Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Cara Membuat Artikel Pilar Dengan Mudah 2021

Ada beberapa factor yang memengaruhi sebuah website dapat menempati di halaman 1 Google. Untuk dapat menempati di status itu pasti membutuhkan optimisasi mesin pencari yang optimal pada website.

Cara yang pas untuk mengawali optimisasi ialah membenahi konten yang ada dalam website. Beberapa orang menyebutkan ini dengan istilah SEO on page.

Lantas apa hubungan taktik SEO on page dan konten pilar? Atau, bila benar ada hubungan bagaimana cara mengaplikasikan konten pilar untuk SEO on page?

Search Keyword : artikel pilar, jasa artikel pilar, artikel pilar adalah

Nah, untuk memperoleh jawaban itu Anda perlu membaca artikel ini sampai usai.

tips-cara-membuat-artikel-pilar-dengan


Apa itu Artikel Pilar?

Konten pilar adalah artikel yang memiliki kelebihan dibandingkan artikel lain dalam sebuah website. Arah artikel pilar dibikin untuk datangkan pengunjung dalam jumlah banyak dalam periode waktu lama.

Dari pemahaman itu pasti kita bisa pahami jika konten pilar mempunyai dampak pada SEO on page. Konten pilar mempunyai pekerjaan penting, diantaranya sebagai berikut;
  • Mendatangkan traffic
  • Mudah bertengger di halaman 1 google
  • Trafik yang datang stabil dalam jangka lama
  • Artikel jenis ini tidak mudah termakan waktu, sehingga tetap bisa mendongkrak branding website anda

Apa itu SEO on Page

SEO on page merupakan istilah yang menerangkan berkaitan rangkaian proses optimasi yang ditangani oleh situs Master atau website owner. Proses ini diinginkan bisa memberikan dampak pada website atau website supaya gampang diketemukan oleh mesin perayap.

Sesungguhnya URL SEO serupa dengan page SEO, yang membandingkan ialah URL SEO mempunyai karakter aktif. Biasanya orang memakai URL SEO sesuai judul artikel.

Misalkan bila artikel mempunyai judul "belajar SEO untuk pemula" karena itu alamat URL ialah "http://www.domaiAnda.com/belajar-SEO-untuk-pemula.html".

Dengan demikian karena itu URL SEO akan jadi lebih berkaitan dan gampang dikenal oleh mesin pencari. Disamping itu URL demikian pula gampang dikenang oleh pengunjung website Anda.

Nah title halaman terdiri jadi 2, yakni title aktif dan title statis. Title aktif biasanya mengarah ke sebuah artikel tertentu.

Adapun title statis berlaku untuk semuanya halaman yang ada di dalam website. Dalam kenaikan peringkat pada mesin pencari dikuasai oleh title pada judul artikel.

Konten SEO

Konten bisa kita definisikan sebagai isi dari sebuah website, biasanya ialah artikel. Ini penting untuk jadi perhatian supaya gampang diketemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Nah semakin khusus kesempatan kali ini kita akan mengulas berkaitan cara membuat, apa keutamaan dan bagaimana implementasi artikel pilar untuk SEO. Untuk lebih detil silakan lanjut membaca ke ulasan berikut;

Mengapa Artikel Pilar Sangat Penting Bagi Sebuah Website?

Artikel pilar mempunyai peran penting dalam taktik mesin pencari maksimalize. Telah kita ulas di atas bila ini sebagai sisi dari taktik SEO on page.

Dalam beberapa kasus banyak website atau website yang susah untuk memperoleh rangking terkenal. Nah dengan pendekatan konten pilar, hal tersebut dapat memberi imbas positif pada hasil penelusuran website di mesin perayap.

Misalkan semacam ini, saat membuat artikel dengan bermacam topik sama, karena itu Anda bisa memberitahukan Google artikel yang mana terpenting. Hal tersebut bisa dilaksanakan dengan membuat artikel pilar dan membuat serangkain internal link yang ke arah sana.

