Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Blender Terbaik Buat Bunda

Blender memang menjadi produk yang memiliki peranan penting di dapur bagi para ibu-ibu. Terutama buat ibu-ibu yang sering mengandalkan blender untuk membuat jus atau menggiling bahan masakan.

Nah ternyata, tidak setiap blender memiliki kualitas yang sama dalam menghaluskan masakan atau membuat jus. Ada blender yang mampu menghaluskan es batu menjadi selembut busa, ada juga blender yang dilengkapi filter sehingga jus yang dihasilkan sudah terpisah dengan ampasnya.
 
tips memilih blender terbaik

Lalu bagaimana dengan blender bunda dirumah?

Kalau bunda ingin beli blender terbaru, bunda wajib membaca tips-tips yang kami sajikan berikut agar nantinya ketika membeli produk blender bisa sesuai dengan kebutuhan dapur bunda.

Blender sendiri ada banyak mereknya, mulai dari Philips, Sharp, Cosmos, Miyako, Oxone, dan lain-lain. Setiap merek atau produsen memberikan fitur dan teknoogi yang berbeda agar dapat memenangkan hati bunda agar membelinya.

Namun isi kantong kan tidak selalu ramah dengan harga blender, maka dari itu tips berikut ini diharapkan agar blender yang bunda incar dapat sesuai dengan kebutuhan dan isi kantong.
 

Cara Memilih Blender Terbaik Untuk Kebutuhan Dapur Bunda

Pertimbangkan Kapasitas Blender

Hai bun, memastikan kapasitas blender sesuai dengan kebutuhan kita adalah hal utama yang wajib kita perhatikan. Hal ini dikarenakan agar banyaknya hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Selain itu, kapasitas Jar blender memberikan efektifitas bunda dalam proses blendering. Dimana dengan kapasitas yang besar akan menghemat waktu bunda karena bisa diisi dengan jumlah makanan yang banyak.

Sesuaikan Daya Motor Blender

Daya motor blender memiliki peranan penting, karena kekuatan daya motor ini akan menentukan selembut apa tekstur hasil blender tersebut.

Semakin lembut tekstur yang diinginkan maka memerlukan daya motor yang lebih besar. Perlu diketahui untuk ukuran daya motor ini biasa dilambangkan dengan RPM (revolusi per menit).

Sayangnya tidak semua produsen atau seller mencantumkan data RPM pada blender tersebut, sehingga anda akan kesulitan memastikan apakah daya motor tersebut besar atau kecil.

Namun ada cara praktis agar anda bisa mengetahui daya motor blender incaran, dengan melihat daya listrik yang dibutuhkan. Semakin besar daya listrik yang dibutuhkan maka semakin besar RPM yang dihasilkan. Untuk itu pilihlah blender yang membutuhkan daya listrik 300 watt ke atas.

Bila anda menginginkan tekstur makanan yang lebih kasar atau agak besar, maka pertimbangkan RPM blender yang rendah, begitu juga sebaliknya.

Perhatikan Mata Pisau Blender

Perlu bunda ketahui, bahwa pisau blender itu ada tiga jenis yaitu:
  • Pisau tipe wave blade (bergelombang)
  • Pisau tipe flat blade (pipih)
  • Pisau tipe saw blade (bergerigi)
Agar hasil blender maksimal, bunda harus memilih tipe pisau yang tepat untuk mem-blender. Apabila bunda ingin hasil yang lembut, maka pisau tipe wave blade adalah pilihan yang tepat karena mampu membuat es batu menjadi lembut.
 
Untuk pisau tipe saw blade sangat cocok untuk bahan makanan seperti sayur dan kacang-kacangan. Sedangkan pisau tipe flat blade sangat cocok untuk memblender sayur dan buah untuk keperluan membuat jus.
 

Perhatikan Bahan Jar Blender

Seperti yang kita ketahui, bahan jar (tabung blender) itu biasanya terbuat dari salah satu berikut ini:
  • Kaca
  • Plastik
  • Tritan
Untuk jar yang terbuat dari kaca, blender menjadi aktifitas yang mengasyikkan karena jar tidak mudah tergores dan berbau. Sehingga bunda tidak takut jar menjadi kusam dan tidak menarik lagi. 

