Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Rice Cooker Terbaik

Rice Cooker sebagai eralatan dapur yang kini wajib ada menemani kegiatan memasak  para bunda dirumah. Kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya untuk menanak nasi sudah tidak diragukan lagi.

Disamping itu menanak nasi menggunakan rice cooker dinilai sangat efektif karena pada saat yang sama ibu-ibu bisa melakukan kegiatan memasak lainnya atau sekedar menyiapkan bahan masakan.

Namun seringkali masalah yang dialami oleh ibu-ibu dirumah adalah kualitas rice cooker yang buruk, serta nasi mudah sekali menguning dan bau, padahal kondisi rice cooker terlihat baik-baik saja.
 
Tips Memilih Rice Cooker Terbaik

Nah, melihat kondisi tersebut, kami menyajikan tips-tips memilih rice cooker terbaik berikut ini dengan harapan dapat membantu ibu-ibu mengatasi masalah tersebut.
 

Cara Memilih Rice Cooker Terbaik Untuk Keluarga

Perhatikan Metode Pemanasan Agar Kualitas Nasi Terjaga

Perlu bunda ketahui, bahwa rice cooker di pasaran itu terbag kedalam 4 jenis, yaitu :
  • Rice Cooker tipe IH
  • Rice Cooker tipe Pressure IH
  • Rice Cooker tipe Gas
  • Rice Cooker tipe Microcomputer

Untuk tipe IH, rice cooker tersebut memberikan kemampuan meningkatkan konveksi panas untuk kematangan yang merata. Sehingga dapat menghasilkan nasi yang pulen dan tipe induction heating alias IH ini sangat direkomendasikan karena mampu menembus nasi bagian dalam dan menjadikannya matang secara sempurna.

Kemudian untuk tipe pressure IH, rice cooker jenis ini mampu mengeluarkan rasa lezat dan manis dari nasi. Sudah kebayangkan gimana enaknya?

Berbeda dengan tipe IH, tipe pressure IH ini dappat memberikan tekstur pulen dan empuk. Teknologi ini merupakan pengembangan dari tipe IH namun dengan penambahan fitur tekanan atau pressure.

Untuk tipe pressure ini ada beberapa pabrikan yang dikenal dengan produk model seperti ini, diantaranya adalah Panasonic, Tiger dna Zojirushi. Namun bukan berarti produsen lain tidak kalah bagusnya dengan tiga pabrikan tersebut.

Selanjutnya rice cooker tipe gas. Rice cooker tipe ini menggunakan gas dalam metode pemanasannya, dan berbeda dengan rice cooker pada umumnya yang menggunakan lsitrik sebagai sumber pemanasan nasi.

Salah satu keunggulan tipe ini adalah rasa nasi yang dihasilkan mirip dengan nasi yang dimasak diatas tungku. Jadi bagi anda yang merindukan nasi yang dimasak dengan tungku, mungkin rice cooker tipe ini cocok untuk anda coba.

Yang terakhir adalah rice cooker tipe microcomputer. Rice cooker tipe ini paling banyak dijumpai dan paling umum dipakai karena harganya yang lebih murah dan terjangkau dibandingkan tipe-tipe sebelumnya.

Kekurangan tipe ini adalah sumber panasnya, karena sumber panas hanya dari arah bawah, maka seringkali nasi bagian atas tidak sama teksturnya dengan yang dibagian bawah, sering terkesan kasar dan pera.

Apabila nasi berada dalam rice cooker ini selama 3 jam dalam mode pemanasan, maka nasi seringkali mengeras (Jawa = ngerikit) seperti nasi kering dan tentu ini kurang bagus. Disisi lain kualitas pancinya yang memang juga biasa saja dan tipis.

Sehingga rice cooker tipe microcomputer ini tidak bisa diharappkan lebih karena ya memang dengan harga terjangkau maka kita harus bisa menerima fitur yang seadanya.
 

