Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Manajemen Waktu Agar Kamu Jauh Lebih Produktif

tips manajemen waktu agar jauh lebih produktif

Waktu merupakan komponen penting dalam sendi kehidupan, dan waktu tidak akan pernah bisa kembali lagi, ia hanya berlaku satu kali saja.

Seringkali kita membuang-buang waktu hanya untuk hal-hal yang kurang produktif atau sekedar bermalas-malasan. 

Hal ini memang tidak masalah, namun bagi anda yang menginginkan cita-cita tinggi yang membutuhkan usaha ekstra, tentu hal ini tidak baik, karena mengganggu produktifitas anda.

Akan tetapi ada juga orang-orang yang setiap harinya sibuk dengan berbagai urusan, pekerjaan, sosial, keagamaan, usaha, dan kegiatan lainnya, membuat ia terlihat begitu produktif. Namun dalam beberapa waktu kemudian, apa yang ia kerjakan selama ini tidak banyak membuahkan hasil, lalu apa masalahnya?

Ia sibuk bukan berarti produktif, bisa jadi ia membuang-buang waktunya hanya untuk mengerjakan yang tidak begitu penting.

Berikut adalah tips manajemen waktu yang bisa anda gunakan agar anda benar-benar produktif, tidak hanya sekedar terlihat sibuk oleh orang lain.

Tips Manajemen Waktu Untuk Kamu

#1 Waktu Adalah Yang Paling Berharga

Perlu anda ingat bahwa waktu adalah hal yang paling berharga, ia hanya berlaku satu kali dan tidak dapat diulang kembali.

Tidak ada mesin waktu yang membuat kita bisa mengulang atau menuju ke masa lampau untuk memperbaiki masalah atau melakukan sesuatu yang bisa mengubah masa depan.

Untuk itu, penting sekali menghargai waktumu mulai dari saat ini, terutama untuk hal-hal yang berdampak positif bagi dirimu dan orang-orang sekitarmu dimasa mendatang.

Pastikan waktumu tidak terbuang sia-sia, atur sebaik mungkin agar pekerjaanmu benar-benar selesai dan membuahkan hasil yang lebih baik.

#2 Identifikasi Tugas Yang Harus Diprioritas Dahulu

Jika anda memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan, maka buatlah daftar prioritas.

Daftar prioritas ini bisa anda susun berdasarkan mana dulu yang paling penting, atau mana dulu yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Dengan membuat daftar ini, anda dapat mengerjakan beragam pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga tidak akan banyak energi, fokus dan waktu anda yang terbuang sia-sia.

#3 Sedia Selalu Buku Catatan

Selalu bawa buku catatan, baik itu yang berukuran besar atau yang bisa dimasukkan kedalam saku baju/celana anda.

Buku catatan ini berfungsi untuk mencatat apa saja yang harus anda kerjakan baik pada hari yang sama atau di hari-hari mendatang.

Dengan adanya catatan tersebut, anda dapat mengatur waktu lebih fleksibel sehingga tidak akan menyita pikiran anda untuk mengingat apa saja yang harus dikerjakan dahulu.

Selain itu, buku catatan juga bisa menjadikan anda jauh lebih efektif dan efisien karena anda bisa memilah mana yang harus dikerjakan dahulu atau yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

#4 Jadikan Rapat Sebagai Pilihan Terakhir Saat Bentuk Komunikasi Lain Dapat Berjalan

Jika dalam kelompok kerja anda masih bisa berkomunikasi dan koordinasi via telepon, chat, anda tidak pelru menghabiskan waktu untuk sekedar rapat.

Rapat memanglah penting, terutama untuk menyamakan persepsi dan membuat perencanaan. Namun rapat juga dapat membuat anda buang-buang waktu saja, apalagi jam rapat molor sampai mundur lebih dari satu jam.

Tentu ini akan mengurangi waktu produktif anda, sehingga tidak bisa mengerjakan tugas yang lain.

Jadikan rapat sebagai alat komunikasi terakhir dalam tim jika memang bentuk komunikasi lain tidak bisa berjalan dengan baik.

