Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Mesin Cuci Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak sekali produk-produk mesin cuci yang menawarkan beragam fitur menarik dan terkesan sangat mantap untuk dimiliki. Namun seringkali kita lupa bahwa pada dasarnya memilih mesin cuci haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan itu sendiri.

Pada umumnya, ketika kita memiliki budget yang banyak maka kita akan memilih mesin cuci yang mahal dan terkesan mewah. Namun tahukah anda bahwa tidak setiap mesin cuci mahal dapat memenuhi kebutuhan dasar mencuci itu sendiri.

Cara Memilih Mesin Cuci Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Berikut adalah tips memilih mesin cuci terbaik untuk anda agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya.
 

Cara Memilih Mesin Cuci Terbaik

Pilih Mesin Cuci Berdasarkan Jenisnya

Pada dasarnya mesin cuci terbagi kedalam tiga jenis, yaitu :
  • Top Loading
  • Front Loading
  • Dua Tabung
Top loading merupakan tipe mesin cuci dengan lubang masukkan diatas mesin. Sehingga mesin cuci ini tergolong standar. Namun keuntungan terbesarnya adalah mampu merontokan kotoran pada pakaian secara optimal.
 
Berbeda dengan Top Loading, Front Loading adalah tipe mesin cuci dengan lubang masuk pakaian berada disamping bagian depan. Mesin cuci tipe ini terkesan mewah karena bentuk dan desainnya yang begitu ergonomis dan elegant.
 
Keunggulan dari mesin cuci tipe ini adalah ia mampu mengeringkan pakaian secara optimal dan hemat akan penggunaan air. Kekurangannya adalah kurang optimal dalam menghilangkan kotoran membandel.

Tipe ketiga adalah mesin cuci dua tabung. Mesin cuci tipe ini sangat pas untuk anda yang sering beraktifitas di luar  ruangan. hal ini dikarenakan mesin cuci tipe dua tabung ini mampu merontokkan kotoran membandel.

Keunggulan lainnya adalah karena memiliki dua tabung dengan tujuan berbeda, maka proses pengeringan dan pencucian dapat dilakukan pada waktu yang sama. 

Kekurangan mesin cuci tipe ini adalah ukurannya yang besar alias bongsor, sehingga memakan ruang atau space yang cukup banyak. Selain itu penggunaan air pada saat proses pencucian sangat banyak dibandingkan dengan dua tipe mesin cuci sebelumnya.

Pahami Fungsi Dasar Mesin Cuci

Jika anggota keluarga anda terbilang sedikit, maka mesin cuci dengan kapasitas sedang sudah cukup. Namun jika ternyata anggota keluarga banyak dan memerlukan mesin cuci dengan kapasitas jumbo, sehingga anda harus mempertimbangkan kapasitas mesin cuci sebelum membelinya.

Disisi lain, anda juga harus mempertimbangkan ukuran mesin cuci. karena ada mesin cuci dengan ukuran compact tapi juga ada mesin cuci dengan ukuran besar atau bongsor.

Sehingga memastikan lokasi calon penempatan mesin cuci tersebut adalah penting dan harus diperkirakan bahwa lokasi tersebut cukup untuk menampung mesin cuci dan terdapat sedikit space kanan, kiri, dan belakang mesin cuci.

Jika anda cenderung memisahkan jenis dan warna pakaian, maka mesin cuci dengan kapasitas 6 Kg dirasa sudah cukup. Kemudian juga perlu dipertimbangkan kain seperti handuk, sprei, bad cover yang mungkin saja dicuci menggunakan mesin cuci tersebut. Sehingga masa pakai mesin cuci juga dapat bertahan lama.

Pahami fitur pada mesin cuci, terutama soal kebisingan suaranya. Jika mesin cuci ditempatkan di luar ruangan, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah.

Namun bagaimana jika ternyata lokasi penempatannya adalah indoor alias didalam rumah?

Untuk itu penting kiranya memastikan tingkat kebisingan agar ketika nantinya diletakkan di dalam rumah tidak begitu mengganggu, terutama mengganggu saat si kecil sedang tertidur pulas.

Kemudian, agar penggunaan daya listrik tetap hemat, sebaiknya bunda memilih mesin cuci yang disertakan teknologi inverter. Karena teknologi inverter ini dapat menghemat konsumsi daya listrik di rumah.

Pahami Fitur Tambahan Lainnya

Setiap mesin cuci yang ditawarkan sudah tentu memiliki fitur tambahan. Nah fitur tambahan inilah yang dijadikan para produsen untuk menarik calon customer.

Sebagai customer, anda wajib memahami setiap fitur yang ditawarkan dengan kebutuhan anda sendiri. Jangan sampai fitur yang anda dapatkan tidak bisa digunakan semaksimalnya.

Pilih juga mesin cuci dengan keahlian pembersihan yang spesifik. Seperti ada mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur penggunaan air panas untuk memaksimalkan kinerja deterjen.

Kemudian anda bisa juga memilih mesin cuci yang memiliki fitur pembersih tabung otomatis. Sehingga dengan fitur ini anda tidak perlu lagi repot-repot membersihkan tabung mesin cuci dari residu deterjen atau kotoran dan bakteri serta jamur.

Selanjutnya, pilihlah mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur Time Delay. Fitur ini mampu membuat anda mengatur kapan waktu selesainya pencucian pakaian. Misalkan anda ingin mengatur waktu pencucian selesai seusai anda selesai bekerja.

Kegunaan lainnya dari time delay adalah untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan bau akibat dari penumpukan cucian di dalam mesin cuci.

Kesimpulan

Demikianlah cara memilih mesin cuci terbaik dengan berbagai fitur yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan dan lokasi dirumah, sehingga penggunaanya dapat optimal.