Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mapan Sebelum Usia 30 Tahun. Berani Coba?

tips agar mapan sebelum usia 30

Banyak orang yang ingin mapan sebelum usia 30 tahun, namun seirngkali prosesnya tidak mudah dengan beragam lika-liku perjalanan.

Namun tahukah anda, meski jalannya lika-liku tapi nyatanya ada saja orang yang sukses sebelum usia tersebut, dan kebanyakan dari mereka memiliki prinsip-prinsip berikut yang diterapkan dalam kesehariannya.

Mungkin saja ada satu atau dua tips berikut ini yang sulit untuk anda terapkan, namun dengan sedikit paksaan pada diri sendiri, akan bisa menjadi kebiasaan yang bagus dan bisa membawa anda kepada kesuksesan dimasa mendatang.

Prinsip Mapan Sebelum Usia 30 Tahun

Miliki Pekerjaan Sampingan

Anda saat ini sedang bekerja pada satu bidang? tapi peghasilannya pas-pasan? 

Anda wajib memiliki sumber penghasilan lainnya. Apapun bentuknya berapapun jumlahnya anda wajib memiliki sumber tersebut.

Jika dirasa kecil, perbanyak jumlah sumbernya, syaratnya sumber ini tidak mengharuskan anda hadir disetiap waktu.

Anda hanya cukup melakukan satu atau beberapa kali tindakan (biasanya effort diawal berat) dan kemudian anda tinggal maintaine dengan lebih santai.

Pekerjaan sampingan bisa seperti berjualan ikan koi, ternak ayam, blogging, freelance dan masih banyak lagi.

Intinya adalah yang bisa menghasilkan uang dan tidak banyak menghabiskan waktu anda.

Hidup Sederhana, namun Berpenghasilan Besar

Banyak sekali orang yang saat mengalami kenaikan pendapatan gaya hidupnya turut naik atau biasa kita kenal sebagai OKB ( orang kaya baru ).

Memang tidak ada masalah dengan hal itu, namun jika gaya hidupnya kemudian melebihi besarnya pendapatan, maka akan timbul masalah yang besar dikemudian hari.

Dan tipe-tipe seperti ini sulit untuk sukses dalam rentang waktu yang cukup cepat, bahkan cenderung berakibat bangkrut atau kembali miskin.

Jika anda mengalami kenaikan pendapatan, maka upayakan untuk tetap memiliki gaya hidup yang sama. Karena pada dasarnya gaya hidup itu adalah keinginan bukanlah kebutuhan, sehingga ketika keinginan tidak terpenuhi enggak akan jadi masalah.

Berbeda jika kebutuhan yang tidak terpenuhi, maka kehidupan kita sehari-hari akan terganggu. Maka menjalani hidup sederhana tidak akan berdampak buruk pada diri kita maupun penghasilan.

Fokuskan Diri Anda Pada Pendapatan

Anda wajib memfokuskan diri pada peningkatan pendapatan atau penghasilan, bisa dengan meningkatkan keterampilan yang anda miliki atau menambah keahlian baru yang potensial.

Dengan begini, potensi anda untuk mengalami penurunan pendapatan menjadi berkurang, karena anda bisa melakukan banyak hal dengan skill tersebut.

Selain itu, anda wajib untuk meninggalkan atau mengurangi pada gaya hidup yang berpengaruh negatif baik pada kehidupan anda maupun pada pendapatan anda.

Gaya hidup yang tidak sehat, berpotensi mengganggu bahkan merusak sumber pendapatan anda, seperti hura-hura, belanja barang mewah, pola hidup yang tidak sehat dan masih banyak lagi.

Perbanyak Investasi Pada Diri Sendiri

Dengan memperbanyak keahlian, wawasan, jaringan (network) anda akan semakin banyak memiliki peluang.

Jangan ragu untuk sekedar membeli buku, mengikuti workshop, atau mentraktir orang baru meski hanya sekedar secangkir kopi.

Karena bisa jadi berkat secangkir kopi tersebut anda akan mendapatkan network yang luas, peluang bisnis yang baru, komunitas baru, dan sumber pendapatan baru.

Jangan malas untuk meng-Upgrade dirimu dalam banyak hal, karena dengan begitu anda akan siap dengan banyak peluang yang menanti dimasa yang akan datang.

Mulailah Untuk Berinvestasi

Tidak ada salahnya anda mulai melirik instrumen investasi, baik itu investasi di sektor riil seperti properti, tanah maupun instrumen investasi keuangan seperti saham dan obligasi.

Semuanya berpotensi memberikan return yang bagus dalam jangka panjang, tinggal anda menentukan profil risikonya.

Carilah mentor dan kelas pembelajaran yang bagus, dan perdalamilah mana yang paling anda suka dan kuasai.

Serta jangan lupa, cari dan bergabunglah dengan komunitas yang ada.

Sisihkan Sebagian Untuk Sedekah

Sedekah memang bukanlah kewajiban, namun ada sebagian dari harta kita yang menjadi hak orang lain.

Sedekah juga bisa menjadikan harta kita lebih berkah dan bermanfaat, sedekah juga menjadi benih-benih kebaikan yang dengan doa dari mereka bisa menjadikan kita lebih baik.

Tidak harus banyak, namun sedikit dan konsisten adalah yang terbaik. Karena pasti ada doa dan ucapan syukur dari mereka yang kita beri secara ikhlas dan itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan dengan uang.

Doa yang ikhlas adalah yang diterima oleh Allah SWT, terutama dari orang-orang yang teraniaya. Selalu berbuat baiklah meski hanya dengan memberi sepotong roti.

Itulah daftar prinsip-prinsip sederhana namun jika benar-benar dipraktekan akan membawa perubahan yang besar dalam diri anda.

Namun yang harus digaris bawahi adalah tips ini hanya untuk mereka yang usianya belum sampai 30 tahun, lalu bagaimana dengan yang sudah lebih dari itu?

Lakukan saja seperti yang diatas, toh sebenarnya ini hanya untuk memotivasi yang muda-muda saja 😊

Demikian tips mapan sebelum usia 30 tahun plus prinsip-prinsip kehidupan, semoga bermanfaat untuk kita semua.