Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pembuatan Wesbsite

 pengertian, manfaat dan tujuan pembuatan website

Seiring kemajuan teknologi, internet kini menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan manusia. Bahkan, website menjadi salah satu media yang digunakan untuk mengakses internet dengan berbagai tujuan tertentu. Karena itu penting untuk memahami pengertian, manfaat dan tujuan pembuatan website.

Search Keyword : jelaskan pengertian website, kegunaan website untuk bisnis, pengertian google sites, kegunaan google sites, terangkan fungsi website sebagai media promosi, fungsi web, fungsi website, definisi website, definisi web, konsep web, yang dimaksud website, pengertian website dan fungsinya, pengertian web, pengertian website adalah, arti website adalah, webs artinya, artinya situs

Pengertian Website

Website bisa didefinisikan sebagai sebuah halaman ataupun kumpulan dari berbagai halaman di sebuah domain yang ada di internet, dan dibuat karena memiliki tujuan tertentu. Di dalamnya, berisikan tampilan bisa berbentuk teks, gambar, audio,video, animasi maupun gabungan dari lainnya.

Website juga dapat diartikan sebagai definisi lainnya yaitu kumpulan halaman web, yang saling terhubungkan serta mempunyai data informasi yang saling berkaitan. Di sana, adabeberapa halaman serta sekumpulan halaman yang disebut dengan homepage.

Website dapat diakses menggunakan internet secara luas melalui aplikasi peramban dengan menggunakan URL atau Uniform Resource Locator. Google.com merupakan salah satu contoh URL yang diketahui oleh banyak orang.

Semua data-data yang ada dalam website tersimpan di server hosting. Kepemilikan sebuah web dapat berbentuk individu maupun organisasi atau perusahaan. Isi informasi yang ada di dalamnya pun tersajikan sesuai dengan tujuan pembuatan di awal.


Manfaat Pembuatan Website

Ada banyak manfaat dari pembuatan website, hal ini tergantung dari pihak yang membuat masing-masing. Adapun manfaat dari platform tersebutantara lain adalah :

Media Infomarasi Penjualan Produk atau Jasa

Manfaat pembuatan website ini mungkin akan dirasakan bagi pemilik toko online. Bagi Anda yang memilikinya dan ingin memasarkan produk di internet, maka website adalah hal penting yang harus dimiliki.

Websiteberfungsi menjadi tempat mengenalkan produk bisnis Anda ke pasar yang lebih luas. Apalagi dengan semakin meningkatnya pengguna internet saat ini, maka akan semakin besar pula peluang untuk menggaet banyak calon pembeli.

Branding Nama Perusahaan

Saat ini website digunakan banyak pemilik bisnis atau perusahaan sebagai branding atau merek perusahaan. Sangat penting pula untuk membangun branding sebuah perusahaan dan ini bisa dilakukan melalui beberapa jenis tertentu.

Saat ini banyak website di internet yang didesain secara khusus dengan ciri khas sebuah perusahaan. Jika Anda salah satu dari pemilik usaha atau bisnis, maka kepemilikan sebuah web bisa menjadi branding dari perusahaan.

Memudahkan dalam Pemberian Informasi

Dengan adanya sebuah website, maka perusahaan dapat mudah mengupdate berbagai informasi terbaru, seperti berita terbaru, event terdekat, dan masih banyak lainnya. Kehadirannya pun juga membantu calon konsumen mengetahui perkembangan terbaru dari bisnis yang Anda jalankan.


Tujuan Pembuatan Website

Tujuan pembuatan masing-masing website bisa berbeda satu sama lainnya. Hal ini bergantung pada siapakah audiens yang dituju. Ada beberapa yang bertujuan menjual produk, ada pula hanya sekedarmemberikan informasi dan masih banyak lainnya. Berikut ulasannya :

Pusat Informasi

Salah satu tujuan dari pembuatan website adalah digunakan sebagai media, untuk menyampaikan berbagai informasi yang bermanfaat dan spesifik kepada audiens tertentu. Sehingga nantinya pembaca bisa mengetahui hal yang baru ataupun memahami sebuah topik tertentu.

Media Hiburan

Website juga sering ditujukan sebagai salah satu media untuk memberikan informasi yang menghibur audiens. Seperti misalnya majalah online, platform yang berkaitan dengan berita selebriti, film, seni, berita, gosip, maupun situs lucu.

Jenis website seperti ini didesain khusus agar memudahkan dalam hal navigasi serta sering diperbaharui. Sehingga pengguna akan terus mengakses agar bisa mendapatkan informasi terbaru. Konten-konten yang dihadirkan pun dibuat dinamis dan juga menarik.

E-Commerce

Saat ini ada banyak website yang ditujukan sebagai e-commerce atau toko online. Tujuannya tentu saja untuk menjual produk atau jasa kepada para konsumen. Jenis ini umumnya dioptimasi sempurna agar bisa mencapai penjualan tertinggi.

Kehadiran website di jaman digital seperti saat ini cukuplah penting karena banyak manfaat dan tujuan yang bisa dicapai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya pengetahui pengertian, manfaat dan tujuan pembuatan website.


Bagaimana Cara Membuat Website?

Membuat website nyatanya tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Faktanya hal ini sudah pernah dipraktikkan saat masih di bangku sekolah sebagai bahan ajar mata pelajaran komputer. Tidak heran jika banyak orang telah mahir dengan kemampuan ini.

Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu memanfaatkan CMS atau Content Management System. Banyak platform yang dapat Anda coba untuk mulai membuat websitesecara sederhana, seperti WordPress, Open Cart, Drupal dan Joomla.

Sebelumnya, Anda perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Setelah CMS berhasil di-install, maka langkah selanjutnua adalah log in melalui admin website. Kemudian melanjutkan konfigurasi lebih lanjut mengenai situs web yang akan dirancang.

Melalui berbagai platform CMS, merancang situs web dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan, berbagai fitur di dalamnya telah tersedia demi memudahkan para penggunanya.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu website? Kegunaan dan cara membuatnya yang bisa menjadi referensi bagi Anda.