Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri-Ciri Mobil Bekas Kena Banjir Secara Lengkap

mengenal ciri-ciri mobil bekas kena banjir

Bagi anda yang berkeinginan membeli mobil bekas namun mengharapkan untuk mendapatkan mobil berkualitas, anda wajib untuk memeriksa mobil incaran apakah ada ciri-ciri berikut yang ada pada mobil tersebut.

Jika benar ada, maka kemungkinan besar mobil incaran anda pernah mengalami kebanjiran dan tentu saja ini akan sangat merugikan anda, apalagi pihak penjual terkesan menutupi sejarah mobil tersebut.


Mengenal Ciri-ciri Mobil Bekas Kena Banjir

Untuk itu, berikut adalah ciri-ciri yang perlu anda perhatikan terutama saat membeli mobil bekas dari daerah yang rawan terkena banjir seperti Jakarta atau sekitarnya.


Noda Banjir

Meski noda bekas banjir dapat dibersihkan dengan mencuci secara berulang, namun tetap saja ada bagian-bagian yang sulit tersentuh oleh pembersih.

Nah dibagian inilah anda bisa mencek apakah ada noda bekas banjir atau tidak, yang selanjutnya anda bisa mencek bagian-bagian lain seperti di bawah jok, dor trim, panel-panel mobil, karet pintu dan tempat-tempat tersembunyi lainnya.


Karatan

Selalu ada bagian yang karatan dari mobil tersebut, apalagi ia pernah terendam oleh banjir dan biasanya sisi yang karatan seperti daerah interior mobil.

Umumnya saat mencuci mobil, kita tidak pernah menyiram mobil bagian dalam atau interior, jadi ketika anda menemukan adanya karatan seperti dibawah karpet seperti dibagian baut.


Engsel Pintu Mengeluarkan Bunyi

Pada bagian ini sangat rawan mengeluarkan suara-suara denyitan akibat engselnya seret karena pernah terkena banjir.

Banjir itu sifatnya merendam, dan selama rendaman terjadi air bisa saja masuuk ke bagian-bagian kecil dari engsel, sehingga dalam kurun waktu tertentu dapat menimbulkan efek "seret" pada engsel.

Hal ini tentu berbeda dengan hasil dari setelah mencuci mobil, karena air semprotan tidak bisa masuk ke area-area kecil seperti engsel tersebut.


Lampu Terlihat Kusam

Lampu yang cenderung kusam terutama di bagian reflektor yang mengakibatkan cahaya yang dihasilkan tidak lagi terang, merupakan salah satu ciri mobil tersebut pernah terendam banjir.

Itulah mengapa, ketika anda membeli mobil bekas dengan merek ternama namunn kondisi reflektornya menguning, perlu anda tanyakan lebih detail kepada pemiliknya tentang penyebabnya.

Beraroma Apek dan Lembab

Meski sudah berulang kali dicuci, aroma apek dan kesan lembab tetap akan terasa pada interior mobil, dan ciri yang satu ini adalah yang paling mudah untuk dikenali, meski perlu dikonfirmasi ulang apakah memang perawatan dari pemilik sebelumnya yang biasa saja atau terkesan membiarkan, atau perawatannya bagus.

Jika perawatannya bagus, maka kemungkinan besar karena banjir adalah benar, namun jika sebaliknya bisa saja memang bukan karena banjir, melainkan hal lain yang menjadi penyebabnya.

Kabel-Kabel

Jika anda menemukan kabel-kabel tersebut kondisinya masih baru sedangkan umur mobil sudah dianggap tua, maka anda perlu menanyakan lebih lanjut tentang penggantian kabel tersebut.

Penggantian kabel tersebut besar kemungkinannya akibat banjir yang merendam mobil tersebut di masa lalu.

Blower AC

Cek pada blower AC apakah terdapat bercak noda, karena pada bagian ini tergolong tersembunyi sehingga saat pembersihan bekas banjir sulit terjangkau.

Dan karena hal itulah potensi ditemukan noda pada bagian ini cukup besar akibat banjir.

Kaki-Kaki Mobil

Salah satu ciri mobil pernah terkena banjir adalah tidak maksimalnya kaki-kaki mobil sebagaimana biasa. Tentu ini perlu dipastikan lagi, dan bandingkan juga dengan umur mobil.

Jika umur mobil tergolong muda dan kaki-kaknya tidak bekerja secara optimal, kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir.

Suku Cadang

Pastikan perubahan pada suku cadang mobil dikarenakan hal wajar, seperti penggantian sebagian suku cadang atau perangkat elektronik mobil.

Penggantian suku cadang atau perangkat elektronik pada mobil adalah hal yang wajar, karena bisa saja selama masa penggunaannya pernah mengalami kerusakana yang mengharuskan diganti.

Namun bagaimana jika mayoritas atau semua suku cadang diganti? Ini tentu menimbulkan pertanyaan.

Ada kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan hebat atau pernah terendam banjir.

Kesimpulan

Jika pada saat melakukan pengecekan mobil incaran terdapat satu atau dua ciri diatas dan dari keterangan pemilik tidak ada kecurigaan, maka kemungkinan besar temuan-temuan tersebut bukanlah berasal dari masalah terndam banjir.

Tapi jika anda menemukan banyak ciri-ciri diatas dan anda tahu lokasi rumah pemilik adalah daerah rawan banjir (tidak harus lokasi yang spesifik), maka anda wajib curiga dan bisa anda lakukan check up total di bengkel resmi terdekt untuk memastikan kondisi mobil sebenarnya sebelum anda beli.

Demikian sedikit ulasan mengenai ciri-ciri mengenal mobil bekas yang pernah terkena banjir, semoga ulasan diatas bermanfaat dan dapat menjadi rujukan sebelum anda membeli mobil bekas incaran anda.