Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tanda Mental Anda Sedang Lelah

tanda-tanda mental sedang mengalami kelelahan

Tidak hanya fisik, mental seseorang juga dapat mengalami kelelahan. Apabila kondisi ini terjadi, maka motivasinya untuk terus kreatif dan maju akan berkurang secara drastis dan ini sangat mengkhawatirkan.

Kondisi ini biasa terjadi pada siapapun, tidak perduli apakah dia seorang fighter ataupun orang biasa dengan impian yang standar saja, semua bisa mengalaminya.

Mental yang lelah memerlukan pemulihan yang berbeda-beda pada setiap orang, hal ini dikarenakan kondisi psikologis dan lingkungan tempat ia tinggal sangat berpengaruh pada tingkat kesembuhannya.

Untuk itu, jika kamu merasakan tanda-tanda berikut ini, kamu harus segera memotivasi diri sendiri secara masif, karena bisa jadi mental kamu sedang mengalami kelelahan.


Tanda-tanda Mental Sedang Lelah

Ada banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami masalah pada mental / psikologinya, namun berikut ini adalah hal yang paling umum dan mudah untuk dikenali bahwa orang tersebut sedang mengalami mental yang lelah.

Emosi Tidak Stabil

Pada dasarnya saat kondisi mental seseorang lelah, maka emosinya cenderung tidak stabil, bahkan meski itu hanya sekedar gurauan, mereka bisa meresponnya berbeda, seperti marah.

Seseorang yang mudah sekali marah dan ini merupakan diluar kebiasaannya, menandakan bahwa dirinya sedang kelelahan dan membutuhkan support dan motivasi dari lingkungan sekitar untuk sekedar menyembuhkan kelelahan tersebut.

Kurang Bersemangat Melakukan Apa Yang Ia Sukai

Jarang sekali ditemukan pada orang yang dalam kondisi sehat malas untuk beraktifitas yang paling ia sukai. Karena biasanya mereka tanpa memperdulikan yang lainnya bahkan tanpa ada perintahpun mereka akan melakukan apa yang disukainya.

Anehnya, jika kondisi ini berbanding terbalik dimana orang tersebut malas untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang ia gemari selama ini, bisa dipastikan motivasinya sedang turun. Ia kelelahan.

Penyebabnya pun bermacam-macam, sehingga ketika ada saudara, teman, atau kerabat anda yang mengalami hal demikian, anda harus segera tahu bahwa ia sedang dalam masalah.

Mentalnya sedang kelelahan, dan membutuhkan dukungan dari orang sekitarnya serta membutuhkan waktu lebih untuk memulihkan diri.

Cemas

Sama seperti hal nya emosi yang tidak stabil, orang yang sedang mengalami masalah pada mentalnya cenderung untuk cemas terhadap sesuatu yang biasa saja.

Kecemasan yang timbul itu tidak biasa, dan terkadang sikap terlalu cemas sangat menonjol.

Kecemasan yang timbul tanpa ada alasan yang jelas, cukup membahayakan aktifitas sosial. Hal ini dikarenakan emosi yang tidak stabil dan dapat mengganggu produktifitas orang itu sendiri.

Sulit Tidur

Sulit tidur merupakan tanda yang paling mudah ditemui pada orang-orang yang sedang dalam masalah pada mentalnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya rasa cemas, emosi yang tidak stabil sehingga dapat mengganggu kehidupan anda.

Anda harus bisa mengatasi kecemasan tersebut agar tidak berlarut-larut sehingga anda bisa kembali lagi seperti semula.

Mudah Bersedih

Tanpa ada sebab anda tiba-tiba bersedih bahkan ada juga yang sampai menangis, ketika ditanya mengapa menangis, mereka tidak tahu penyebabnya, pokoknya pengen nangis gitu aja.

Emosi yang tidak stabil ini bisa berubah-ubah, tergantung mood orang tersebut.

Maka keadaan mudah marah, cemas yang berlebihan dan kadang berubah mudah bersedih bisa saja terjadi dalam rentang waktu yang singkat.

Ini adalah tanda-tanda emosi anda benar-benar kelelahan sehingga menjadi tidak stabil.

Kehilangan Empati

Ada juga tanda saat seseorang mengalami kelelahan emosi, ia kehilangan empati atau mati rasa.

Tidak ada kesedihan, kesenangan, kekhawatirann atau emosi-emosi lainnya seperti normalnya manusia. Jika kondisi ini berlanjut, ia akan menjadi orang yang tidak peduli dengan lingkungannya.

Untuk itu ketika anda mulai merasakan hal demikian, segeralah ubah mood anda, jika merasa tidak bersedih padahal momennya adalah kesedihan, paksa diri anda untuk turut bersedih, meski itu kesedihan palsu.

Saat waktunya bahagia namun anda malah tidak merasakan bahagia, paksa untuk tertawa, tersenyum, bahkan menyampaikan kalau anda turut bahagia, meskipun sebenarnya anda tidak merasakan apapun.

Hal ini bertujuan untuk melawan mati rasa tersebut dan menumbuhkan kembali benih-benih emosi sehingga anda bisa memiliki emosi tersebut secara normal.

Saat anda mulai merasakan tanda-tanda seperti diatas, mulailah mencari sesuatu yang bisa membangkitkan motivasi anda. Misal dengan berkumpul bersama teman-teman, berbincang dengan keluarga, pergi memancing bersama, atau sekedar bermain bola bersama anak.

Mental yang sedang lelah tidak hanya merugikan anda tapi juga orang-orang yang ada disekitar. Tentu ini bukanlah berita baik, namun bukan berarti anda tidak bisa menanganinya sendiri.

Luangkan waktu untukk quality time, bermeditasi, itu adalah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mental yang sedang lelah.