Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel SEO dan Human Friendly dengan Mudah

cara membuat artikel seo


Salah satu cara agar tulisan di sebuah website atau blog mampu meningkatkan jumlah pengunjung adalah, menulis artikel sesuai dengan kaidah SEO atau Search Engine Optimiation. 

Ada beberapa teknik mengenai konten yang berpengaruh di mesin pencari khususnya Google. Oleh karena itu, pahami dahulu cara membuat artikel SEO dan human friendly.

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO dan Human Friendly?

Sebetulnya, cara membuat artikel SEO dengan kaidah human friendly tidaklah sulit. Terdapat langkah mudah yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Terdapat Keyword yang Jelas pada Judul

Langkah yang pertama sebelum menulis tentunya menentukan kata kunci. Dengan begitu penulis tidak akan keluar dari garis besar pembahasan. Di dalam judul yang dibuat harus mengandung keyword dengan penempatannya bisa di awal, tengah dan akhir paragraf.

Namun jangan sampai jumlahnya berlebihan, karena membuat tulisan tidak bagus. Jangan pernah sekalipun membuat judul sembarangan tanpa memperhatikan aturan. Di samping itu, judul juga merupakan komponen penting bagi Google dalam penentuan topic atau tema tulisan di website.

2. Perhatikan Jumlah Kata

Ada dua jenis pendapat yang berbeda mengenai jumlah kata yang direkomendasikan. Poin yang pertama dengan jumlahnya sekitar 600-800. Sedangkan argumen yang kedua mengisyaratkan sebanyak 2.000 – 10.000 kata. Kedua perspektif di atas sama-sama baik.

Hanya saja terlalu banyak tulisan terkadang membuat jenuh visitor. Alangkah baiknya sebuah artikel terdiri dari 600 – 700 kata. 

Jumlah tersebut sangatlah optimal untuk SEO.Namun ada saran yang menarik, apabila membahas tema yang ringan bisa dengan jumlah seperti di atas, sedangkan jika menjelaskan tema yang mendalam bisa menggunakan perspektif yang kedua.

3. Kurangi Menggunakan Italic, Bold, Underline 

Memang menggunakan menu di atas membantu mesin pencari untuk mengetahui kata-kata penting di sebuah tulisan. Namun apabila berlebihan, tentu akan membuat kualitas artikel menurun. Penulis yang handa hanya bisa mempraktekkan dengan batas yang wajar.

Misalnya untuk istilah asing baru menggunakan Italic. Sebenarnya hal yang simple tapi terkdang seorang writer tidak menerapkan teknik ini. Selain itu, juga meminimalisir pembaca yang kabur akibat tulisan yang dibaca terlihat berantakan.

4. Menggunakan Media (Video, Gambar, Diagram dan Lain-Lain)

Sebuah artikel bisa dikatakan informatif apabila informasi yang disajikan lengkap, dan mampu membuat pengunjung website paham dengan apa yang dimaksud dalam tulisan. Salah satunya adalah menyediakan pelengkap mulai dari images, video, chart, table dan lain – lain.

Bahkan dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa konten yang disertai gambar lebih banyak dikunjungi dan dibaca daripada artikel yang berisi tulisan saja. Hal ini setidaknya mampu membuat pembaca merasa terbantu. Karena dengan media, seseorang langsung meringkas apa tema yang dibicarakan.

5. Gunakan URL yang Jelas dan Ringkas

Sebuah permalink yang baik tentu yang mudah terdeteksi oleh mesin pencari berkaitan dengan tema yang ditulis. Namun, beberapa penulis masih belum paham dengan teknik ini. Sehingga menganggap URL yang panjang itu menarik, padahal jawabannya tentu tidak.

Cukup menggunakan keyword sudah mampu membuat tulisan itu sesuai SEO dan Human Friendly. Penulis pun kini sudah disediakan menu untuk mengedit sesuai dengan yang diinginkan, yaitu menggunakan menu edit. Jika diperhatikan penulis blog yang handal pun memiliki URL yang pendek.

Bisa dikatakan menulis artikel yang bagus sesuai dengan pedoman bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain itu, konten juga diharapkan mampu memberikan nilai yang bermanfaat bagi pembaca. Sehingga tidak jarang penulis masih membutuhkan cara membuat artikel SEO dan human friendly.