Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asuransi Mobil All Risk dan TLO

pengertian asuransi mobil all risk dan tlo

Bagi anda yang memiliki mobil dan mengingingkan agar tetap terjaga kondisinya, anda wajib memiliki asuransi mobil. Asuransi ini tidak hanya memberikan perlindungan pad amobil kesayangan anda, namun juga memberikan kenyamanann pada anda sehingga tidak lagi khawatir jika suatu saat terjadi kerusakan padanya.

Bagi sebagian orang, asuransi mobil tidak begitu diperlukan, namun jika mobil anda tergolong mobil mahal, maka asurans ini sangat berguna. Hal ini dikarenakan apabila terjadi kerusakan dimana biaya untuk perbaikan tergolong besar karena status mobil tersebut, maka pihak asuransilah yang akan melakukan perbaikan dan penggantian.

Sehingga anda tidak lagi harus mergoh kocek lebih dalam untuk perbaikan mobil tersebut. Berikut adalah pengertian tentang asuransi mobil dan jenis-jenisnya yang harus anda ketahui sebelum mendaftarkan mobil pada perusahaan asuransi.

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan layanan perlindungan yang diberikan oleh sebuah perusahaan asuransi kepada mobil yang anda miliki, dimana asuransi ini mencakup pada perlindungan mobil seperti kecelakaan, kebakaran, bencana alam, kerusakan, hingga karena adanya kerusuhan.

Asuransi ini sangat diperlukan bagi anda yang menginginkan perlindungan pada mobil kesayangan atau mobil operasional perusahaan anda. Untuk jenis-jenis asuransi mobil sendiri ada dua, yaitu :

Asuransi Mobil All Risk

Merupakan layanan asuransi yang memberikan perlindungan secara penuh pada mobil anda. Layanan ini sangat cocok untuk mobil dengan harga mahal dan frekuenesi pemakaian yang tinggi, karena sudah pasti biaya perbaikan dan penggantian sparepart nya mahal.

Asuransi jenis ini akan mengcover seluruh biaya perbaikan mobil baik itu kerusakan ringan, sedang hingga berat. Namun dikarenakan perlindungannya yang menyeluruh, maka tidaklah heran jika asuransi jenis ini tergolong mahal untuk pembiayaannya.

Perlu diketahui, pada asuransi jenis ini tidaklah bisa mengcover seluruh kerusakan mobil yang diakibatkan oleh semua sebab. Beberapa jenis penyebab asuransi All Risk tidak dapat mengcovernya secara umum adalah karena banjir, gempa bumi, sabotase, terorisme, dan bencana alam.

Namun penyebab-penyebab tersebut masih bisa masuk ke dalam asuransi all risk dengan syarat dimasukkan sebagai tambahan perluasan perlindungan yang mengakibatkan biaya asuransi mengalami pertambahan dan semakin mahal.

Asuransi Mobil TLO atau Total Loss Only

Sebagaimana artinya, asuransi jenis ini hanya mengcover jika terjadi kerusakan yang mengakibatkan mobil tidak lagi dapat berfungsi atau disebabkan adanya kehilangan.

Berbeda dengan all risk, asuransi TLO memberikan pembatasan klaim, dimana jika terjadi kerusakan yang berada diatas 75%, maka biaya perbaikan akan diganti oleh pihak asuransi, jika ternyata tingkat kerusakan berada dibawah level tersebut, maka biaya perbaikan tidak dapat diklaim pada pihak asuransi.

Pihak asuransi menetapkan prosesntase kerusakan tersebut karena kendaraan yang mengalami kerusakan diats 75% dianggap sudah tidak dapat lagi digunakan sebagaimana mestinya.

Klaim bisa dilakukan jika kendaraan mengalami kerusakan diatas 75% atau kehilangan karena pencurian atau karena perampasan.

Kesimpulan

Meski tergolong mahal untuk pembiayaannya, asuransi All Risk sangat cocok bagi kendaraan yang memiliki frekuensi pemakaian yang tinggi, seperti kendaraan operasional kantor, mobil rental dan lain-lain.

Hal ini karena potensi mengalami kerusakan baik ringan, sedang bahkan berat sangatlah tinggi, maka asuransi yang sangat tepat adalah All Risk. Karena anda tidak akan lagi dipusingkan adanya pembengkakan biaya perawatan dan perbaikan pada kerusakan mobil.

Sedangkan jika kendaraan anda sering parkir dan memiliki frekuensi pemakaian tergolong rendah, maka asuransi TLO sangat cocok, karena bisa saja tidak mengalami kerusakan namun terjadi pencurian.

Demikian ulasan singkat mengenai asuransi mobil all risk dan TLO, semoga bermanfaat dan membuat anda memiliki tambahan informasi sebelum mengajukan asuransi untuk mobil anda pada perusahaan asuransi pilihan.