki jabatan setara dengan anda.

Keahlian berbeda yang diperlukan dalam sebuah perusahaan (apalagi keahlian ini jarang ada yang menguasai terutama di perusahaan tersebut), nama anda akan dengan mudah menggema di seluruh kawasan perusahaan tersebut, dan tentu ini bagus untuk menunjang karir anda.

Mampu Mengelola Keuangan

Kemampuan ini memang tidak berhubungan secara langsung dengan pekerjaan anda, namun ketika anda mampu mengelola keuangan pribadi dan menyisihkan sebagian gaji untuk kemudian di investasikan pada diri anda, ini akan berdampak besar pada perjalanan karir.

Investasi pada diri ini bisa berupa mengikuti workshop, belajar keahlian baru, kuliah, dan lain sebagainya. Semakin banyak kemampuan yang anda miliki, maka semakin besar pula peluang karir anda untuk berkembang dengan cepat.

Keterampilan Penelitian

Dalam satu bidang tertentu, seringkali para pelamar pekerjaan diminta untuk menikah dalam tahun pertama. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan menginginkan pada si karyawan baru untuk fokus dalam mempelajari dan memahami sistem pada perusahaan tersebut.

Ketika karyawan baru tersebut mampu memahami sistem, maka ketika ia menikah ia sudah tidak lagi "susah" dalam mempelajari berbagai sistem yang digunakan pada perusahaan.

Tidak hanya pada karyawan baru, anda yang tergolong senior pun harus memiliki penguasaan sistem pada bidang anda, dan tentunya keterampilan penelitian benar-benar anda miliki.

Hal ini bertujuan untuk membuat anda mampu memberikan inovasi pada perusahaan di masa mendatang agar bisnis perusahaan dapat survive dan berkembang lagi.

Menguasai Beberapa Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing saat ini menjadi nilai tambah, terutama anda menguasai beberapa bahasa asing yang digunakan di dalam dunia bisnis. Seperti bahasa inggris, bahsa arab, mandarin, prancis, spanyol dan masih banyak lagi.

Keuntungan pertama jika anda menguasainya, anda akna lebih mudah belajar dan mencari referensi di internet dari beragam modul bahasa, sehingga ilmu yang anda dapatkan jauh lebih luas dibanding mereka yang hanya menguasai bahasa inggris semata.

Yang kedua adalah, ketika perusahaan menjalin kerjasama dengan perusahaan asing (misalkan arab) maka kemampuan bahasa wilayah perusahaan asing tersebut menjadi nilai tambah yang sangat baik dalam melakukan negosiasi bisnis.

Peluang semacam ini jarang dimiliki mayoritas karyawan, namun ketika anda mampu memilikinya, networking anda akan semakin luas dan sudah tentu karir anda kana melejit.

Manajemen Data

Data saat ini memiliki nilai yang sama dengan emas, bahkan cenderung terus menguat dan bahkan berpotensi mengalahkan emas.

Data menjadi penentu perkembangan bisnis sebuah perusahaan. Pengumpulan dan interpretasi data yang benar akan membuat perusahaan menemukan beragam inovasi yang sangat berguna bagi bisnisnya.

Kemampuan ini menjadi sangat penting saat ini, dan anda wajib memilikinya. Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan kolekting dan interpretasi data, hingga menjadi sebuah strategi dalam berbisnis.

Jika anda memiliki kemampuan ini, maka potensi anda untuk dapat berhubungan secara langsung dengan pihak manajemen tingkat atas, menjadi semakin besar, karena anda mampu membaca data dan memberikan informasi yang bagus bagi perkembangan perusahaan.

Kesimpulan

Hard Skill diatas adalah kemampuan yang saat ini sangat berguna bagi karyawan dalam menunjang perkembangan karirnya. Untuk itu anda bisa menguasai beberapa atau seluruh hard skill diatas, sehingga anda kana memiliki nilai tambah yang tidak bisa ditolak oleh atasan anda nantinya.