Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-Jenis Domain

 mengenal jenis-jenis domain

Situs website Sering kali digunakan untuk berbagai kepentingan baik kelompok maupun individu. Biasanya disesuaikan dengan keahlian maupun kepentingan pengguna. Konten di dalamnya juga disesuaikan dengan target audience yang dipilih untuk itu perlu adanya domain agar laman mudah di akses. Namun sebelumnya ketahui dahulu jenis-jenis domain dan tujuan penggunaannya.

Search Keyword : jenis domain, macam domain, nama domain com digunakan oleh jenis organisasi, jenis domain website, macam macam domain website, macam macam domain, macam macam ekstensi domain, jenis nama domain, jenis jenis domain dalam website, macam macam top level domain


Pengertian dan Jenis-Jenis Domain

Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan alamat websitetanpa harus menggunakan Internet Protocol (IP). Biasanya Internet Protocol (IP) dikemas dalam bentuk angka-angka yang sulit dihafal, hal itu tentunya membutuhkan perhatian khusus bagi audinece.

Berbeda jika menggunakan nama domain, makamemudahkan audience untuk memperoleh data atau informasi yang diperlukan ketika mengakses website. Istilah domain mulai dikenal sejak tahun 1985 dan kini semakin berkembang dengan adanya berbagai macam jenis domain sebagai :

Top Level Domain (TLD)

Domain jenis ini merupakan tingkat tertinggi dalam struktur DNS di Internet, yang termasuk dalam domain jenis ini yakni .id, .com, .web dan sebagainya. selain itu TLD digolongkan lagi kedalam beberapa jenis berikut.


Kode Tingkat atas Domain Negara (CCTLD)

Penamaan domain jenis ini didasarkan pada letak geografis seperti halnya Indonesia yang biasanya menggunakan .id, Australia menggunakan .Au, Amerika menggunakan .us, meskipun begitu Domain CCTLD dapat didaftarkan oleh warga negara lain.

Generic Top Level Domain (GTLD)

Domain jenis ini sangat cocok digunakan untuk siapa saja yang menginginkan domainpopular seperti .com, .org dan sebagainya. Untuk membuat akses domain ini tidak memerlukan berbagai persyaratan yang menyulitkan.

Domain Tingkat Atas Premium (PTLD)

PTLD merupakan jenis domain yang penamaannya dapat di custom sesuai dengan keinginan penguna misalnya .travel, .web, .site, .host dan sebagainya. Hal ini memberi kemudahan bagi penguna untuk membuat spesifikasi atas konten websiteyang di usungnya.


Domain Tingkat Kedua

Domain tingkat kedua merupakan bentuk nama domain yang didaftarkan sebagai contoh www.indiehome.id, indiehome di sini berkedudukan sebagai domain tingkat kedua. Dapat diartikan bahwa domain tingkat dua merupakan nama yang secara umum dikenalkan terhadap audience.

Domain Tingkat Ketiga (Third Level Domain)

Domain tingkat tiga dapat dipahami sebagai bentuk dari subdomain. Fungsi utamanya adalah membuat spesifikasi konten tertentu, misalnya www.indiehome.id dan ditambahi subdomain misal news.indhiehome.id, news berkedudukan sebagai subdomain.


Tujuan Penggunaan Domain

Penggemar setia blog atau website pribadi tentunya sangat memperhatikan pemilihan domain yang sesai demi keberlangsunga blog yang dimiliki. Dapat diketahui, bahwa dalam hal ini tujuan penggunaan domain utamanya adalah sebagai alat untuk memudahkan akses audience, berikut adalah tujuannya :

  1. Memudahkan audience untuk mengakses dan mengingat sederet alamat IP yang tidak terlalu berbelit
  2. Audience tidak perlu mengingat satu persatu, karena dengan menggunakan domain mempermudah pengakses website tanpa mengetahui berapa IP yang dimiliki
  3. Biasanya audience akan merasa bosan dan tidak tertarik terhadap sesuatu yang terlalu panjang, sehingga dalam hal ini penggunaan domain yang sesuai sangat perlu diperhatikan
  4. Penggunaan domain merupakan salah satu bentuk dari identitas brand dari websiteyang dimiliki seseorang, dalam hal ini tujuan domain adalah sebagai tanda pengenal
Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis domain dan tujuan penggunaannya. Semoga dapat memberi manfaat dan menambah wawasan mengenai SEO. Dengan begitu, ketika membuat websitebeberapa hal tersebut dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Namun, harga dari setiap domain memang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memilih beberapa penyedia atau penjualnya.