Pilih Kualitas Panci 

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk membuat panci rice cooker ada tiga yaitu :
  • Baja
  • Tembaga
  • Keramik

Masing-masing bahan memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Namun bukan persoalan bahannya saja, akan tetapi anda harus mengetahui apakah dengan bahan tersebut sudah mampu mendukung kegiatan memasak bunda di rumah.

Untuk panci berbahan baja, ia mampu menjaga panas sehingga kelezatan dan nutrisi pada nasi terjaga dengan baik. Namun kelemahanya adalah lebih berat sehingga anda harus benar-benar memastikan apakah akan menggunakan panci berbahan baja atau yang lainnya.

Panci berbahan baja ini seringkali dipakai oleh rice cooker tipe pressure IH.

Untuk panci rice cooker berbahan tembaga sendiri mampu menghindarkan nasi matang secara tidak merata. Dengan kemampuan penghantar panas yang baik, panci berbahan tembaga ini mampu membuat nasi matang secara merata dan sempurna.

Namun biasanya panci yang berbahan tembaga ini dikenal mudah rusak, sehingga beberapa produsen rice cooker mengakalinya dengan menggunakan beberapa lapis atau mencampur beberapa bahan dengan tembaga agar kualitas panci tetap awet dan nasi pun tetap matang secara merata.

Kemudian untuk panci berbahan keramik dikenal sebagai panci dengan penghangat terbaik dibandingkan yang lainnya.

Jika bunda suka menghangatkan masakan menggunakan rice cooker, maka panci berbahan keramik adalah pilihan terbaik. Meski ia tergolong lama dalam menghantarkan panas, namun kemampuan menjaga panas sangatlah baik.

Kelemahannya adalah panci model ini mudah sekali untuk berkerak dan karena berbahan keramik bunda harus berhati-hati dalam membersihkannya.
 

Tetap Perhatikan Kapasitas Panci yang Ditawarkan

Sebelum anda membeli rice cooker, perhatikan kapasitasnya. Untuk itu berikut anjuran kapasitas panci berdasarkan jumlah anggota keluarga
  • Untuk anda yang tinggal sendiri atau berdua, kapasitas 0,5 liter dirasa sudah cukup
  • Untuk anggota keluarga berjumlah 3 atau lebih, kapasitas ideal adalah 1 liter
  • Untuk yang berjumlah lebih dari 5 orang, maka kapasitas 1,8 liter adalah pilihan terbaik

Namun sebaiknya anda janganlah membeli panci dengan kapasitas yang standar saja, akan tetapi jauh lebih baik setingkat lebih tinggi dari yang seharusnya.

Hal ini dikarenakan intensitas makan anda dan keluarga bisa saja lebih dari 1 kali dalam sehari. Sehingga berpotensi untuk menanak nasi lebih dari 1 kali untuk makan dalam sehari.
 

Pilih Yang Mudah Dibersihkan dan Tidak Mudah Lengket

Panci yang mudah lengket dapat menurunkan kualitas nasi yang akan dimasak, tentu ini bukanlah yang diinginkan. Maka dari itu perhatikan apakah bahan panci yang disertakan termasuk panci yang mudah lengket atau bukan.
 
Kemudian pilih juga panci mudah untuk dibersihkan, dengan begitu anda tidak lagi bertempur dengan beragam kerak yang menempel pada panci.

Perhatikan Fitur Tambahan Pada Rice Cooker

Fitur tambahan memang bukanlah fungsi utama dari rice cooker, namun dengan adanya fitur tambahan anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menarik selama menggunakan rice cooker tersebut.

Fitur-fitur tersebut bisa seperti smartphone controle, mode memasak, hingga fitur lainnya yang belum pernah anda temui.

Dengan fitur-fitur tersebut, akan membuat anda merasa lebih efektif dan efisien dalam aktifitas memasak. Terutama saat anda benar-benar sedang sibuk.

Demikianlah cara memilih rice cooker terbaik yang perlu anda perhatikan sebelum membeli. Semoga tips singkat ini dapat membantu para bunda dirumah sebelum membeli rice cooker untuk memasak dirumah.