Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Microwave Oven Terbaik

Hal yang menarik dari Microwave adalah fungsi ganda yang ada padanya. Fungsi ini sangatlah membantu terutama bagi ibu-ibu yang ingin masak untuk disajikan kepada keluarga.

Fungsi ganda tersebut bisa digunakan untuk memanaskan makanan, memanggang, sampai merebus makanan bisa juga. Sehingga microwave dinilai sangat praktis untuk membantu bunda memasak dirumah.
 
cara memilih microwave oven terbaik

Namun dengan banyaknya pabrikan microwave yang ada dipasaran, kami ada tips untuk memilih microwave yang sesuai dengan kebutuhan agar nantinya setelah membeli tidak menyesal karena tidak sesuai dengan kebutuhan di dapur bunda.
 

Tips Memilih Microwave Oven Terbaik

Pilih Fitur Microwave Oven Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget

Saat ini ada banyak sekali microwave dengan fitur yang begitu beragam, mulai dari yang standar sampai yang memiliki fitur yang sangat canggih.

Untuk itu penting kiranya memperhatikan kebutuhan akan fitur tersebut serta anggaran yang anda miliki. jangan sampai fitur yang ada pada microwave tidak anda gunakan sama sekali padahal sudah membelinya dengan harga yang cukup tinggi.

Disisi lain, bagi anda yang gemar sekali memasak atau bikin kue, maka fitur-fitur pada microwave akan sangat membantu anda.

Seperti fitur ganda yang bisa digunakan untuk masak dua jenis masakan dalam satu waktu. Ada juga fitur yang khusus diperuntukkan kesehatan diri yakni bisa mengurangi lemak dan garam dan menjaga nutrisi dan vitamin dalam masakan. 

Tentu semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang, untuk itu pertimbangkan fitur apa yang paling anda butuhkan nantinya, apakah hanya sekedar memasak, atau ada tujuan tertentu yang bisa dibuat dalam sebuah microwave.

Untuk itu, berikut tips memilih microwave berdasarkan fitur yang tersedia:

  • Fitur Sederhana Untuk Anda yang Tinggal Sendiri
  • Fitur canggih sangat cocok bagi anda yang hobi masak
  • Bagi anda yang memperhatikan kualitas nutrisi, maka fitur canggih pada microwave harus menjadi prioritas tersendiri
 

Tentukan Jenis Meja dalam Microwave Oven

 Ada dua jenis meja yang ada dalam sebuah microwave yakni meja putar (turn table) dan meja datar (flat table). Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri yang harus anda perhatikan sebelum membeli microwave.

Untuk meja putar sendiri memang terkesan unik dan menarik, namun kekurangannya adalah sempit atau tidak bisa muat banyak.

Akan tetapi keunggulan microwave dengan meja putar ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan microwave yang memiliki meja datar.

Sedangkan untuk microwave yang memiliki meja datar, anda bisa meletakkan masakan yang lebih besar karena kapasitasnya yang besar dan luas.

Disisi lain keunggulan microwave dengan meja datar adalah mudah dalam perawatannya. Hal ini dikarenakan tidak adanya sisi yang sulit dijangkau oleh alat pembersih, sehingga akan sangat jarang ada kotoran atau kerak yang tertinggal yang dapat membuat bau dan kerusakan pada microwave.
 

Periksa Sensor yang ada Pada Microwave

Terdapat tiga jenis sensor yang sering disertakan dalam microwave yaitu sensor kelembaban atau uap, sensor berat dan sensor inframerah.

Ketiga sensor tersebut memiliki tujuan tertentu, sehingga penting sekali memperhatikan apakah sensor tersebut dibutuhkan oleh anda atau tidak nantinya dalam menggunakan microwave.

Sensor uap sendiri ditujukan untuk mendeteksi tingkat kelembapan udara dalam microwave, hal ini bertujuan untuk proses pemanasan masakan.

Sensor berat sendiri ditujukan untuk memastikan tingkat kematangan sesuai dengan berat masakan. Jadi dengan adanya sensor ini, microwave dengan cepat mendeteksi berat masakan yang masuk dan akan mengukur seberapa besar tingkat kematangan yang tepat untuk masakan tersebut.

Kemudian sensor terakhir yakni sensor inframerah. Sensor ini ditujukan untuk menyesuaikan waktu pemanasan berdasarkan tingkat kematangan bagian permukaan makanan. Sensor tipe ini sangat diandalkan para pembuat permen dan kue.
 

Kapasitas Microwave Oven

Memastikan tingkat kapasitas microwave dengan kebutuhan adalah hal utama. Jangan sampai kebutuhan kita besar namun membeli microwave dengan kapasitas kecil, atau juga sebaliknya.

Tentu hal ini dapat merugikan bunda sebagai pengguna.

Untuk itu penting kiranya memastikan kapasitas microwave sesuai dengan kebutuhan kita nantinya.

Untuk anda yang tinggal sendiri cocok untuk menggunakan microwave tipe compact, sedangkan untuk anda yang memiliki anggota keluarga yang besar, maka microwave oven berkapasitas 30 liter bisa menjadi pilihan utama.
 

Pastikan Tempat Penempatan Microwave Sesuai

Sebelum mebeli microwave sebaiknya anda perisapkan tempat khusus untuk menempatkan microwave nantinya, dan pastinya juga harus memperhatikan bukaan pintu microwave itu sendiri apakah bukaannya ke kiri atau ke kanan.

Disisi lain pastikan ada ruang tersisa pada bagian belakang microwave tersebut, termasuk juga bagian atas, kanan, dan kiri. 

Terutama yang perlu diperhatikan adalah saluran uapnya, jika saluran uap ini kurang baik bisa membuat umur microwave menjadi lebih pendek dari seharusnya.