Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Membeli Rumah Yang Bakal Naik Untuk Para Milenial

tips membeli rumah yang bakal naik

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, terutama mereka yang sudah berkeluarga. Sebagaimana yang kita ketahui rumah adalah surga bagi kita, maka memilih rumah yang tepat adalah hal yang penting agar benar-benar menjadi surga yang nyaman untuk kita tinggal.

Kini pilihan rumah untuk dibeli dari beragam developer sangatlah beragam, mulai dari rumah subsidi, hingga rumah mewah. Semua adalah pilihan yang harus kita buat, kita bisa memilih untuk membeli rumah bersubsidi karena alasan tertentu atau rumah mewah karena ingin dijadikan alat investasi.

Terlepas dari itu, rumah memiliki dua keuntungan jika kita mampu memilikinya. Pertama rumah sebagai tempat tinggal kita sehari-hari yang mampu menjadi tempat beristirahat dan membangun komunikasi dalam rumah tangga untuk mencapai kebahagiaan bersama.

Kedua, rumah adalah alat produktif untuk keuangan kita. Rumah bisa menjadi investasi untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan dan sebagai penghasil uang secara instan dengan cara disewakan kepada pihak lain tanpa kehilangan rumah tersebut dari genggaman kita.

Namun demikian, penting sekali untuk diketahui bahwa tidak setiap rumah yang bakal dibeli mampu mengalami kenaikan harga dalam waktu cepat, sehingga jika kamu ingin membeli rumah dan berharap cepat (dalam kurun waktu 1-5 tahun) harga sudah naik, maka tips berikut dapat berguna sebelum kamu benar-benar membeli rumah.


Tips Membeli Rumah

Ada tiga kriteria utama yang harus diperhatikan saat akan membeli rumah, salah satunya adalah pemilihan lokasi yang tepat. Untuk pemilihan lokasi sendiri anda bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini, namun anda jangan terpaku dengan lokasi saja.

Ada kriteria lain yang tidak wajib namun sangat menunjang dan mampu menjadi nilai tambah bagi rumah yang bakal kita beli nantinya. Untuk itu, berikut adalah tips membeli rumah yang bakal naik untuk para milenial.

Dekat Dengan Jalan TOL/ LRT/ MRT

Siapa yang tidak ingin rumahnya dekat dengan fasilitas tersebut? yang dapat membuat ia mudah untuk beraktifitas tanpa takut terkena macet dan kebosanan di jalanan lainnya.

Ini bukanlah hal wajib, namun dengan dekatnya lokasi dari fasilitas tersebut, maka kita akan dengan mudah menemui beragam aktifitas ekonomi yang jika nantinya berjalan dengan baik akan meningkatkan perekonomian daerah tersebut sehingga secara tidak langsung akan mengerek harga rumah di sekitaran lokasi tersebut.

Bukan Wilayah Rawan Banjir

Sebagus apapun lokasi rumah incaranmu jika merupakan daerah rawan banjir, maka akan sulit sekali harganya naik secara maksimal. Untuk itu penting memastikan bahwa daerah tersebut merupakan bukan daerah rawan banjir.

Banjir merupakan salah satu momok yang dapat merugikan perekonomian, yang mana hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa jadi salah satu yang menghambat harga rumah tidak bisa naik secara optimal.

Kemanan Terjamin

Salah satu poin terpenting dalam pemilihan rumah adalah keamanan. Kemanan ini tidak harus berada dekat dengan kantor kepolisian atau koramil, namun pengelola perumahan tersebut harus sangat memperhatikan kemanana para penghuninya.

Atau jika bukan daerah perumahan, maka anda bisa melakukan survey dengan bertanya pada warga daerah itu terkait keamanan dan kejahatan apa yang sering terjadi disana. Bisa juga anda melakukan survey dengan berselancar di internet, karena untuk daerah yang berada di wilayah perkotaan seringkali terekam tindak kejahatannya oleh internet terutama media sosial yang dimiliki oleh warga.

Pastikan bahwa lingkungan tersebut aman dari tindak kejahatan, entah dengan adanya pemasangan CCTV, kegaitan Pos Kampling atau metode pengamanan tertentu yang bertujuan untuk melindungi warga di lingkungan tersebut.

Fasilitas Tambahan

Ini bukanlah hal wajib, namun jika ada dan dinilai cukup lengkap, fasilitas ini dapat mendongkrak harga naik tinggi.

Hal ini dikarenakan masyarakat akan lebih suka beraktifitas di daerahnya dengan fasilitas yang cukup sesuai dengan keinginan mereka, seperti Gym, Taman, Arena Olahraga, Smart Home atau lain sebagainya.

Dengan begitu, nilai tambah rumah anda menjadi sangat tinggi jika fasilitas tambahan tersebut dinilai cukup lengkap dan memadai.

Kesimpulan

Memilih rumah merupakan hal yang gampang-gampang susah, namun tips diatas bisa menjadi panduan bagi anda sebelum benar-benar membeli rumah.

Keinginan memiliki rumah yang bisa dengan cepat mengalami kenaikan harga  adalah hal yang baik-baik saja, namun ketika proses screening dan pemilihan yang kurang optimal, bakal membuat rumah anda sulit untuk naik harganya.

Demikian artikel singkat mengenai tips membeli rumah yang bakal naik untuk para milenial, semoga bermanfaat.