Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Level Kekayaan Manusia

4 level kekayaan manusia

Tahukah anda bahwa ternyata dalam kehidupan kita ada level kekayaan setiap orang. Level ini membedakan dalam hal jumlah harta dan cara mereka untuk terus bertumbuh naik ke level berikutnya.

Sayangnya pada beberapa level tersebut, sulit untuk keluar dan naik ke level berikutnya, sehingga mereka terjebak dalam pendapatan menengah.

Dimana orang yang berada dalam level tersebut cenderung berkutat dengan hutang atau memenuhi keinginan, sehingga sampai hari tua mereka akan sulit untuk keluar dari wilayah tersebut.

Akan tetapi kabar baiknya adalah dalam artikel ini akan ada tips-tips yang bisa anda terapkan untuk keluar dari leve-level kekayaan yang merugikan anda selamanya.


5 Level Kekayaan Manusia

Bekerja Untuk Mencari Uang

Pada level ini ada banyak orang bahkan mayoritas warga negara Indonesia berada pada level ini, dimana kita bekerja hanya untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, membayar hutang, membayar tagihann dan lain sebagainya.

Tidak ada yang salah dengan level ini, namunn dengan berkutatnya kita hanya pada mencari uang tanpa melakukan sesuatu agar bisa naik kelas, maka selamanya kita akan berada pada level ini.

Tips yang bisa anda lakukan untuk keluar dari level ini adalah
  • Lunasi hutang-hutang anda, terutama hutang konsumtif yang berakibat fatal pada cashflow (aliran uang dari pendapatan pada pengeluaran)
  • Fokus pada peningkatan pendapatan dengan beragam cara yang bisa anda lakukan
  • Buatlah perencanaan keuangan yang baik setiap bulannya, agar pengeluaran anda tidak melebihi dari pendapatan.

Menyisihkan Uang dari Penghasilan

Pada tahap ini anda sudah bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan alias menabung, namun sayangnya anda belum bisa bebas dari pekerjaan dan tuntutan mencari uang.

Hal ini membuat anda tidak mendapatkan uang jika tidak bekerja, sehingga memaksa untuuk mencari uang setiap hari bahkan jauh lebih keras usahanya agar dapat menyisihkan (menabung) lebih banyak lagi.

Kondisi di level ini sudah lebih baik daripada yang pertama, dimana anda sudah bisa merencanakan untuk menjadi lebih baik dalam hal keahlian dan peluang mendapatkan uang lebih banyak.

Tips berikut untuk naik kelas dari level ini yang bisa anda lakukan:
  • Kerja lebih keras agar tabungan semakin banyak
  • Tunda kesenangan, tunda memenuhi keinginan anda
  • Cari passion yang berpeluang menjadi bisnis masa depan anda
  • Mulai rencanakan untuk dana darurat dan asuransi kesehatan anda dan keluarga
  • Perbanyak sumber pendapatan

Menginvestasikan Uang yang Dimiliki

Saat anda mulai memiliki banyak tabungan, mulailah berpikir untuk berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi, mulai dari tanah, properti, obligasi, sampai saham. Sesuaikain dengan profil resiko (potensi kerugian yang bisa anda terima) yang anda miliki.

Dengan menginvestasikan sebagian tabungan anda, diharapkan pada masa mendatang hasilnya mampu memnuhi dan menggantikan peran utama pendapatan anda dalam bekerja, sehingga anda tidaklah perlu lagi untuk bekerja sekeras mungkin seperti saat ini.

Tips naik kelasnya adalah sebagai berikut:
  • Tambah pengetahuan dan dana investasi
  • Jangan mudah kehilangan uang
  • Tunda kesenangan dan memenuhi keinginan
  • Hargai uang yang anda miliki
  • Perbanyak sumber pendapatan

Menggandakan Uang

Ini bukanlah ngepet atau cara haram lainnya, namun dengan memperbanyak investasi uang anda dapat tumbuh berkali lipat dari saat anda memulainya.

Memang butuh waktu, tapi hasilnya akan sangat memuaskan dan membuat anda jauh lebih dari sebelumnya untuk sisi keuangan.

Tips naik kelas:
  • Hasil investasi sebagian besar anda masukan untuk menjadi tambahan modal
  • Mulai lihat peluang bisnis
  • Beli sahma perusahaan profitable untuk disimpan jangka panjang
  • Mulai ciptakan mesin pencetak uang
  • Perbanyak sumber pendapatan

Uang Datang dengan Sendirinya

Pada tahap ini anda sudah tidak perlu lagi memikirkan besok makan apa, cari uang dimana, bagaimana investasi saya, ikut workshop dimana, mau beli ini uangnya ada atau tidak, dan lain sebagainya.

Karena pada tahap ini anda sudah memiliki banyak mesin pencetak uang (bukan dalam arti sebenarnya). Maksudnya adalah anda sudah memiliki banyak perusahaan yang menghasilkan keuntungan untuk anda ambil tanpa harus anda ikut mengurusnya.

Memiliki perusahaan bisa anda lakukan dengan cara membeli saham perusahaan tersebut di Bursa Efek Indonesia (BEI) baik sebagai pemilik mayoritas ataupun minoritas.

Saran terbaiknya adalah beli perusahaan bagus, sehat, profitabel, dan membagikan dividen setiap tahunnya. Sehingga anda sudah bisa memenuhi kebutuhan, keinginan, dana darurat, tabungan hanya dari hasil dividen tersebut.

Maka pada level ini anda sudah berada pada tahap tertinggi, karena dengan sedikit usaha atau bahkan sama sekali tidak pakai usaha, uang sudah secara otomatis mengalir ke kantong pribadi anda.

Untuk mencapai tahap ini, anda harus melewati level-level sebelumnya, perkara butuh berapa lama, setiap orang berbeda-beda.

Untuk itu lakukan yang terbaik, agar anda dengan cepat berada pada posisi yang pas dan terbaik bagi anda dan keluarga.