Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fitur Terbaru Whatsapp Yang Layak Kamu Coba

9 fitur terbaru whatsapp

Siapa yang tidak kenal aplikasi pesan singkat Whatsapp? Kini aplikasi satu ini sudah merajai di seluruh dunia terutama untuk kategori aplikasi pesan singkat. Beberapa applikasi semacamnya pun tidak mampu bersaing seperti telegram, messenger, wechat, BBM, line dan masih banyak lagi.

Berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Whatsapp nampaknya tidak bisa membuat penggunanya tergoda untuk pindah ke lain hati. Seperti dalam pembuatan akun Whatsapp yang cukup hanya mendaftarkan nomor teleponnya saja, hal ini berbanding terbalik dengan beberapa aplikasi messenger pesaing lainnya.

Sebagai pemain besar di industri messenger berbasis aplikasi, Whatsapp terus berupaya memanjakan para penggunanya, dan yang terbaru adalah Whatsapp merilis 8 fitur terbaru yang mana harus kamu coba keunggulannya.

Berikut ini dalah 8 fitur terbaru dari Whatsapp yang layak kamu coba gengs.

8 Fitur Terbaru Whatsapp Yang Harus Kamu Coba

1. Always Mute

Jika kalian yang tergabung dalam banyak grup, sudah tentu smartphone akan terus atau sering berbunyi tanda notifikasi bahwa ada seseorang yang mengirimkan pesan dalam grup tersebut. Dan hal ini membuat tidak sedikit orang menjadi terganggu karena nada deringnya.

Memang sebelum ini Whatsapp telah memberikan fitur berupa Mute Notifikasi hingga satu tahun, namun fitur ini bersifat sementara alias ada jangka waktunya. Sehingga ketika jangka waktu tersebut telah habis, maka kalian harus melakukan setting ulang agar mute notifikasi dapat dijalankan kembali.

Namun kini Whatsapp memberikan alternatif yang lebih baik, dimana mute notifikasi dapat dilakukan untuk selama-lamanya, sampai terserah anda mau balikin lagi notifikasi tersebut untuk kembali berbunyi.

Cara menggunakan fitur Whatsapp Always Mute ini adalah
  • Buka Aplikasi Whatsapp kamu
  • Tekan percakapan grup atau teman kamu beberapa detik
  • Tunggu sampai muncul tanda centang berwarna hijau
  • Setelah itu lihat bagian atas Whatsapp, pilih dan tekan simbol speaker
  • Kemudian tentukan apakah kalian akan mematikan notifikasi selamanya atau pilihan lainnya
  • Dan yang terakhir klik OK
Perlu diketahui, jika dahulu mute notifikasi ini ada fitur sampai 1 tahun, kini pilihan tersebut dihilangkan dan menjadi hanya 8 Jam, 1 minggu dan selalu (always).

2. Video Call Grup Sampai 8 Orang

Jika sebelumnya kita bisa melakukan panggilan video atau Video Call sampai 5 orang, maka pada fitur terbarunya Whatsapp menambah jumlahnya menjadi 8 orang. Tentu ini menjadi kabar baik, apalagi buat kamu yang suka ngerumpi bersama the geng saat lagi sendiri dirumah.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kalian harus mengupdate terlebih dahulu versi Whastappnya di Play Store atau App Store iPhone.

3. Advance Search

Fitur Search atau pencarian memang sudah lama ada di Whatsapp di versi sebelumnya, namun kehadiran fitur Advance Search ini membawa perbedaan yang begitu berarti.

Advance Search akan memudahkan kalian dalam melakukan pencarian file, nama orang, percakapan, video, foto secara lebih mudah.

Karena saat kalian memencet tombol search (bergambar seperti kaca pembesar), maka dibagian bawahnya langsung tersedia jenis-jenis apa saja yang ingin kalian cari. Dan ini tentunya sangat membantu kita dalam mencari pada percakapan yang telah terlewat begitu lama.

Cara menggunakan fitur Advance Search ini adalah
  • Buka aplikasi Whatsapp kalian
  • Pada bagian atas aplikais terdapat simbol kaca pembesar, pilih dan klik
  • Maka secara otomatis dibawah pencarian akan ada beragam fitur jenis apa saja yang ingin dicari
  • Ketika kalian memilih salah satu diantaranya (misal dokumen), maka dibagian bawah pencarian langsung muncul berbagai dokumen yang ada dalam berbagai percakapan. Hal ini akan memudahkan para pengguna yang lupa akan nama file yang ingin ia cari

4. Mode Gelap

Fitur ini memang sangat membantu bagi para pengguna yang banyak menggunakan smartphone dalam aktifitkas keseharian. Sehingga mode gelap dapat membantu mata kita untuk tidak tegang karena paparan sinar pada layar smartphone.

Mode gelap sendiri mulai populer di tahun 2020 yang banyak di aplikasikan pada berbagai aplikasi dan web, dna kini Whatsapp menghadirkannya untuk anda.

5. Storage Manajement

Saat ini fitur storage manajemen memungkinkan kita sebagai pengguna aplikasi menjadi lebih mudah dalam mengatur isi penyimpanan kita, sehingga dapat membuat ruang penyimpanan lebih longgar dan sudah tentu membuat smartphone kita menjadi lebih lancar.

Fitur ini membuat kalian bisa mengetahui file apa saja yang membuat penyimpanan menjadi penuh, dan bisa menentukan apakah file tersebut dihapus atau dibiarkan saja.

Caranya adalah sebagai berikut
  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Pada bagian kanan atas (pojok) ada tiga titik berjejer, klik dan pilih pengaturan
  • Pada menu pengaturan pilih media penyimpanan
  • Nah pada bagian ini anda bisa melilhat secara keseluruhan apa saja isinya dan file apa yang memiliki ukuran besar dan bisa dipertimbangkan untuk dihapus

6. Fitur Pembayaran Whatsapp

Fitur ini sangat revolusioner, dimana aplikasi chating bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai produk. Sayangnya fitur ini belum tersedia di Indonesia, sehingga buat kalian yang penasaran, diharapkan untuk bersabar sementara waktu.

7. Disappearing Messages

Ini adalah fitur yang relatif baru dimana tujuan utamanya adalah membantu kalian menghapus pesan atau chat yang lebih dari 7 hari secara otomatis, sehingga dapat membuat ruang penyimpanan menjadi tetap lega.

Cara menggunakan fitur Disappearing Messages ini adalah
  • Buka Aplikasi Whatsapp
  • Pilih obrolan atau chat yang ingin diaktifkan fitur Disappearing Messages
  • Lalu pada bagian profil (atas) teman chat tersebut dan klik
  • Scroll ke bawah, dan kalian akan menemukan menu pesan sementara dan ada simbol jam beker
  • Klik menu tersebut dan pilih on
  • Maka secara otomatis chat pada obrolan pilihan akan terhapus secara otomatis jika melebih 7 hari

8. Search The Web

Fitur ini dimunculkan sebagai upaya Whatsapp dalam membantu memerangi berita hoaks via aplikasi. Dimana setiap pesan yang di teruskan atau forward secara berkali-kali akan memiliki tanda khusus berupa "forwaded" dan "dua tanda panah".

Apabila kalian menemukan tanda seperti itu, maka yang harus kalian lakukan adalah mengeceknya dengan cara kalian akan menemukan ikon "search" dibagian atas lalu klik.

Fitur itu akan membantu kalian mencari kebenaran dari beritu tersebut berdasarkan kata kunci yang ada di dalamnya.