Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Extra Virgin Olive Oil dan Manfaatnya

Extra Virgin Olive Oil atau biasa disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tinggi yang memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika EVOO ini memiliki manfaat yang sangat banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa.
 
Extra Virgin Olive Oil sendiri dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat dicampur dengan masakan yang ada dirumah, bahkan juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
 
Sayangnya, dengan banyaknya manfaat tersebut banyak sekali dari kita yang tidak tahu manfaat Extra Virgin Olive Oil ini dan biasanya bingung bagaimana memilih EVOO dengan kualitas yang baik dan sudah tentunya asli. Karena bisa saja terdapat EVOO palsu dipasaran yang dapat membahayakan kesehatan kita.
Cara Memilih Extra Virgin Olive Oil dan Manfaatnya
Untuk itu, simak artikel kali ini karena kami akan mengulik tentang cara memilih Extra Virgin Olive Oil (EVOO) dan ragam manfaat yang terkandung didalamnya.
 

Apa Itu Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil atau EVOO merupakan hasil pemurnian dari minyak zaitun dengan metode Cold-Pressed dengan tanpa adanya bahan pelarut. Sehingga membuat hasil ekstrak tersebut benar-benar murni dan menghasilkan kualitas minyak yang sangat tinggi.

Karakter utama dari EVOO ini adalah kandungan asam oleat yang ada didalamnya tidak lebih dari 0,8%, semakin sedikit kandungan asam oleat ini maka semakin bagus kualitasnya.

Asam Oleat sendiri berasal dari minyak zaitun tersebut, dimana untuk EVOO ini sendiri dinilai bagus jika kandungan asam oleatnya semakin kecil.

Untuk produsen EVOO sendiri diseluruh dunia, mayoritas berasal dari dua negara yakni Italia sebesar 45% dan Spanyol 30%.
 

Manfaat Extra Virgin Olive Oil

Manfaat utama Extra Virgin Olive Oil adalah dapat meningkatkan kesehatan bagi penggunanya. Selain sebagai bahan kecantikan, EVOO juga dikenal baik untuk kesehatan, salah satunya dengan dipakai untuk memijat.

Dengan khasiat tersebut, maka tidak heran jika Extra Virgin Olive Oil banyak diinginkan para pegiat kecantikan.

Cara Memilih Extra Virgin Olive Oil atau EVOO

Di pasaran terdapat banyak sekali merk produk Extra Virgin Olive Oil ini seperti Flipo Berio, Bertoli, Borges dan masih banyak lagi. Maka dari itu, yuk terus baca cara memilih EVOO yang baik dan asli.

Cek Keaslian Extra Virgin Olive Oil

Salah satu yang paling mudah adalah mengecek ada tidaknya logo dari lembaga sertifikasi EVOO.

Didunia ini ada tiga lembaga yang khusus memberikan sertifitkasi untuk Extra Virgin Olive Oil yaitu:
  • International Oil Council atau IOC
  • California Olive Oil Council atau COOC
  • North American Olive Oil Association atau NAOOA
Ketiga lembaga tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Untuk IOC mereka membagi tiga macam EVOO untuk menjaga kemurnian dari EVOO itu sendiri, yaitu minyak zaitun murni (Virgin Olive Oil), Zaitun Olahan (Refined Olive Oil), dan Minyak Zaitun (Olive Oil).
 
Untuk COOC sendiri memiliki standar yang lebih ketat dibandingkan standar yang diterapkan IOC. Sehingga kualitas Extra Virgin Olive Oil yang berstandar COOC lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan standar IOC.
 
Sedangkan untuk standar NAOOA, mereka menguji Extra Virgin Olive Oil pada laboratorium independen. Meski begitu, cara termudah untuk mengukur tingkat keaslian Extra Virgin Olive Oil adalah kandungan asam oleat.

Periksa Informasi Pada Label Kemasan

Memeriksa label pada kemasan Extra Virgin Olive Oil yang anda beli adalah hal yang sangat penting untuk melihat seberapa baik kualitasnya. Dalam label kemasan tersebut anda bisa mendapatkan informasi berupa jenis bahan baku, asal negara (produsen), metode perawatan, kadar keasaman dan lain sebagainya.

Pada umumnya produk yang asli selalu menuliskan informasi produk secara detail pada label, sehingga ketika anda menemukan produk Extra Virgin Olive Oil yang tidak mencantumkan informasi produk secara detail, sebaiknya anda patut curiga untuk memeriksanya lebih lanjut.

Extra Virgin Olive Oil sangat baik digunakan sebelum delapan belas (18) bulan dari waktu panennya. Pada umumnya pada produk terdapat masa kadaluwarsanya, namun untuk produk EVOO ini sebaiknya anda berpatokan pada masa setelah panen.

Untuk itu, memperhatikan informasi produk menjadi bagian terpenting, dan selalu cari poin yang menjelaskan tentang panen, tanggal pengemasan dan batch date.

Perhatikan Kemasan Produk

Extra Virgin Olive Oil itu sangat mudah ter-oksidasi, sehingga dapat menurunkan kualitas dari EVOO itu sendiri. Untuk itu perlu menggunakan kemasan khusus untuk mempertahankan kualitas Extra Virgin Olive Oil.

Kemasan terbaik untuk Extra Virgin Olive Oil adalah kemasan botol kaca berwarna gelap. Hal ini dikarenakan cahaya dan oksigen tidak mudah ke dalam kemasan dan tidak dapat merusak kandungan pada Extra Virgin Olive Oil itu sendiri.

Jika anda menemukan produk EVOO yang dikemas dalam botol plastik atau yang berwarna terang, harap untuk lebih berhati-hati, karena bisa jadi khasiat Extra Virgin Olive Oil didalamnya mengalami penurunan yang drastis.

Untuk perawatannya sendiri, adn aperlu berhati-hati ketika botol kemasan telah dibuka. Hal ini dikarenakan kualitas Extra Virgin Olive Oil dapat dengan cepat menurun dikarenakan sudah bersentuhan dengan oksigen. 

Sehingga sebaiknya anda pastikan ukuran botol sesuai dengan kebutuhan. Semakin kecil kemasan produk berpotensi lebih baik dibanding memilih produk dengan kemasan besar.

Hal ini dikarenakan dengan ukuran kecil maka dalam penggunaannya akan cepat habis, sehingga untuk menggunakannya lagi anda harus membeli yang baru lagi dengan kualitas yang baik. Hal ini memang dapat menguras biaya, namun jika anda dapat memastikan kualitas EVOO tersebut terjaga, maka botol ukuran besar bisa dipertimbangkan.

Kesimpulan

Memilih produk Extra Virgin Olive Oil memang susah-susah gampang, namun seiring berjalannya waktu anda akan dapat merasakan mana EVOO dengan kualitas yang terjaga dan mana yang memiliki kualitas rendah.

Demikianlah cara memilih extra virgin olive oil dan manfaatnya yang telah diulas, semoga artikel ini dapat membantu anda. Semoga bermanfaat.