Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Cek Spesifikasi Laptop dan Komputer Lengkap dan Mudah

cara cek spesifikasi laptop dan komputer

9 Cara Periksa Spesifikasi Laptop dan PC Lengkap dan Mudah

Cara periksa detail laptop ataupun PC sesungguhnya amat gampang dilakukan dan tidak memerlukan waktu lama buat Kalian melihat secara detail komponennya. Akan Tetapi buat orang biasa, pasti melakukan hal seperti ini masih belum mengerti kiatnya dan yang ada bingung.

Buat pengguna biasa, seperti mengetik, melihat video atau kerja ringkas bisa jadi tidak masalah apabila spesifikasi laptopnya tidak betul-betul tinggi. Akan Tetapi lain ceritanya buat pengguna yang kinerjanya berat, seperti desain, gaming, dan lainnya sebagainya. Jelas mesti tahu masalah cek-mengecek spesifikasi laptop ataupun PC.

Cara Cek Spesifikasi Laptop dan PC Paling Mudah

Untuk Kalian yang belum mengerti caranya, tidak perlu khawatir Kalian dapat melihat komponen-komponen laptop atau PC dengan mengikuti pedoman yang sudah aku jelaskan di bawah ini dengan cara detail.

1. Melalui Dus Komponen

Bisa dikatakan jika cara ini sedikit diulas pada situs-situs. Kalian bisa memeriksa langsung pada dus laptopnya. Disana umumnya kedapatan informasi seperti spesifikasi luas layar, RAM, Processor, model VGA, dan kapasitas Harddisk. Dapat dengan jelas, andaikan hanya untuk melihat spek dasarnya.

Sementara buat PC, Kalian dapat juga memeriksa spesifikasinya via dus komponen, semacam :

Dus Processor: Dapat untuk melihat prosesor yang digunakan.

Dus Motherboard: Dapat buat cek model serta spek motherboard. Umumnya sudah tertera informasi.

Dus VGA: Rata-rata terdapat informasi sepek dasar VGA. Misalnya 2GB GDDR5 256bit.

Dus Power Supply: Kalian akan melihat informasi kabel dan juga output power PSU-nya.

Dus Casing: Ada dapat periksa spek melalui dusnya. Seperti support radiator, kapasitas HDD, fan, dan lain sebagainya.

Catatan: Metode ini dapat dilakukan, hanya pada laptop ataupun PC yang beli baru dari tokonya. Atau beli second akan tetapi dusnya masih ada dan komplit.

2. Lewat Komponen

Apabila tidak terdapat kardus, di elemen PC sebetulnya telah terdapat informasi perihal spesifikasi serta tipenya. Cara ini dapat digunakan buat Kalian yang sekalian belajar masalah komponen-komponen PC.

Akan Tetapi, cara ini tidak direkomendasikan buat Kalian pemakai laptop. Karena membongkar pasang laptop mempunyai risiko yang lebih tinggi.

3. Via Pedagang

Kalau Kalian khawatir bongkar sendiri, maka dapat langsung bertanya pada penjualnya. Semestinya pihak penjual tentu mengerti soal spek dasar perangkat.

Cara ini, dapat dipakai pada seorang yang memang tidak malu, sebab langsung datang ke gerai dan menanyakan speknya. Namun Kalian pula bisa membeli lewat seller online, di situ Kalian dapat ngobrol melalui chat.

4. Melalui Properties Computer

Cara berikutnya yang dapat Kalian terapkan buat cek detail laptop ataupun PC ialah lewat Properties dari My Computer/This PC.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama buka File Explorer terlebih dulu.

Setelah Itu klik kanan pada My Computer/This PC.

Berikutnya pilih menu Properties.

Nantinya akan timbul informasi tentang spek processor dan RAM dari peranti yang Kalian gunakan.

5. Melalui Laman About

Cara ini dapat dipakai cuma pada perangkat laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, klik Start terlebih dulu.

Setelah Itu pergi ke menu Settings.

Sesudah Itu masuk ke menu System.

Sehabis itu, Kalian pilih About.

Nantinya akan timbul informasi tentang jenis processor apa yang dipakai pada perangkat Kalian, kemudian jumlah RAM yang digunakan serta informasi lainnya.