Dengan cara itu Google akan mengenali artikel pilar Anda. Karena itu peluang artikel itu bisa dengan gampang menempati di status 1 halaman Google.

Langkah-langkah Membuat Artikel Pilar

Di atas kita sudah mengulas mengenai pemahaman konten artikel pilar dan apa keutamaan untuk SEO on page. Berikut beberapa langkah membuat artikel piler yang berkualitas dan sanggup berkompetisi di urutan kesatu Google;
  • Membuat artikel "How to" atau biasa dikenal dengan artikel tutorial
  • Menentukan Keyword utama
  • Menentukan topik bahasan inti
  • Buat artikel pendukung sesuai dengan sub judul dalam artikel pilar

Artikel Tentang "How To" atau "Bagaimana"

Ini ialah ide landasan dalam membuat artikel pilar. Lebih dulu Anda harus pikirkan gagasan dasar berkaitan hal yang ingin diulas dan bikinlah artikel berkaitan cara lakukan suatu hal.sebuah hal.

Yakinkan jika Anda menulis artikel "how to" dengan topik yang terkuasai. Tujuannya ialah Anda betul-betul mempunyai pengalaman dan pahami bagaimana cara melakukan.

Misalnya sebagai berikut;

Contoh itu semestinya jelas sudah memberi kisah bagaimana cara membuat artikel "how to" sebagai ide landasan.

Menentukan Keyword Utama

Nah berlainan dengan tehnik menulis artikel SEO biasa. Untuk tentukan main keyword artikel pilar harus cari topik keyword dengan tingkat penelusuran terbanyak.

Kita mengambil contoh keyword "obat diabetes". Umumnya keyword yang mempunyai tingkat penelusuran tinggi terbagi dalam 2 kata. Tidak cuma tingkat penelusuran yang tinggi, main keyword harus juga bisa hasilkan macam keyword.

Misalnya main keyword "obat diabetes" tersambung dengan keyword lain yakni "obat diabetes alami", "obat diabetes di apotek" dan lain-lain.

Menentukan Topik Bahasan Inti

Cara ke-2 ini ialah tingkatan untuk membuat konten pilar dengan pilih atau mengidentifikasikan topik pokok. Tujuannya ialah topik yang sesuai arah khusus dan membuat bertambah isi atau konten dalam artikel.

Berikut tutorial pilih topik pokok:

Dengan cara itu karena itu Anda bisa memberikan ranking terbaik pada tiap pokok topik yang dibikin. Hal yang harus diingat ialah selalu untuk membuat konten yang berkualitas tinggi.

Nah salah satunya trick untuk memperoleh topik pokok dengan manfaatkan suggested keyword di penelusuran Google.

Trick ini tidak dapat dipandang sepele, karena keyword yang dipertunjukkan ialah keyword yang pernah diketik oleh pemakai di Google. Bila Anda bisa kuasai dan menulis semua keyword itu dalam artikel pilar, pasti konten itu memiliki peluang yang semakin tinggi untuk ada di halaman 1 penelusuran.

Buat Artikel Pendukung

Untuk menyokong konten pokok supaya lebih berkualitas karena itu Anda perlu mempersiapkan subtopik. Subtopik bisa dibikin dengan bermacam tipe ulasan meskipun tidak harus secara mendalam.

Poin utama kenapa harus membuat subtopik ialah agar mendukung topik pokok dengan konten yang berkualitas dan dalam jumlah banyak.

Kami anjurkan untuk membuat subtopik memakai keyword berupa pertanyaan. Misalkan untuk topik pokok "obat diabetes alami" karena itu bisa dibikin subtopik dengan pertanyaan "apa ginseng dan kayu manis bisa menyembuhkan diabetes?".