Sedangkan untuk jar yang terbuat dari plastik, membuat blender terasa lebih ringan dan tidak mudah pecah terutama bagi bunda yang memiliki anak kecil yang seringkali penasaran dengan barang-barang dirumah.

Sayangnya untuk jar yang terbuat dari plastik memiliki kelemahan berupa mudah tergores, warna jar dalam jangka waktu lama berubah, dan membutuhkan ketelitian dalam membersihkan jar agar tetap higinies.

Kemudian bahan jar terbaru dan kini mulai banyak pabrikan yang menggunakannya adalah tritan. Jar yang terbuat dari tritan ini memiliki kualitas seperti kaca yang tidak mudah tergores dan ringan seperti halnya plastik yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja.

Perikas Fitur Keamanan

Bunda perlu memperhatikan ada tidaknya fitur keamanan pada blender incaran. Saat ini ada beberapa blender yang menyediakan fitur tersebut, seperti mati saat suhu blender tinggi, atau  saat penutup tidak terpasang maka mesin tidak menyala.

Hal ini penting diperhatikan karena dapat membuat kita aman dari kemungkinan tergores oleh pisau blender. Seperti saat membersihkan blender atau tidak sengaja menyalakannya. Bahkan seringkali terjadi malfungsi pada blender yang menyebabkan tangan tergores.

Pilih Blender Yang Mudah Perawatannya

Pilih blender yang komponennya bisa dilepas dan dipasang kembali. Hal ini dapat membantu anda lebih mudah membersihkan blender termasuk membersihkan bagian pisau. Karena seringkali makanan tersangkut pada pisau blender, sehingga ketika pisau blender tidak bisa dilepas maka akan sulit membersihkannya.

Disisi lain, saat pisau tidak dapat dilepas berpotensi membuat tangan kita dengan tidak sengaja tergores oleh pisau disaat membersihkannya.

Untuk itu penting kiranya kita memperhatikan bagian ini, sehingga membersihkan blender menjadi lebih mudah dan blender dapat terjaga kebersihan dan higinitasnya.

Cek Fitur dan Aksesoris Tambahan

Bunda perlu memperhatikan aksesoris dan fitur tambahan yang disediakan oleh pihak produsen. Hal ini tentu memberikan nilai tambah sehingga bisa membuat bunda mendapatkan manfaat lebih.

Memang semakin banyak fitur dan aksesoris tambahan membuat harga blender semakin mahal. Namun tentunya semakin mahal blender maka semakin bagus pula kualitasnya.

Ada beberapa blender yang menyediakan dalam satu paket terdapat beberapa jar, seperti jar khusus menggiling bumbu kering, menggiling bumbu basah, dan khusus membuat jus.

Tentu dengan kekhususan jara tersebut akan membuat bunda mendapatkan kemudahan dan rasa jus yang spesial karena adanya jar khusus tersebut.

Perbedaan Blender, Food Processor dan Juicer

Anda mungkin beranggapan bahwa blender, food processor dan juicer merupakan alat yang memiliki fungsi yang sama. Namun faktanya tidak seperti demikian.

Ketiga alat dapur tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda. Blender adalah alat yang dapat digunakan untuk memotong makanan menjadi berukuran yang lebih kecil.

Food processor adalah alat untuk memotong makanan dengan mata pisau  yang besar. Alat ini pada umumnya digunakan untuk menggiling daging dan sayuran. Dan juicer adalah alat unutk melumat dan memeras makanan untuk mengambil saripati makanan tersebut saja.

Kemudian blender memiliki beberapa jenis, yaitu :
  • Blender biasa
  • Blender Capsule
  • Hand Bender

 

Kesimpulan

Memilih blender memang gampang-gampang sulit, namun dengan memperhatikan aspek-aspek diatas. Untuk itu penting kiranya anda memperhatikan blender seperti apa yang dibutuhkan, sehingga tips memilih blender yang telah kami uraikan diatas dapat membantu anda sebaik mungkin.