Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bumbu Opor Ayam Instan Terenak

Opor Ayam? hmm... terbayang kelezatannya...

Siapa disini yang suka dengan opor ayam buatan Ibu? saya juga, sudah pasti ngangenin.

Nah untuk bunda yang bingung mau masak opor ayam mau pakai bumbu instan atau buatan sendiri, karena tidak ada waktu, maka saran terbaiknya adalah pakai saja bumbu opor ayam instan.

Jangan khawatir bun, karena sekarang sudah ada banyak sekali merek bumbu opor ayam yang bisa kita pilih.

Tapi apakah semua enak? hmm.....

Belum tentu, karena enak itu sesuai selera masing-masing.

cara-memilih-bumbu-opor-ayam-instan-terenak

Nah,, agar pilihan bumbu opor ayam instannya menjadi sangat lezat, kami ada tips buat bunda-bunda dirumah dalam memilih bumbu opor ayam instan terenak. Jadi cek it out ya....

Cara Memilih Bumbu Opor Ayam

Ada banyak pilihan bumbu opor ayam instan di jaman sekarang, dan siapapun bisa memasak opor ayam untuk orang terkasih atau keluarga.

Nah tips berikut akan sangat membantu bunda dirumah agar bumbu opor ayam instan pilihan bakal sesuai harapan bunda nih...

Pilih Bumbu Instan yang terbuat dari bahan alami

Karena ada banyak sekali merek bumbu opor ayam instan di pasaran, maka kita harus jeli dalam memilih mana bumbu terbaik yang bisa kita jadikan bahan masakan nantinya dirumah.

Salah satunya adalah memeriksa kompposisi merek-merek pilihan bunda nih, apakah bahan-bahan yang dipakainya dari bahan alami atau tidak.

Sama seperti bumbu opor ayam buatan sendiri, bumbu instan ini juga berasal dari rempah-rempah pilihan.

Rempah-rempah tersebut seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, pala, jahe, kunyit, lengkuas, jinten dan lain-lain.

Disamping itu ada juga bahan tambahan bumbunya agar citarasa masakan menjadi lebih sedap yaitu gula, garam, atau gula merah.

Tidak lupa juga ada bahan tambahan lainnya seperti penggunaan zat aditif berupa MSG atau biasa kita kenal sebagai Micin atau Vetsin.

Penambahan MSG semata-mata hanya untuk memperkuat dan menambah citrasa opor untuk menjadi lebih lezat sehingga menjadi lebih enak ketika opor ayam buatan bunda disantap oleh keluarga.

Pahami Bentuk Bumbu yang Dipilih

Pada dasarnya bentuk bumbu opor ayam instan itu ada dua jenis yakni pasta dan serbuk (bubuk).

Bumbu yang berbentuk pasta ini seperti buatan sendiri dan tidak perlu ditambah minyak goreng karena biasanya sudah ada bersama dengan pasta tersebut. Sehingga bumbu tersebut bisa langsung ditumis kemudian dimasak bersama bahan-bahan masakan lainnya.

Sedangkan bumbu yang berbentuk bubuk memiliki kelebihan lebih awaet dibandingkan dengan yang berbentuk pasta, sehingga bunda tidak perlu khawatir akan masa expirednya, karena bumbu yang berbentuk bubuk jauh lebih lama dibandingkan dengan bumbu berbentuk pasta.

Pilih yang sudah ada santannya atau tidak

Tidak semua bumbu opor ayam instan disertakan dengan santan, sehingga membuat bunda harus menyiapkan santan untuk kuah opor ayamnya nanti.

Namun karena santannya kita sediakan sendiri, maka tingkat kekentalan kuahnya nanti akan sangat variatif sesuai selera bunda dan keluarga.

Perhatikan Takaran Per Sajian

Jika bunda jeli, maka bunda akan membaca bagian takaran penyajian. Bagian ini sangat penting karenan akan sangat berpengaruh pada citarasa opor ayam buatan bunda nantinya.

Maka dari itu membuat takaran masakan yang pas adalah keharusan dan bunda wajib memastikan untuk setiap bungkus bumbu opor ayam instan pilihan bunda bisa disajikan maksimal untuk berapa orang.

10 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Instan Pilihan Bunda

Berikut adalah daftar 10 rekomendasi bumbu opor ayam instan terenak yang bisa bunda jadikan pilihan nantinya
  1. Munik Opor Ayam (65 gr)
  2. Nafisa Bumbu Instan Opor Ayam (30 gr)
  3. Desaku Bubuk Opor
  4. Sajiku Bumbu Opor
  5. Sasa Bumbu Opor
  6. Mamasuka Bumbu Opor
  7. Indofood Bumbu Opor Ayam (45 gr)
  8. Bango Opor Ayam Khas Cepu
  9. Bamboe Opor 
  10. Cap Ibu Bumbu Opor
Demikianlah tips memilih bumbu opor ayam instan  terenak yang bisa bunda pilih-pilih nantinya untuk sajian keluarga dan saat leabran nantinya, dan tidak lupa 10 rekomendasi bumbu opor ayam instan pilihan.