#5 Jangan takut Mengatakan Tidak

Seringkali saat banyak pekerjaan didepan mata, ada saja orang meminta tolong atau menyuruh kita mengerjakan hal lain yang sebenarnya itu tidak ada sangkut pautnya dengan tugas kita.

Jika hal ini terjadi, anda harus mengatakan tidak pada mereka. Karena jika anda melakukan permintaan mereka, maka pekerjaan anda akan terbengkalai dan tentu saja mengurangi produktifitas serta efisiensi anda dalam pekerjaan.

Katakan saja tidak, tidak usah ragu-ragu atau sungkan. Karena kita harus memprioritaskan apa yang benar-benar harus dikerjakan dahulu.

#6 Fokuskan Waktu Anda

Saat mengerjakan tugas, anda harus benar-benar fokus, tidak boleh terganggu oleh aktifitas lain seperti mengecek email, media sosial, atau pesan singkat.

Hal ini bertujuan agar anda fokus dan tidak membuang energi untuk hal lain. Karena sebenarnya saat anda mulai fokus mengerjakan suatu tugas, kemudian anda mencoba mengecek media sosialmu atau sekedar email, maka fokusmu akan berkurang dan ini akan memaksamu untuk berfikir ulang dari awal.

Terlihat sederhana dan tidak begitu merugikan memang, namun jika ini terjadi berulang kali maka anda bisa kehilangan pekerjaan tersebut atau klien potensial.

#7 Jika Ada Pekerjaan Yang Dapat Selesai Dalam Waktu Singkat, Lakukan Segera

Dahulukan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat, karena ini akan menghemat energi dan fokus anda.

Berbeda dengan pekerjaan yang membutuhkan effort besar, tugas ringan ini tidak akan membebani anda karena bisa anda kerjakan dalam waktu yang tidak lama.

#8 Sisihkan 1 Jam Setiap Hari Untuk Memperkuat Diri

Mmperkuat diri dalam hal ini adalah menguatkan pikiran dan jiwa melalui kegiatan seperti meditasi, beribadah, atau bentuk-bentuk lain yang bisa membuat jiwa anda tenang, pikiran menjadi lebih tajam, dan tidak mudah stres.

Sisihkan setiap hari minimal 1 jam atau berapapun itu, khususkan untuk ketenangan jiwa dna pikiran, karena jika dilakukan rutin, akan membuatmu menjadi orang yang lebih fokus dna tidak mudah stres.

#9 Sebagian Besar Hasil ditentukan oleh 20% Usahamu

Hukum pareto menyebutkan bahwa 80% hasil yang kita raih sangat ditentukan oleh 20% apa yang kita kerjakan.

Itu menandakan bahwa fokus dalam pekerjaan benar-benar diperlukan agar hasil yang dicapai bisa maksimal.

#10 Produktif Adalah Soal Fokus dan Energi

Produktif itu soal fokus dan energi yang anda pusatkan dalam mengerjakan tugas, bukan berapa lama waktu yang anda butuhkan.

Jadi seberapa besar fokus dan energi yang anda curahkan untuk suatu tugas sangat menentukan tingkat produktifitasmu.

#11 Kontrol Media Sosialmu

Media sosial memang terlihat sangat menyenangkan, tapi tahukah anda bahwa media sosial dapat membuat anda membuang-buang waktu.

Dalam sebuah penelitian manusia bisa menghabiskan waktu untuk membuka media sosialnya dalam satu hari mencapai 3 jam.

Waktu selama itu tentu saja bisa digunakan untuk mengerjakan tugas yang produktif dan bermanfaat. Jadi atur waktu anda membuka media sosial, jangan buang-buang waktu, gunakan untuk tugas yang lain.

Kesimpulan

Produktif adalah sesuatu yang bagus, sayangnya hal ini tidak dimiliki oleh semua orang meski punya potensi yang sama. Karena produktifitas itu ditentukan oleh komitmen mereka dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi anda sekarang bisa benar-benar menanyakan pada diri anda sudahkah produktif? atau masih membuang-buang waktu untuk bermedia sosial saja.

Jika benar, tips diatas bisa anda gunakan untuk sekedar mulai produktif dan mulai buat perencanaan yang bagus. Demikian tips mudah manajemen waktu agar kamu jauh lebih produktif.