Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Pajak PPnBM dan Daftar Mobil yang Mendapatkan Tarif Pajak PPnBM 0%

Pengertian Pajak PPnBM dan tarif Perhitungan Serta Jenis Mobil yang Mendapatkannya

Pajak PPnBm sedang menjadi sorotan khalayak sesudah pemerintahan mendiskon pajak untuk pembelian mobil baru. PPnBM ialah kepanjangan dari Pajak Pemasaran atas Barang Eksklusif.

Pajak barang eksklusif PPnBM yaitu pungutan tambahan sesudah atau dari sisi Pajak Bertambahnya Nilai atau PPN ( PPN dan PPnBM). Itu penyebabnya, dalam artian PPnBM, pajak ini bukan pajak yang bisa dikreditkan seperti yang berjalan pada pajak PPN.

Mengarah pada Pasal 8 UU Nomor 42 Tahun 2009, tarif PPnBM yang terendah diputuskan sejumlah 10 % dan tertinggi 200 %.

definisi-pajak-ppnbm-dan-daftar-mobil

Bila pajak PPN diambil pada tiap baris transaksi bisnis alias dikenai pada tiap bertambahnya nilai dari barang atau dagang (tiap transaksi bisnis), karena itu pajak PPnBM maknanya pajak yang cuman diambil sekali saja.

Tarif PPnBM dikenai yaitu di saat import barang terkena pajak (BKP) yang terhitung eksklusif ataupun waktu penyerahan BKP eksklusif yang dilaksanakan oleh pebisnis yang disebut produsen atau pabrikasi dalam negeri dari BKP yang termasuk eksklusif itu.

Ketidaksamaan yang lain, PPN ialah pajak tidak langsung karena langsung dipotong saat transaksi bisnis dan dijamin oleh customer atau konsumen.

Sementara PPnBM ialah pajak yang disetor oleh produsen atau faksi penjual alias pajak langsung, karena pajak akan ditanggung pada customer dalam harga jual.

Search Keyword : pajak daihatsu terios, pajak toyota sienta, cara menghitung nilai jual kendaraan bermotor, perhitungan pajak progresif, stnk mobil, perpanjang stnk 5 tahunan, perpanjang stnk perusahaan, pajak mobil baru, cek pajak progresif online, biaya pajak mobil, biaya pajak kendaraan bermotor, cek pajak mobil, cek pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan mobil, mengecek pajak mobil

Faksi penjual itu yang akan mengambil, menyerahkan, dan memberikan laporan PPnBM hingga faksi penjual dikenali dengan istilah Pebisnis Terkena Pajak atau PKP.

Seperti namanya sebagai pajak barang eksklusif, PPnBM ialah pajak yang dipakai pemerintahan untuk mengambil pajak dari warga yang relatif mempunyai kekuatan daya membeli yang besar, hingga membuat kesetimbangan pajak karena pajak PPnBM tidak manyasar warga berpenghasilan rendah.

Disamping itu, pemerintahan memakai tarif PPnBM buat mengatur skema konsumsi warga daru barang yang termasuk eksklusif, dan membuat perlindungan produsen dalam negeri dari serangan BKP eksklusif import.

Contoh PPnBM yaitu pajak yang berjalan untuk beberapa barang yang termasuk eksklusif seperti mobil, perhiasan, apartemen, rumah town house, pesawat udara, dan beberapa barang eksklusif import.

Kecuali, contoh PPnBM diterapkan untuk pengaturan pemerintahan seperti pengenaan pajak PPnBM pada minuman mengandung alkohol sampai cerutu.

Karena sebagai pajak langsung dijamin customer, langkah hitung PPnBM dengan mengalikan harga bruto pemasaran pada tarif PPnBM yang berjalan yaitu di antara 10 % s/d 200 %.

Pada umumnya, barang dikatakan sebagai barang eksklusif dan dapat dikenai pajak PPnBM atau pajak barang eksklusif jika penuhi salah satunya elemen berikut ini:

  • Barang yang bukan barang keperluan primer
  • Barang yang cuman dimakan oleh warga tertentu
  • Barang yang cuman dimakan oleh warga berpendapatan tinggi
  • Barang yang dimakan cuman untuk memperlihatkan status atau kelas sosial

Saat itu, berdasarkan keterangan Pasal 5 ayat (1) UU PPN Nomor 42 TAHUN 2009, arah implementasi PPnBM ialah:

  • Perlu kesetimbangan pembebanan pajak di antara customer yang berpendapatan rendah dan customer yang berpendapatan tinggi
  • Memerlukan pengaturan skema konsumsi atas BKP yang termasuk eksklusif
  • Memerlukan pelindungan pada produsen kecil atau tradisionil
  • Perlu untuk amankan akseptasi negara.

Hitung-hitungan Pajak PPnBM

Peraturan pembebasan Pajak Pemasaran atas Barang Murah (PPnBM) mobil baru memulai berlaku ini hari, (1/3). Untuk masa pertama, yakni Maret-Mei, pemerintahan melepaskan pajak mobil baru sampai 100 %.

Selanjutnya, untuk Juni-Agustus 2021 menurun jadi 75 % dan paling akhir September-Desember 2021 kemudahan tarif dipotong jadi 25 %.

