Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Age Domain dan Cara Mendapatkannya

pengertian age domain dan cara mendapatkannya

Berkecimpung di dunia SEO kurang komplit tanpa Aged domain sebagai bahan pembelajaran. Apalagi jenis ini juga bisa dijadikan aset dan insvestasi jangka panjang berbagai keperluan bisnis yang powerful. Namun sebelumnya, pahami dahulu tentang pengertian aged domain dan cara mendapatkannya.


Pengertian Aged Domain

Secara harafiah, Aged Domain berarti domain yang sudah berumur. Jenis tersebut setidaknya telah terdftar di resgistrasi atau digunakan selama beberapa tahun. Sedangkan dari perspektif SEO, merupakan sebuah domain yang di masa lalu telah diindeks oleh Google.

Singkatnya, Aged Domain adalah domain yang telah digunakan tapi oleh pemilik terdahulu masa aktifnya sudah tidak diperpanjang lagi. Sehingga, platform tersebut bisa diregistrasi ulang dengan nama Anda.

Mengapa usia domain penting? Karena, domain yang lebih berumur menunjukkan kredibilitasnya. Aged domain menjadi salah satu credit point algoritma mesin pencari dalam menentukan rangking. Di mata mesin pencari, sebuah website menjadi lebih tepercaya seiring bertambahnya usia domain. 


Cara Mendapatkan Aged Domain

Untuk mendapatkan aged domain tak jarang harus merogoh kantong cukup dalam. Harganya sendiri dinilai dari historis baiknya berdasarkan backlink yang berkualitas. Beberapa cara mendapatkannya adalah:


1. Cara Manual

Pengertian aged domain dan cara mendapatkannya secara manual dibutuhkan ketekunan ekstra. Coba mulai dengan melihat website teman yang sekarang sudah tidak produktif lagi. Kemudian, cek di provider domain seperti Rumahweb, Niagahoster, Domainesia atau yang lainnya. 

Jika Anda mengingat domainnya dan setelah di cek ternyata masih tersedia, maka daftarkan ulang domain tersebut. Namun, biasanya hasil yang didapat dari cara ini lebih terkesan seperti fresh domain. Meskipun begitu, kalau Anda beruntung hasilnya masih bisa dikategorikan cukup bagus.

Perlu diingat untuk melihat reputasi offpage domain via Ahfrefs terlebih dahulu sebelum memperpanjang masa aktif. Pastikan kualitas domain tersebut apakah termasuk bagus atau tidak. Setelah itu, baru tentukan langkah apa yang ingin Anda ambil. Beli atau tidak?


2. Beli Blog atau Website Orang Lain

Cara mendapatkan aged domain yang kedua adalah dengan membeli blog atau website orang lain. Anda bisa mengecek Ads.id atau forum jual beli blog di medfia sosial seperti Facebook. Biasanya, ada yang menjual aged domain dan memiliki reputasi cukup baik. 

Alasan orang menjual websitenya tentu beragam, entah karena kepepet atau juga karena hal lain. Untuk meminimalisir resiko terkena penipuan oleh seller tidak bertanggung jawab, Anda bisa transaksi jual beli blog atau website secara rekber dengan perantara pihak ke 3 (Rekber). 

Namun perhatikan juga nama domain, pilihlah yang cukup familiar dan mudah diingat oleh orang atau calon pengunjung Anda. Dengan begitu, jika suatu saat digunakan untuk bisnis maka akan cukup menguntungkan.


3. Menggunakan Website/Layanan Khusus

Menggunakan website layanan khusus merupakan cara mudah atau jalan pintas untuk mendapatkan aged domain berkualitas. Apalagi melihat hasil umum dari layanan ini cukup memenuhi ekspektasi customer. 

Layanan khusus ada yang menggunakan software, namun rata-rata menggunakan website dengan fitur pencarian aged domain seperti domcop.com, moonsy.com, registercompass.org. Biasanya website tersebut akan melakukan data mining yang sudah masuk tahap expired.

Setalah itu, akan ditampilkan profil offpage website tersebut seperti niche, usia domain, jumlah backlink, rating versi Ahrefs dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan Anda untuk mencari yang berkualitas saat memilihnya.

Semoga informasi pengertian aged domain dan cara mendapatkannya di atas bisa membantu mengembangkan SEO. Aged domain bisa dimanfaatkan dengan maksimal jika Anda sering-sering praktik hingga akhirnya terbiasa. Selamat mencoba.