6. Melalui DxDiag

Lewat DxDiag dapat dikatakan metode yang paling komplit buat melihat informasi komputer. Untuk menjalankannya, berikut langkah-langkahnya:

Pertama, klik tombol Windows + R.

Setelah Itu ketik DXDIAG pada kolom yang ada.

Sesudah terdapat peringatan, silahkan abaikan saja dengan klik tombol YES.

Nantinya, jendela baru akan terbuka yang memperlihatkan informasi mengenai spesifikasi seperti RAM, processor dan lain sejenisnya.

Bila, Kalian membuka tab Display. Maka akan mendapati jenis VGA dan jumlah memori yang digunakan.

Catatan: Jumlah memori VGA itu ada yang ter-shared dari memori RAM. Maksudnya kapasitas memori yang tampak bisa saja tidak sebetulnya asli.

7. Dengan CPU-Z

Apabila Kalian memperhatikan dengan cara cermat pada poin sebelumnya. Kalian akan memperoleh jika informasi yang timbul cuma tipe processor dan VGA nya saja. Tidak secara detail.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimanakah cara melihatnya secara detail. Tenang saja, Kalian dapat melihat detail model processor dengan menggunakan software CPU-Z.

Dengan memakai software ini, tidak cuma tipe processor saja yang dapat dilihat dengan cara detail. Melainkan informasi lain seperti cache processor, socket, sampai codename dari processor-nya.

8. Via Control Panel

Jika yang telah mengerti, tentu mengerti bila sistem operasi Windows sendiri sebetulnya telah memberikan informasi mengenai spek laptop secara lengkap.

Kalian dapat melihatnya sendiri lewat control panel. Berikut aku beritahu langkah-langkahnya:

Pertama, silahkan klik tanda Start Menu.

Setelah Itu pilih opsi File Explorer. Pada beberapa komputer, opsi ini bisa pula diakses melalui ikon pada Taskbar.

Pada bagian kanan, silahkan cari opsi This PC.

Buat Windows tipe lama, kebanyakan opsi ini akan muncul dengan nama Computer.

Silahkan Kalian klik kanan opsi tersebut, kemudian pilih opsi Properties.

Sesudah itu, informasi akan diperlihatkan semua.

Catatan: Namun sayang, teknik cek spesifikasi laptop dan PC ini, cuma bisa buat melihat RAM, Prosesor, dan versi sistem operasi yang digunakan pada perangkat Kalian. Tetapi, cara ini dapat dipakai buat seluruh sistem Windows dari Windows 7,8, serta 10. 

9. Memanfaatkan HWiNFO

Kalian dapat memakai HWiNFO buat memeriksa spesifikasi laptop ataupun komputer secara menyeluruh. Terlebih aplikasi ini dapat Kalian terapkan untuk memantau keadaan laptop secara real-time.

Untuk memakainya, berikut pedoman yang wajib diikuti:

Pertama download dan install aplikasi HWiNFO terlebih dulu.

Setelah Itu buka aplikasi dan juga klik tombol Run.

Bila terdapat pemberitahuan Sensors-only dan Summary-only pada sisi kanan, silahkan abaikan saja opsi itu.

Pada bagian layar utama, Kalian dapat melihat seluruh komponen laptop secara detail. Mulai dari CPU, GPU, RAM sampai Motherboard.

Silahkan tekan tombol Sensor di sisi kanan atas buat melakukan monitor kondisi laptop Kalian secara real time. 

Search Keyword : cara mengetahui spek laptop, cara melihat spek komputer, cara melihat spesifikasi komputer, cara liat spek laptop, cara cek spek laptop windows 10, cara cek spek laptop, cek spesifikasi laptop, cek spek laptop, cara mengecek spesifikasi laptop, cara cek spek laptop asus, cara melihat spek laptop, cara melihat spesifikasi laptop, cara mengecek spek laptop asus, cek spesifikasi laptop asus, cek spek laptop asus, cara melihat ram laptop, cara melihat spesifikasi laptop asus, cara melihat spek laptop asus, cara melihat spesifikasi laptop windows 10, cara melihat spek laptop windows 10