Cara Penerapan Artikel Pilar dalam Blog

Ini ialah step paling akhir untuk pastikan konten pilar bisa bekerja dengan bagus di dalam taktik SEO on page. Dengan mengaplikasikan langkah-langkah di bawah ini diinginkan bisa mengoptimalkan artikel pilar terindeks oleh mesin pencari;

Langkah-langkah Optimasi Artikel Pilar
  • Page Title atau judul mengandung hal yang menarik minat pembaca
  • Meta tag template
  • Konten artikel mudah dipahami, biasanya berupa listikal artikel
  • Membuat internal link

Page Title

Yakinkan untuk tempatkan judul di muka saat sebelum nama website. Dengan demikian karena itu judul artikel akan diutamakan oleh sebuah mesin perayap baik itu Google, Bing dan lain-lain.

Anda bisa memeriksa artikel website dengan tuliskan (site:link artikel) di kolom penelusuran. Yakinkan jika judul posting terlebih dahulu dibanding nama website.

Meta tag

Meta tag sebagai code yang umum terpasang atau ditaruh di bagian template website. Penempatan meta tag ini mempunyai tujuan untuk memudahkan robot Google mengindeks atau menganalisis semua konten dalam website.

Dengan cara itu karena itu mesin bisa lakukan proses crawling bisa lebih cepat.

Nah bila Anda memakai basis Wordpress, karena itu bisa menempatkan meta tag dengan plugin SEO. Anda bisa manfaatkan Yoast SEO yang disebut salah satunya plugin SEO WordPress yang terpopuler.

Konten Artikel

Nah berikut sisi penting yang kita ulas di atas yakni membuat artikel pilar. Di atas Anda bisa mengikut beberapa tahapan bagaimana cara membuat artikel pilar yang berkualitas dan sanggup berkompetisi di halaman 1 Google.

Yang penting digaris bawahi ialah, jika algoritme Google terkini lebih mengutamakan azas manfaat dari sebuah konten artikel. Mesin Google bisa mengenali hal itu dengan menulis data berapakah lama pengunjung bertahan di dalam website atau website Anda.

Makin lama pengunjung bertahan dan membaca artikel website, karena itu Google akan mengenali artikel itu mempunyai manfaat yang tinggi. Dengan cara itu karena itu Google akan meningkatkan rangking artikel hingga gampang diketemukan oleh beberapa orang.

Membuat Internal Link

Yakinkan dalam tiap posting website Anda disembunyikan internal link ke sejumlah artikel lain. Membuat internal Link yang sama-sama terlilit mempunyai dampak positif pada halaman dalam suatu website.

3 maksud khusus membuat internal link sebagai berikut;

1. Navigasi Website menjadi lebih mudah

Pengunjung akan gampang mendapati artikel berkaitan lewat internal link. Link itu jadi navigasi untuk arahkan pengunjung membaca artikel yang berkaitan dengan ulasan yang ia baca.

2. Bagus Untuk Struktur Website

Bukan hanya jadi navigasi tapi internal link membuat struktur website yang pasti.

3. Distribusi Otoritas Website

Bila pada sebuah artikel Anda tidak bisa menerangkan dengan detil berkaitan ulasan tertentu, karena itu bisa membagikan kewenangan itu ke halaman website lainnya.

Optimasi Gambar Pada Artikel

Dalam artikel pilar tentu saja Anda pun harus memasangkan gambar yang dioptimalkan. Karena dalam taktik SEO on page tidak cuma artikel yang jadi perhatian, namun gambar mempunyai peran penting pada hasil penelusuran.

Karenanya gambar tidak dapat dipandang cuma untuk hiasan dan untuk percantik konten. Supaya lebih SEO friendly karena itu Anda perlu menempatkan title tag dan alt tag pada gambar yang di-publish.

Kesimpulan

Konten artikel pilar dalam suatu website mempunyai peran penting untuk tingkatkan rangking di Google penelusuran dan trafik pengunjung. Karena itu untuk membuat artikel pilar memerlukan ketrampilan dan analisis yang dalam. Silakan turuti beberapa langkah di atas dalam mengoptimalkan artikel pilar untuk SEO on page.