Pengurangan harga mobil dari peraturan ini diproyeksi sekitar di antara 10-20 %, bergantung bermacam hal, mengikut penghitungan harga off the road dan on the road.

Sebagai info, PPnBM sebagai pajak negara yang dihitung berdasar harga off the road kendaraan alias Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). PPnBM dikenai pada penjual untuk selanjutnya ditanggung ke customer dalam harga on the road.

Harga on the road atau harga retail alias bandrol yang dijajakan dealer ke customer telah lewat tambahan hitung-hitungan pajak wilayah, seperti Bea Balik Nama (BBN) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Disamping itu, harga on the road mencakup hal-hal lain seperti ongkos distribusi dan keuntungan dealer, hingga harga dapat 20 persen-40 % semakin tinggi dari off the road.

Adapun kendaraan yang dibebaskan dari PPnBM ialah tipe sedan dan 4x2 yang mesinnya tidak lebih dari 1.500 cc. Disamping itu, kendaraan harus memakai elemen hasil produksi dalam negeri minal 70 %.

Saksikan : Tipe Mobil yang Gratis Pajak Barang Eksklusif Berdasar Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) nomor 33 tahun 2017 mengenai PPnBM, pajak barang eksklusif mobil 4x2 dengan mesin di bawah 1.500 cc sejumlah 10 %.

Mobil yang terhitung tipe ini bervariatif, dimulai dari mode mobil kota, hatchback, MPV, dan SUV.

Sementara, sedan 4x2 dengan mesin di bawah 1.500 cc yang dibuat lokal cuman ada satu, yakni Toyota Vios. PPnBM untuk mobil tipe ini sejumlah 30 %.

Misalkan pada salah satunya mode low MPV, Mitsubishi Xpander, variasi paling atas 1.5L ULTIMATE-L 4X2 A/T. NJKB mobil ini yang tercatat pada Ketentuan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 sejumlah Rp205 juta sedang harga retail seperti tercantum di dalam website sah Mitsubishi Indonesia ialah Rp278,9 juta.

PPnBM mobil ini sejumlah Rp20,5 juta dihitung dari 10 % (besar PPnBM) X Rp205 juta (angka NJKB). Secara simpel, hitung harga retail mobil ini tanpa PPnBM yaitu Rp278,9 juta dikurangi Rp20,5 juta hingga hasilnya Rp258,4 juta atau menyusut 7,3 %.

Sementara buat Vios, NJKB pada variasi paling tingginya, 1.5 G CVT, sejumlah Rp261 juta. Sedang harga retail variasi ini menurut situs sah Toyota Indonesia Rp346,85 juta.

Nilai PPnBM Vios 1.5 G CVT sejumlah Rp78,3 juta dihitung dari 30 % X Rp261 juta. Sementara jika dipasarkan ke customer tanpa PPnBM bermakna Rp346,85 juta dikurangi Rp78,3 juta yang hasilnya Rp268,55 juta atau menyusut Rp22,5 %.

Tanpa PPnBM diprediksikan dapat memotong harga jual mobil baru sampai 10 persen- 20 %, tetapi perlu dimengerti ini belum terhitung potongan harga yang dijajakan dealer hingga pengurangan bisa semakin besar.

Secara terpisah, Sekretaris Kementerian Koordinator Sektor Ekonomi Susiwijono Moegiarso memprediksi pembebasan PPnBM akan membuat harga turun Rp23 juta per unit.

Penghitungan diibaratkan dengan ambil contoh kelas mobil sedan yang mempunyai PPN sebesari 10 % dari harga jual.

Susi, panggilan akrabnya, menjelaskan penghitungan ini ada dari rapat pemerintahan bersama Kombinasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Berdasar data Gaikindo, harga jual mobil sedan di pasar, seperti beberapa dealer sah rerata di range Rp251 juta per unit.

"Harga jualnya jika tidak ada rileksasi itu kurang lebih Rp251 juta, ini sesudah bea balik nama kendaraan, PKB, PPnBM, dan margin untuk pemasaran pada tingkat dealer dan lain-lain," kata Susi.

Saksikan : PPnBM 0 %, Kemenkeu Ingin Angkat Konsumsi Kelas Menengah Jika ada pembebasan pajak mobil baru, lanjutnya, harga mobil dapat sentuh range Rp228 juta sampai Rp229 juta per unit.

Berikut adalah daftar mobil yang mendapatkan PPnBM 0 %:

  • Toyota Yaris (semua variasi)
  • Toyota Vios (semua variasi)
  • Toyota Sienta (semua variasi)
  • Daihatsu Xenia (semua variasi)
  • Toyota Avanza (semua variasi)
  • Daihatsu Grand Max Minibus (semua variasi)
  • Daihatsu Luxio (semua variasi)
  • Daihatsu Terios (semua variasi)
  • Toyota Rush (semua variasi)
  • Toyota Raize (semua variasi)
  • Daihatsu Rocky (semua variasi)
  • Mitsubishi Xpander (semua variasi)
  • Mitsubishi Xpander Cross (semua variasi)Nissan Livina (semua variasi)
  • Honda Brio RS (semua variasi)
  • Honda Mobilio (semua variasi)
  • Honda BRV (semua variasi)
  • Honda HRV (semua variasi)
  • Suzuki Ertiga (semua variasi)
  • Suzuki XL7 (semua variasi)
  • Wuling Confero (semua variasi)